Perbandingan Kenari Lokal dengan Kenari Import


Tidak dipungkiri saat ini sudah cukup banyak ragam burung kenari yang di jual di indonesia mulai dari kenari lokal, kenari loper, kenari yorkshire, kenari gloster dan masih banyak lanynya bahakn muncul lagi kenari hasil kawin silang antara kenari lokal dengan kenari yorkshire yang biasa di sebut dengan burung kenari f1 yorkshire. Dari sekian banyak jenis burung kenari yang paling di cari oleh para kicaumania tentu saja adalah kicauannya.

Sebelum masuknya kenari yorkshire di indonesia kenari lokal super atau sering di kenal dengan kenari loper memang menjadi salah satu faforit juara di event lomba burung di kelas kenari, akan tetapi mungkin saat ini pamor dari kenari lokal mulai agak turun di karenakan banyak faktor salah satunya adalah masuknya kenari import yang dinilai memiliki suara kicauan yang lebih lantang dan memiliki body yang lebih proporsional sehinga banyak para kicaumania yang lambat laun mulai memelihara kenari tersebut dan menjadikan andalan di lomba ataupun latberan.

Kembali lagi ketopik utama perbandingan kenari lokal dengan kenari import yang pertama adalah dari segi bentuk fisik sebagai pembanding saya memilih kenari yorkshire di karenakan kenari ini memiliki cukup banyak peminat yang salah satunya untuk di kawinkan dengan kenari lokal yang bertujuan untuk mendapatkan anak hasil kawin silang dari kedua indukan tersebut. Dari segi fisik kenari yorkshire bisa dikatakan menang telak di karenakan kenari yorkshire memiliki bentuk yang memang lebih bagus dari kenari lokal.

Perbandingan Kenari Lokal dengan Kenari Import

Perbandingan antara kenari lokal dengan import yang kedua adalah dari segi suara kicauan, kalo dari sgi kicauan mungkin setiap orang memiliki selera masing - masing jadi saya tidak bisa mengambil kesimpulan karena kedua burung memiliki kicaun yang bagus akan tetapi mungkin kenari lokal biasanya memiliki kicauan yang lebih panjang dari kenari import walaupun dari segi volume mungkin agak sedikit kalah, tapi itu yan tergantung selera masing - masing. untuk lebih jelasnya coba download suara burung kenari yorkshire : disini.

Perbandingan dari segi daya tahan. Seperti yang kita tahu kenari yorkshire memang bukan berasal dari indonesia jadi kalau di logika saja saya rasa burung ini kalah telak dari burung kenari lokal dari segi daya tahan, kenari lokal bisa bertahan walaupun di jemur dari pagi hingga sore sedangkan kenari yorkshire di jemur lebih dari satu jam saja mungkin akan mulai terlihat kurang sehat dan cenderung gampang sakit tidak seperti burung kenari lokal.

Kenari Lokal Super

Perbandingan yang terahir yakni dari segi harga, tidak di pungkiri jika kenari lokal dengan kenari import memiliki perbedaan harga yang cukup jauh untuk kenari lokal biasanya yang sudah gacor biasa di bandrol dengan harga berkisar 100 hingga 350 ribu berbeda jauh dengan kenari yorkshire yang di bandrol dengan harga jutaan rupiah, sedangkan peranakan atau kawin silang anatara kenari lokal dengan yorkshire juga di jual dengan harga yang relatif tinggi juga yakni bisa mencapai 700 ribuan hingga jutaan rupiah itupun belum tentu burung tersebut mau bunyi.

Memang setiap burung memiliki kelebihan dan kekuranganya masing - masing. Bagi yang menyukai kenari import tentu saja anda harus bersiap menyiapkan uang yang tidak sedikit untuk membeli burung tersebut dan juga anda harus bersiap dengan berbagai resiko yang anda tanggung sperti ketika burung sakit. Saya yakin anda akan pusing ketika burung kenari yang anda beli dengan mahar yang cukup tinggi kemudian sakit berbeda dengan burung yang anda beli dengan harga "murah".


Advertisement