Tips Agar Pleci ngerol metode ombyokan

Advertisement


Tips Agar Pleci ngerol metode ombyokan update lagi di burungmaster.com seperti yang kita ketahui saat ini burung pleci bisa di katakan sedang naik daun,  banayak para pleci mania yang ingin memiliki pleci yang ngerool tapi blum tau tentang cara agar pleci cepat ngerol, kata cepet di sini bukan berarti 1 hari atau dua hari cara agar pleci cepat ngerol, akan tetapi diperlukan waktu yang relatif lama akan tetapi juga bisa di pengaruhi dari faktor burung itu sendiri sih kandang bisa cepat kadan juga bisa membutuhkan waktu yang lama, kemarin waktu buka facebook ada cara yang cukup menarik yang sudah di terapkan oleh salah seorang yang men share cara ini tapi saya lupa siapa yang share.

Ada beberapa orang yang mengatakn jika semua burung pleci jantan itu pasti bisa ngeroll / buka paruh akan tetapi kebanyakan orang tidak sabar / kurang bisa menikmati prosesnya, misalnya saja ketika membeli burung pleci ombyokan ada beberapa orang yang curahat jika burung pleci ombyokan yang di belinya tidak membutuhkan waktu lama untuk buka paruh ada juga yang sudah berbulan bulan 

    Pleci Ombyokan
    metode ombyokanagar plecicepat ngerol

    Alasan Kenapa burung plecinya tidak kunjung buka paruh nah kalo menurut saya pribadi itu ada 2 alasan kenapa burung pleci anda belum buka paruh yang pertama adalah karena pleci yang anda beli adalah pleci betina, dan yang kedua kemungkinan besar burung pleci anda masih terlalu muda, sebelum bisa buka paruh biasanya ada tahapan - tahapnya misalnya cuma bisa ci ca ci doang kemudian belajar ngriwik dan kemudian yang terahir baru buka paruh untuk lebih lengkapnya silahkan di baca di bawah ini :

    Nada Panggil (Call), pada tahap ini, burung Pleci mengeluarkan suara yang bertujuan untuk memanggil pasangan atau koloni nya. Nada panggil ini biasa kita dengar seperti Ciew..... Ciew.... atau..cuit....cuit... dan lainnya sesuai jenis dan dan endemik burung Pleci tersebut, yang dilantunkan dengan paruh terbuka lebar.

    Ngeriwik, Pada tahap ini, burung Pleci mulai me-replay lagu dan isian dengan volume suara pelan. Paruh cenderung tertutup, suara masih di tahan pada bagian tenggorokan, sesekali terlihat paruh sedikit terbuka. Lagu yang di replay  burung umumnya berasal pemasteran alami/buatan yang terekam di Auditory  Memori (otak) burung tersebut. Dalam tahap ini, masih belum terlalu jelas jenis suara burung apa yang sedang dinyanyikan. Umumnya pada fase ngeriwik ini, gaya burung Pleci terlihat menggeleng-gelengkan kepala yang oleh sebagian besar orang disebut dengan sebutan teler. Sedangkan persepsi gaya teler yang dimaskudkan pada burung Pleci TIDAK SAMA dengan gaya teler pada burung Anis Merah.

    Pleci Ngriwik
    Ngeriwik Kasar, merupakan tahapan berikutnya dimana burung Pleci mulai mereplay lagu dan isian dengan volume suara yang keluar lebih jelas dengan paruh mulai membuka. Artinya, Pleci tidak lagi menahan kicauanya di tenggorokan melainkan sudah dikeluarkan dengan posisi paruh lebih sering buka tutup.  Tak jarang, burung Pleci mengeluarkan riwikannya sambil menggelengkan kepala atau teler ke kiri-kanan mirip seperti burung Anis Merah/Bata. Pleci yang mulai mapan dan birahi biasanya menjadi berani mengeluarkan riwikan kasarnya bila di dekatkan dengan pleci lain. Dalam tahap ini, isian sudah terdengar cukup jelas seperti misalya suara burung ciblek, prenjak, kenari, gelatik wingko, kolibri, kutilang, dll. Suara yang dikeluarkan masih dapat terdengar dari jarak 5-10 meter. Umumnya pada fase ngeriwik ini, gaya burung Pleci terlihat  menggeleng-gelengkan kepala yang oleh sebagian besar orang disebut  dengan sebutan teler. Sedangkan persepsi gaya teler yang dimaskudkan  pada burung Pleci TIDAK SAMA dengan gaya teler pada burung Anis Merah.

    Ngeplong,
    pada tahap ini burung Pleci berkicau variatif lantang dengan volume suara yang keras (loud). Pada burung Pleci, fase ini disebut juga dengan BUKA PARUH. Banyak kategori dalam hal ngeplong (buka paruh) ini, yang pertama adalah Ngalas yang artinya melagukan suara kicauan asli burung Pleci seperti di habitatnya (alas=hutan).  Yang kedua adalah burung Pleci yang ngeplong dengan berbagai isian yang bukan suara asli burung Pleci. Pada saat ngeplong ini, suara kicauan burung Pleci tersebut dapat terdengar dari jarak puluhan meter.

    Pleci Buka Paruh
    Ngerol, merupakan tahap berkicau pada burung Pleci yang tinggi. Suara Ngeplong (baik standar suara Pleci, semi isian ataupun full isian) dibawakan sambung menyambung secara variatif, diulang-ulang dan kadang dibarengi dengan berbagai suara isian dengan volume suara naik turun yang lantang dengan paruh terbuka lebar (buka paruh). Suara yang dikeluarkan dapat terdengar dari jarak puluhan meter

    sedangkan cara agar burung pleci mau buka paruh / ngeroll anda bisa mempraktekan cara di bawah ini :
    1. namanya juga tips agar pleci ngerol metode ombyokan ombyokan jadi pelihara pleci lebih dari satu.
    2. tempatkan dalam satu kandang pleci, setiap besar max 5 ekor pleci
    3. perdengarkan suara master pleci yang udah ngelas setiap sore/ pagi 
    4. kasih makanan yang bergizi, misalnya berikan pleci ane dengan vor yang lembut + susu bubuk+madu dan jangan lupa berikan pisang setiap hari.
    5. setiap 2/3 hari pisahkan burung pleci dan letakan saling berjauhan, ini bertujuan agr pleci saling sahut menyahut, dan juga agar kita tau perkembangan ocehan pleci, bisa juga waktu pagi hari setelah sholat subuh karena bisanya jam jam segini burung pleci akan saling memangil burung pleci lain
    6. dan usahakan tiap pagi dan sore kasih ulat hongkong ulat balap agarpleci cepat buka paruh ngocehnya, untuk ulat hongkong cukup berikan satu atau dua ekor saja.
    7. Jaga keberishan kandang ganti air minum setiap hari.

    itu tadi beberapa cara agar pleci cepat ngerol semoga pleci agan agan cepet ngelas / ngerol, cepat atau lamanya burung pleci anda ngeroll bisa di pengaruhi oleh beberapa faktor jika anda membeli burung pleci ombyokan dan anda beruntung mendapatkan pleci ketua (biasanya dalam satu grombolan pleci memiliki satu pleci pemimpin dan biasanya setaip pagi burung tersebut ngoceh dengan buka paruh ) bisanya burung tersebut akan lebih cepat buka paruh jika di bandingkan dengan pleci lain, akan tetapi cukup susah untuk bisa mendapatkan pleci seperti itu butuh pengalaman dan juga faktor hoki

    Advertisement