Cara Lengkap Ternak Burung Parkit Dengan Modal Sedikit


Cara menangkar burung parkit, parkit merupakan burung yang kurang terlalu diminati saat ini. walaupun demikian masih ada beberapa orang yang menyukai jenis burung ini. bukan tanpa alasan pada umumnya orang menyukai burung parkit dikarnakan karena keindahan warna yang dimilikinya dan juga cukup mudah untuk dijinakkan / di latih. Burung parkit merupakan burung yang sangat produktif untuk di tangkarkan, cara ternak parkit sebenarnya bisa di katakan cukup mudah yang perlu anda siapkan adalah kandang untuk tenak, glodok dan tetu saja adalah beberapa pasang burung parkit itu sendiri.

Budidaya Burung Parkit

untuk membudidayakan burung parkit ada beberapahal yang perlu anda siapkan terlebih dahulu diantaranya kandang untuk ternak, calon idukan dan juga peralatan lain yang mendukuk budidaya burung ini. Berikut panduan cara menangkarkan Parkit :


Ternak Parkit
Ternak Parkit Koloni

1. Mempersiapkan Kandang Ternak

Hal yang perlu disiapkan dalam menangkar burung parkit adalah kandang, ukurannya sedang saja sekitar 2x1x2 (PxLxT). ukuran tersebut akan bisa menampung sekitar 5 / 6 pasang burung parkit, usahakan atau bahkan di wajibkan pake kawat pager untuk pembuatan kandangnya, kenapa ? agar burung parkit tidak bisa memotong / merusak kandang yang bisa mengakibatkan burung parkit keluar dari kandang.

  • Berapa Ukuran kandang yang ideal untuk Ternak Parkit ? kalau anda punya tempat yang luas bisa buat kandang dengan ukuran 150cm x 70cm x 170cm udengan ukuran segitu anda bisa memasukan hingga 15 ekor pasang parkit
  • Kalo ingin ternak di kandang biasa pilih ukuran yang kira kira pas lah ga kebesaran / kekecilan  yang penting bisa di kasih kotakan buat sarangny
  • Apa saja yang harus ada di kandang parkit ?
    • Tempat minum dan pakan
    • Tangkringan 
    • Bak mandi yang kecil 
    • Pakan dan Air
    • Kotak Sarang 
  • Yang harus di perhatikan !
    • Kebersihan kandang
    • Pakan dan minum
Kandang Ternak Koloni untuk budidaya parkit
jangan lupa menambahkan angkringan dan juga rumah anakan atau kalau di solo namanya "glodokan". tempat bertelur si parkit. kemudian taruh indukan / beberapa pasang parkit sekaligus.

2. Mempersiapkan Calon Indukan

untuk menangkarkan parkit tentu saja anda harus mengetahui perbedaan antara parkit jantan dan betina terlebih dahulu agar nantinya anda tidak menungu sesuati yang sia sia di karenakan yan anda msukan ke dalam kandang penagkaran memiliki jenis kelamin yang sama. tentu saja hal tersebut akan merugikan anda dari segi waktu maupun pengeluaran untuk memberi pakan burung tersebut. berikut ciri parkit jantan dan betina :
  • Parkit jantan pada umunya memiliki warna bulu biru dibagian atas hidungnya, 
  • Sedangkan parkit betina warnanya putih kotor atau krem. 
Jika anda menangkarkan lebih dari 1 parkit dalam satu kandang jangan lupa berikan glodokan jangan hanya satu, tetapi satu untuk setiap pasang parkit.
Setelah tau perbedaan jenis kelamin parkit langkah selanjutnya adalah dengan membeli calon indukan parkit. anda bisa membeli indukan parkit di pasar burung di sekitar anda pada umumnya parkit di jual dalam kandang koloni. tinggal anda pintar-pintarnya memilih indukan parkit berdasarkan warna dan juga insting yang anda miliki.

 3. Masa menunggu Parkit Bertelur

Jika indukan sudah di dapatkan, kandang ternak dan peralatan lain sudah siap anda bisa memasukan burung parkit kedalam kandang ternak. dan jangan lupa untuk selalu mengontrol ketersedian pakan dan air dalam kandang. langakah selanjutnya adalah dengan sabar dan tawakal. pada umumnya burung parkit yang sudah di masukan dalam kandang ternak dalam waktu beberapa bulan akan segera kawin dan kemudian bertelur. jika anakan parkit telah lagir anda bisa memindahkan anakan parkit kalau sudah berumur 40 hari. anakan ini sudah bisa dijual. jangan lupa jagalah kebersihan kandang dan kesediaan air minum dan pakan si parkit karena jumlah indukannya yang banyak.

4. Perhitungan Modal Ternak Parkit

Untuk modal awalnya anda bisa menghitung sendiri. sekarang sepasang indukan parkit dijual sekitar Rp 70.000 - 100.000, harga burung parkit sebenarnya cukup bervariatif tergantung warna yang dimilikinya setahu saya burung parkit warna hijau itu merupakan parkit dengan harga paling murah sedangkan yang albino mata merah merupakan parkit yang paling mahal, nah sekian untuk ternak parkit, semoga ternak parkit anda lancar jaya.

Advertisement