Solusi Menangani Cendet yang suka Salto

Advertisement


Cendet Salto memang menjadi salah satu hal yang bisa dikatakan tidak diinginkan oleh para kicaumania, apalagi ketika sedang di lombakan tentu saja ketika cendet salto bisa mengurangi penilaian dari juri, akan tetapi mau bagaimana lagi kebiasaan salto cendet memang susah dihilangkan 100% akan tetapi walaupun tidak bisa dihilangkan setidaknya masih bisa di kurangi tingkat kerseringannya.

saya yakin setiap burung cendet yang sudah gacor pasti pernah melakukan salto akan tetapi yang membedakannya adalah tingkat keseringannya ada cendet yang mungkin dalam sehari cuma saloto kurang dari 5 kali akan tetapi ada juga burung cendet yang sudah gacor bisa salto sampai 10 kali dalam lima menit, nah kalo kebanyakan inilah yang jadi masalah, nah bagaimana solusi untuk menguraing salto pada cendet ?

Solusi Cendet Salto


yang pertama dan utama perlu di ketahui beberapa penyebab kenapa burung cendet yang anda miliki suka salto. Bisa jadi cendet anda salto di karenakan terlalu banyak tenaga yang mengakibatkan burung melampiaskannya dengan salto. selain itu bisa juga karena salto merupakan karakter dari burung tersebut. dan yang terahir tidak menutup kemungkinan burung cendet anda sedang stress.

setelah mengetahui penyebab cendet salto sekarang bagaimana cara menangani cendet yang suka salto berikut beberapa cara yang bisa anda coba :

seperti yang sudah saya tulis di atas cendet salto bisa jadi di akibatkan karena burung terlalu banyak tenaga yang kemudian di salurkan lewat salto, untuk yang di sebabkan karena ini anda bisa mencoba untuk tidak memberikan EF dan hanya memberikan voer selama 10 hari berturut turut dan lihat bagaimana tingkah cendet tersebut jika tingkat kegacoranya turun naikan pemberian EF secara bertahap pemberian 100% voer ini tidak saya anjurkan di lakukan pada cendet yang masih bakalan, dan juga amati kotoran cendet tersebut apabila dalam beberapa hari tidak ada kotoran khas voer dan cendet berubah jadi lemes kemungkinan besar cendet anda tidak mau makan voer.

Cara Yang kedua rubah settingan pakan dan rawatan hariannya jika burung cendet suka salto salah satu pakan yang tidak saya sarankan adalah ulat hongkong, bisanya cendet yang udah dari sononya suka salto jika di berikan ulat hongkong bisanya saltonya tambah menjadi jadi, jadi cukup berikan jangkrik / EF lain kecuali ulat honkong, kemudian mandikan cendet 2 kali dalam sehari yakni pagi dan sore akan tetapi dalam memandikan cendet yang suka salto ini cukup sampai "basah dikit" saja jangaan sampai menggigil kedinginan, dan cara penyemprotanya pun saya sarankan dengan menyemprot dari atas dan semprotanya di atur agar seperti hujan.

untuk cara yang ketiga anda bisa mencoba untuk full kerodong akan tetapi resletingnya di buka saja, saat di lakukan full krodong jangan lupa mengamati bagaimana pakan dan airnya jangan sampai kehabisan dan untuk peletaknnya saya sarankan jangan di tempat yang terlalu gelap, lakukan cara ini selama 10 hari dan lihat perkembanganya jangan lupa juga untuk membersihkan kandangnya secara rutin.

Advertisement