Tips Cara Menangani Kacer Mogok Bunyi

Koleksi 40 Suara Burung KLik disini

Kacer Mogok Bunyi semakin hari semakin bertambah, bahkan di daerah pun banyak even perlombaan burung. Satu burung yang paling diminati oleh para pecinta burung adalah kacer. Kacer merupakan salah satu jenis burung petarung atau fighter. Dibandingkan burung non-fighter atau bukan petarung, kacer lebih disukai. Burung kacer sangat menarik ketika bertarung, bahkan suaranya pun sangat indah sehingga pada ajang kicau burung, ia sering menang. Gacornya bisa dibilang luar biasa sehingga semakin hari semakin banyak orang yang suka dengan kacer. Penampilannya dengan bulu hitam mengkilat membuatnya terlihat sangar.

Ada kalanya kacer memang terlihat sempurna, performa gagah. Namun sama halnya dengan manusia, ia bisa saja tumbang. Kacer dapat mengalami mogok bunyi yaitu keadaan dimana burung enggan berkicau. Meski ia adalah burung kicau yang luar biasa, namun banyak pula para pecinta burung yang mengeluh tiba-tiba kacernya mogok bunyi, mogok berkicau.

Kacer Mogok Bunyi

Tips Cara Menangani Kacer Mogok Bunyi


Burung Kacer adalah petarung namun ia tetap saja sensitif. Apabila Anda salah melakukan perawatan terhadap burung yang satu ini, maka akibatnya fatal. Hal tersebut akan mempengaruhi penampilan, perubahan suara termasuk mogok bunyi tersebut, salah satu hal yang bisa anda gunakan untuk memancing agar burung kacer mau bunyi adalah dengan memperdengarkan suara burung kacer lain yang bisa anda download di sini : Kumpulan Suara Kacer Gacor.

Solusi Kacer Macet Bunyi

Ketika Anda menemukan kacer Anda mengalami mogok bunyi, maka Anda harus selidiki apa penyebabnya. Kebanyakan kacer mogok bunyi ketika ia mengalami masa mabung alaminya, hal ini wajar saja. Namun jika ia sedang tidak berada dalam masa mabung, berarti ada penyebab lain. Seperti pola perawatan yang tidak hati-hati sehingga ia enggan berbunyi karena semua pihak pasti sepakat bahwa perawatan kacer haruslah intensif. Hal lain yang dapat memicu kacer mogok bunyi adalah stress yang dialami kacer. Bisa saja karena pengaruh dari luar, kacer tersebut stress dan enggan berkicau. ( baca Menyembuhkan burung yang Stres / Macet Bunyi )

Langsung saja, inilah cara merawat kacer yang mogok bunyi. Pertama pindahkan kacer ke tempat lain yang lebih sejuk dan tenang. Pada pagi hari embunkan burung ditempat yang tidak terkena matahari langsung, berikan multivitamin tambahan dan berikan ekstra food setiap hari yaitu 4-5 ekor jangkrik atau kroto seminggu sekali. Selain itu, putarkan berbagai musik atau audio untuk merangsang burung supaya berkicau kembali. Jika kacer sudah terlihat lebih baik, berikan kacer lain di hadapannya supaya merangsang mental. Setelah itu, lakukan perawatan kacer seperti biasa.

sumber gambar dan referensi :
http://omkicau.com/2015/08/04/tips-penanganan-kacer-macet-bunyi/
https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/3/32/Magpie_Robin_5661.jpg