Cara Perawatan Burung Ciblek Agar Gacor dan Rajin Bunyi

Advertisement


Perawatan Ciblek Gacor sebenarnya tergantung pada burung ciblek itu sendiri. jika burung ciblek tersebut pada dasarnya memang burung yang gacor (dari bawaan sejak lahir) saya yakin anda tidak akan membutuhkan waktu yang lama agar ciblek yang anda miliki bisa gacor dan rajin bunyi. akan tetapi Sebelum ke cara Perawatan Ciblek Gacor ada hal penting yang perlu anda pastikanmemang tidak di ragukan lagi kebanyakan burung ciblek yang sering berkicau adalah burung ciblek jantan suara dan lantunan lagu yang di bawakan oleh ciblek jantan biasanya lebih bagus dan panjang jika di bandingkan burung ciblek betina, nah bagaimana cara membedakan antara burung ciblek jantan dan betina ? seliahkan simak artikel di bawah ini :

Ciri-ciri ciblek jantan 

badan lebih besar dan ekornya lebih panjang dari yang betina, bulu dada atas dan samping kanan kiri berwarna hitam hal tersebut adalah salah satu ciri yang bisa andagunakan untuk membedakan burung ciblek jantan dan betina, selain itu  bulu dada ke bagian perut kuning keputih-putihan, atap kepala hingga ke sayap abu-abu gelap, untuk ciblek dewasa paruh bawah berwarna hitam,bunyi suara ciikrak…ciikrak..!! Sedangkan untuk 


Burung Ciblek

Ciri-ciri ciblek betina

 badan lebih kecil serta ekor lebih pendek dari yang jantan, bulu dada kuning keputihan, bulu atap kepala hingga ke sayap abu-abu pucat, untuk burung dewasa paruh bawah berwarna putih, mempunyai alis berwarna putih di atas mata dan untuk memperjelas liat ni gambar :

Burung ciblek betina yang memiliki waran agak keputihan di bagian dadanya

Sedangkan dalam perawatan burung Ciblek ADALAH KONSISTEN DAN TELATEN. berikut pola perawatan burung ciblek yang bisa anda terapkan sedniri dirumah :

  1. tiap pagi hari sekitar jam setengah tuju atau sekitarnya kasih tu burung ciblek dengan jangkrik cukup 2 aja 
  2. kemudian dalam Perawatan Burung Ciblek, nah burung di taruh di bawah pohon, dan usahakan tidak melihat burung ciblek lainya, 
  3. usahakan jam 8 nan burung di panaskan, karena pada habitat aslinya burung ini suka berada di tengah sawah yang panas
  4. setelah itu setelah di jemur kasih tu burung dengan ulat kandang sedikit aja tapi
  5. trustaruh burung ciblek tadi di tempat yang teduh misal di bawah pohon
  6. dan sekitar jam 5 sore kasih jangkrik 1 saja kemudian krodong kalo bisa sambil di nyetel suara master untuk burung
memang kalau menurut saya memelihara burung ciblek / prenjak itu hampir sama saja, usahakan setiap hari burung di beri ulat balap yang cukup agar si burung rajin berkicau. dan biasanya ketika burung telat di berikan pakan burung akan terlihat mengembungkan bulunya dan terlihat agak lemas.

Advertisement