Cara Mengatasi Burung Kenari Macet Bunyi Setelah Jatuh

Koleksi 40 Suara Burung KLik disini

Burung Kenari Macet bunyi setelah jatuh memang kadang memerlukan perawatan khusus salah satu yang yang paling perlu di perhatikan adalah pakan yang akan di berikan setelah burung kenari jatuh. walaupun burung kenari terkenal sebagi salah satu burung "tahan banting" dan tidak mudah setres akan tetapi bisa beda cerita apa bila burung kenari yang anda miliki jatuh dari tempat yang tinggi.

salah satu dampak yang di akibatkan karena jatuhnya sangkar dan burung kenari adalah burung ini menjadi seolah olah macet bunyi seketika. hal ini pernah saya alami ketika saya mengantang burung kenari di rumah akan tetapi karena saya rasa penempatanya kurang pas kemudian kandang tertiup angin yang mengakibatkan burung kenari jadi macet bunyi dalam beberapa minggu.


selain macet bunyi dampak yang di timbulkan dari jatuhnya kandang adalah burung bisa saja terluka maka setelah burung jatuh anda perlu mengamati apakah burung tersebut terluka atau tidak jika benar - benar terlukafisiknya penangananya pun berbeda. selain itu kandangnya pun harus anda perhatikan apakah terjadi kerusakan atau tidak jika iya coba segera perbaiki atau kalo tidak mungkin anda bisa menganti kadang kenari dengan kandang yang baru.

untuk artikel kali ini kita hanya akan fokus berbagi tips mengatasi burung kenari macet bunyi setelah jatuh. salah satu cara yang bisa anda lakukan setelah burung jatuh adalah dengan mengkarantina burung tersebut. setelah burung jatuh kemungkinan besar burung akan kaget jadi setelah burung jatuh anda bisa menempatkan burung kenari di tempat yang tidak terlalu ramai.

kemudian untuk pakan berikan pakan tambahan salah satu yang saya sarankan adalah gambas / oyong atau orang jawa sering menyebutnya dengan ceme. hal ini pernah saya lakukan beberapa hari setelah burung jatuh kenari memang dalam kondisi macet bunyi dan walaupun kadang mau berkicau kenari tersebut seolah olah tidak mengeluarkan suara lantangya akan tetapi hanya seperti ngriwik saja. kemudian ada teman yang menyarankan untuk memberikan gambas / oyong kepada burung kenari. kemudian tidak butuh waktu lama kenari yang saya miliki kembali mau mengeluarkan suara dengan volume yang lebih nyaring dari sebelumnya. sedangkan untuk burung kicauan lain yang sedang macet bunyi saya rekomendasikan anda membaca artikel ini : Mengatasi burung stres / macet bunyi.

selain cara di atas anda juga bisa mencoba memberikan biji mentimun pada burung kenari yang anda miliki, siapa tau burung kenari tersebut macet bunyi karena kegemukan atau anda bisa juga memberikan vitamin kepada burung agar burung bisa kembali ke performa awal.