Panduan Lengkap Ternak Lovebird Dengan Modal Sedikit

Koleksi 40 Suara Burung KLik disini

Ternak Lovebird memang menjadi salah satu investasi yang cukup menggiurkan. burung lovebird memang burung yang cukup terkenal bagi para penghobi burung, maka dari itu banyak orang yang berbondong bondong untuk bisa menangkar burung lovebird, dalam ternak burung lovebird sebenarnya tidak terlalu sulit yang diperlukan dalam ternak lovebird hanyalah ketelatenan, kesabaran, tekat yang kuat dan di imbangi dengan modal yang kuat pula pasalnya untuk saat ini harga sepasang burung lovebird sedang naik apalagi burung lovebird lutiono mata merah.

Cara Menangkarkan burung lovebird

banyak hal yang perlu anda persiapkan sebelum membeli burung lovebird di antaranya adalah persiapan kandang, dan juga memilih indukan. dan berikut panduan lengkap ternak lovebird :

1. Perhitungan Modal

sebelum menyiapkan modal anda bisa menentukan terlebih dahulu indukan seperti apa yang akan anda tangkarkan. di karenakan harga lovebird sangat di tentukan oleh warna bulu yang dimilikinya semakin langka warna tersebut biasanya harganya juga akan semakin tinggi. sebagai contoh saat ini harga sepasang lovebird Lutino Mata Merah dan Biru harga kisaranya sekitar Rp 2.000.000 ada juga yang lebih murah yakni lovebird yang berwarna hijau. tinggal seberapa berani anda menyiapkan modalnya. kemudian yang tidak kalah penting adalah membeli kandang dan perlengkapanya untuk satu kandang kotak pada umumnya jika di total dengan seleuruh keperluan yang ada di dalamnya kisaran Rp 200.000 untuk yang masih baru.

2. Persiapan Kandang

Dalam menangkar burung lovebird mau tidak mau anda harus menyiapkan beberapa hal diantaranya kandang untuk ternak, glodok (sarang yang akan digunakan untuk tempat bertelur si lovebird betina)nah kemudian untuk memilih indukan sebaiknya anda harus tau terlebih dahulu memastikan lovebird yang anda beli adalah lovebrid jantan dan betina (bisa anda baca disini). kemudian untuk modal awal tentu saja harus anda persiapkan.
Ternak Lovebird

kandang ternak lovebird

3. Memilih Indukan Lovebird

Secara fisik dan warna,cara paling mudah membedakan jenis kelamin lovebidrd adalah dengan melihat ekor burung lovebird bisanya burung lovebird jantan memiliki ekor yang cenderung lancip selain itu. Cara yang paling gampang adalah dengan meraba kedua capit udang yang terletak dibawah duburnya. Jika keras, rapat dan lancip, biasanya jantan. Sedangkan burung betina capit udangnya lembek, lebar dan tumpul. Ciri lain adalah, Lovebird betina jika sudah birahi akan mengumpulkan bahan sarang dan diselipkan diantara kedua sayapnya sebelum dibawa kedalam kotak sarang.

Sepasang Lovebird
sepasang lovebird
Setelah memiliki kandang dan juga sepasang burung loevird langkah selanjutnya adalah cara menangkarkan burung lovebird dan berikut beberapa hal yang perlu anda perhatikan :
  1. Sangkar besi atau kawat : untuk menghemat biaya kita bisa memakai sangkar dengan ukuran minimal 60cm x 50cm x 45cm untuk sepasang indukan lovebird.
  2. Kotak kayu atau glodok :kotak kayu atau glodok sangat penting,karena akan dipakai untuk bertelur dan mengerami telur.
  3. Tenggeran :   biasanya akan dipakai untuk bertengger dan pada musim berkembangbiak sering dipakai untuk kawin.
  4. Tempat makan dan minum : catatan: "bersihkan tempat makan dan minum setiap hari,kemudian ganti air untuk minum setiap hari,hal        ini untuk menjaga agar burung lovebird tetap sehat dan terhindar dari penyakit".
  5. Pakan dan Vitamin : burung lovebird termasuk burung pemakan biji-bijian,tetapi untuk memenuhi kebutuhan gizi yang optimal    berikan juga sayuran yang segar.
  6. Bersihkan kandang atau sangkar minimal seminggu sekali.

Terlihat mudah bukan dalam ternak burung lovebird ? ya mudah memang kelihatanya akan tetapi pasti mungkin dalam kenyatanya akan ada beberapa halangan maupun rintangan yang menghadang, akan tetapi tetap semangat dan berusaha insyaalah sukses. jika anda masih bingung mengenai cara budidaya lovebird anda bisa baca : Cara ternak lovebird mulai dari nol