Kenari Cinnamon, Spesies Mengagumkan dengan Berbagai Keunikannya


Kenari Cinnamon adalah salah satu spesies dari burung Kenari yang dianggap memiliki beberapa keunikan yang membedakannya dari spesies lain. Keunikan yang dimiliki Kenari Cinnamon tersebut beraneka ragam, mulai dari warna bulu, postur tubuh, hingga suara. Untuk mengetahui bagaimana detail informasi terkait Kenari Cinnamon tersebut simaklah ulasan selengkapnya pada artikel berikut ini. Burung kenari jenis ini memiliki warna bulu yang sangat khas yaitu coklat kemerahan yang sangat mirip dengan kayu manis sehingga disebut dengan nama Cinnamon.

Burung ini memang cenderung lebih langka jika dibandingkan dengan jenis kenari lainnya, namun bukan berarti Kenari Cinnamon ini tidak cukup populer. Hal ini dapat dibuktikan dengan kepopuleran Kenari Cinnamon yang sejajar dengan Kenari Norwich dan Kenari Belgia. Untuk memperkaya anakan dari Kenari Cinnamon yang cukup langka ini, maka pada tahun 1900 dilakukan penyilangan perkawinan dengan jenis kenari lainnya. Tapi hasil anakan tersebut pada akhirnya dinyatakan sebagai spesies berbeda karena memiliki karakteristik yang tidak sama dengan induknya.


Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa Kenari Cinnamon memiliki warna bulu yang khas mirip seperti kayu manis. Namun selain itu, ciri khas lain dari warna bulunya yang membuatnya menjadi unik adalah bulu-bulu burung tersebut memiliki tekstur yang sangat halus. Tekstur dari bulu ini bukan karena perawatan khusus melainkan bawaan dasar yang dimilikinya. Namun, perlu Anda ingat bahwa walaupun burung ini memiliki bulu yang halus tapi Anda juga harus tetap melakukan perawatan yang benar agar kualitas bulunya tidak menurun. Keunikan lain dari bulu burung Kenari Cinnamon ini adalah bulunya yang tebal. Ini membuat kepakan sayap dari burung Kenari tersebut menjadi sangat indah karena perpaduan warna bulu dan teksturnya yang sempurna.

Keunikan yang dimiliki burung Kenari Cinnamon tidak hanya sebatas pada bulunya saja tapi juga pada postur tubuhnya. Berbeda dengan beberapa jenis burung lain yang dapat berkembang hingga mencapai ukuran yang cukup besar, burung Kenari Cinnamon ini memiliki ukuran tubuh yang konsisten yaitu antara 15 sampai 16 cm saja. Ukuran tubuh tersebut membuatnya terlihat cukup mungil ditambah lagi dengan beberapa bagian tubuhnya yang memang kecil. Diantaranya adalah paruh, ekor, dan sayapnya yang memiliki bentuk cukup pendek. Secara keseluruhan bentuk tubuh dari burung Kenari Cinnamon ini terlihat bulat dengan bagian dada yang cenderung bidang.

Keunikan terakhir dari burung ini adalah suaranya, banyak pecinta burung Kenari yang jatuh cinta dengan keindahan suaranya karena dianggap lebih merdu jika dibandingkan dengan jenis burung Kenari lainnya. Itulah beberapa keunikan yang dimiliki oleh burung Kenari Cinnamon, bagaimana apakah Anda tertarik memilikinya? Jika iya, maka Anda harus bersiap-siap untuk berusaha karena Anda hanya bisa membelinya pada kolektor tertentu.


Advertisement