Analisa Penyakit Burung Berdasarkan Kotorannya


Salah satu cara yang cukup efektif untuk melihat apakah burung dalam kondisi yang fit / tidak adalah dengan melihat kotoran burung tersebut, biasanya untuk burung yang sehat untuk yang sudah makan voer sebagai makanan pokoknya biasanya kotoran untuk burung yang sehat adalah mengumpal dan tidak dan tidak lembek ya pokoknya kotoranya kesat (tidak terlalu basah / terlalu kering ), selain itu burung yang sehat padaumumnya terlihat lincah dan bersemangat. sedangkan untuk warna kotorannya, itu sebenarnya di pengaruhi oleh voer yang kita berikan.

analisa kotoran burung ini bisa di katakan cukup penting untuk di ketahui oleh para kicau mania, salah satu alasanya adalah untuk mengetahui kondisi pada burung itu sendiri. untuk artikel kali ini di burungmaster.com kita akan mencoba membahas mengenai analisa penyakit pada burung berdasarkan kotorannya yang pertama di mulai dari seperti apasih kotoran burung yang sehat :

Kotoran Burung yang Sehat.
seperti yang sudah saya katakan di atas burung yang sehat pada umumnya memiliki kotoran yang tidak lembek maupun tidak padat dan biasanya berbentuk agak memanjang dan melingkar, untuk warna nya sendiri itu termasuk relatif tergantung dari warna voer yang anda berikan, dan biasanya hanya terdiri dari 2 warna yakni warna putih dan warna yang sesuai dengan voer hariannya. warna putih di kotoran burung ini merupakan asam urat dan itu termasuk Normal dan bisanya kotorannya agak basah karena itu merupakan urin dari burung kicauan itu sendiri. sedangkan burung paruh bengkok biasanya memiliki kotoran yang berbeda dengan burung yang sudah makan voer, tambahan jika burung cukup banyak diberikan Ef Seperti Kroto bisanya kotoranya cenderung berwarna putih, sedangkan jika banyak di berikan jangkrik maka kotorannya akan terlihat agak hitam.

Kotoran Burung Sehat


Kotoran Burung Berwarna Putih Kehijauan + Lendir
Salah satu ciri burung yang mengalami berak kapur adalah memilki kotoran yang berwana putih kehijauan dan bisanya ada semacam lendiri di sekitarnya, selain itu biasanya bulu di sekitar dubur burung akan ada beberapa semacam lendir yang masih menempel di sekitarnya, salah satu penyebab berak kapur ini adalah disebabkan oleh bakteri salmonellosis pullorum yang mengakibatkan infeksi / peradangan pada saluran pencernaan.

Kotoran burung sakit


Kotoran Burung Terdapat Darah
Coccidiosis atau yang sering di sebut dengan berak darah merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi dari protozoa yang berasal dari genus elimeria, ketika perotozoa ini sudah masuk ke tubuh burung kemudian protozia ini bakal menjadi salah satu parasit di dalam usus yang kemudian mengakibatkan kerusakan di dinding usus, dan kemudian penyakit ini bisa menyebar lewat kotoran burung tersebut.

Kotoran Terlihat Keras kemudian dubur terlihat keras
jika burung anda memiliki kotoran yang terlihat keras dan ketika anda meraba bagian dubur terlihat lebih keras dari biasanya kemungkinan besar burung kicauan anda sedang terkena sembelit, selain di lihat dari kotorannya bisa juga di lihat dari kelakuan burung yang nampak tegang, diam dan tidak terlalu nafsu makan seperti biasanya.

Kotoran Burung Mencret
untuk burung mencret bisa di lihat dari bentuk kotorannya biasanya burung mencret memiliki kotoran yang terlihat encer dan tidak ada lendir ataupun darah.


Burung terlihat lemas / tidak nafsumakan tidak menjamin jika burung tersebut memiliki masalah dengan pencernaannya bisa juga di karenakan burung kekurangan vitamin jika demikian anda bisa memberikan vitasol atau suplemen lain untuk burung kicauan anda tapi jangan lupa untuk memberikan sesuai aturan pakainya. akan tetapi jika anda masih tidak yakin dengan kotoran burung yang miliki cobalah untuk membersihkan kandang terlebih dahulu sehingga tidak ada kotoran yang tersisa kemudian beri lembaran tisu di bawah dan lihat kotoran burung yang menempel di atas tisu tersebut, Analisa Kotoran burung untuk mengetahui kondisi burung memang sangat bermanfaat bagi para kicaumania dengan demikian anda bisa mengetahui apa dan kenapa burung kicauan yang anda miliki menjadi macet bunyi dengan demikian anda bisa mengambil langkah yang tepat untuk menjaga kesehatan burung kicauan anda. sedangkan untuk pengobatan burung yang sudah sakit berdasarkan informasi kotoran di atas akan saya update beberapa hari kedepan.



Advertisement