Gambar dan Penjelasan Mengenai Burung Murai Batu di Indonesia


Burungmaster.com - Burung Murai Batu merupakan burung yang termasuk dalam keluaraga muscicapidae. di indonesia sendiri burung murai batu di kotak-kotakan berdasarkan termpat asal burung tersebut misalnya saja murai medan, murai aceh, murai lahat murai kalimantan murai nias dan juga murai sabang. setiap burung murai dari setiap daerah biasanya memiliki ciri khas masing masing walapun saya rasa perbedaannya tidak terlalu mencolok.

Ada beberapa patokan yang sering di jadikan sebagai dasar untuk menentukan darimana asal burung murai batu tersebut diantaranya :

Pola Ekor Murai Batu
Pada umumnya burung murai batu memiliki 4 pasang ekor berwarna putih di ekornya. banyak para kicaumania yang menggunakan pola ekor tersebut untuk mengidentifikasi dari mana burung tersebut berasal. walaupun hal tersebut tidak bisa menjamin 100% ke akuratan untuk menentukan KTP burung murai itu sendiri.

Karakteristik Burung Murai Batu
burung murai batu memang merupakan burung fighter banyak para kicaumania yang sering mengikut sertakan burung ini dalam lomba burung berkicau. salah satu cara yang biasa digunakan oleh para kicaumania untuk menentukan tempat asal adalah dengan melihat kerja murai batu ketika sedang di pertemukan dengan lawan sejenisnya.

Bentuk Fisik dan Ekor Murai Batu
di indonesia burung yang terkenal memiliki ekor panjang adalah murai medan seperti yang sudah saya tulis di artikel sebelumnya mengenai murai batu medan. murai medan sering di gunakan sebagai istilah branding untuk burung murai yang memiliki ekor panjang dan body yang proposional. semakin panjang ekor burung tersebut harganya pun juga akan semakin tinggi.

Di indonesia sendiri persebaran burung murai batu bisa dibilang cukup banyak, mulai dari pulau jawa, sumatra dan juga kalimantan dan berikut informasi mengenai burung murai batu yang perlu anda ketahui :

Murai Batu Yang berasal dari Jawa

Siapa sangka pulau jawa ternyata juga memiliki burung murai batu juga yang sering disebut dengan murai jawa / larwo. seperti burung murai pada umumnya murai jawa ini memiliki warna yang di dominasi hitam dan merah bata. dan berikut beberapa informasi mengenai murai jawa :

Bentuk Fisik Murai Jawa
Murai Jawa pada umumnya memiliki fisik yang agak kecil dan juga ekor yang tidak terlalu panjang. panjang ekor yang dimiliki menurut beberapa informasi yang saya dapatkan dan ketika saya melihat dengan mata kepalasa saya panjang ekornya biasanya tidak ebih dari 15cm. warna bulu didominasi hitam dan merah bata sedangkan pada bagian ekor ada beberapa pasang buu yang berwarna putih dengan motif tertentu

Ketika Sedang Berkicau
burung murai jawa yang sudah jadi / mapan biasanya ketika mendengar suara / melihat murai lain maka burung tersebut seoalh olah ingin bertarung sambil berkicau. ciri-ciri murai jawa ketika berkicau adalah larwo akan terlihat mengembangkan bulu bagian leher keatas yang mengakibatkan kepalanya terlihat agak lebih besar.

Kumpulan Foto Murai Jawa




Murai Batu Yang berasal dari Kalimantan

murai batu yang berasal dari kalimantan memiliki ciri umum berupa ekornya yang tidak terlalu panjang yang berkisar 10 sampai 13 cm saja, di kalimantan sendiri burung murai batu masih di bagi lagi berdasarkan daerah penyebarannya diantaranya :

1. Murai Batu Palangka
Secara umum murai batu palangka memiliki bentuk fisik yang bisa dikatakan cukup mirip dengan murai yang berasal dari lampung, secara umum murai batu palangka memiliki ciri sebagai berikut  : 
  • Tubuh murai palangka agak lebih besar dari murai banjar.
  • Ekor yang dimiliki bisa mencapai 18 cm
  • Ketika berkicau akan mengembangkan bulu dadanya
2. Murai Batu Banjar
Murai batu ini pada jamannya memang menjadi primadona bagi para kicaumania, salah satu kelebihan yang dimiliki murai ini adalah sifat fighternya yang super sekali akan tetapi saat ini menurut pendapat saya pribadi mungkin pamornya mulai tergeser oleh murai yang berasal dari sumatra / murai import. adapun ciri - ciri dari murai banjar :
  • Panjang ekor tidak terlalu panjang berkisar 10 sampai 15 cm saja
  • Fisik ada yang kecil maupun besar
  • Ketikas sedang tarung biasanya akan mengembungkan dadanya
  • 4 pasang ekor yang berada di bawah pada umumnya berwarna putih polos.
3. Murai Batu Mahkota
siapa sangka jika burung ini ternyata juga berasal dari pulau kalimantan, berbeda dengan murai banjar / murai palangka, burung murai batu mahkota ini memiliki ciri-ciri yang bisa dengan sangat mudah di kenali. sesuai dengan namanya murai mahkota memiliki bulu berwarna putih di kepalanya dan adapun ciri-ciri burung murai batu mahkota :
  • Ekor tidak terlalu panjang
  • Memiliki bulur berwarna putih di kepala
  • Akan mengembungkan bulu dada jika bertemu burung murai lain.
Kumpulan Gambar murai Kalimantan


Murai Batu yang berasal dari Sumatra

Salah satu burung yang sering menjadi pentolan saat lomba burung tidak lain tidak bukan kebanyakan adalah burung murai batu yang berasal dari sumatra, banyak yang mengatakan jika burung murai yang berasal dari sumatra memiliki mental dan volume yang di atas burung murai lain walaupun tidak semuanya. Di sumatra ada berbagai nama murai berdasarkan daerah asalnya diantaranya :

1. Murai Nias
murai nias sendiri tidak 100% berasal dari nias akan tetapi juga ada beberapa yang diambil dari daerah sekitarnya. para penjual pada umumnya membagi murai nias menjadi 2 nama yakni murai nias bisa dan murai nias raja. perbedaanya terletak pada panjang ekor yang dimiliki jika panjang ekro murai nias bisa lebih dari 17cm biasanya dimasukan dalam kategori nias raja. dan berikut beberapa ciri burung murai nias :
  • Ekor yang dimiliki biasanya hitam pekat tanpa ada warna putih
  • Tubuh tidak terlalu besar
  • Panjang ekor ervariasi mulai dari 13 cm sampai 20 cm
2. Murasi Balak Sabang
murai balak sabang bisa dikatakan sebagai salah satu burung murai yang spesial. panjang ekor murai sabang dikabarkan dapat mencapai lebih dari 30 cm. dan fisik yang dimiliki juga agak lebih besar jika di bandingkan dengan murai lain, untuk masalah harga bisa dikatakn murai ini masuk dalam jajaran murai dengan harga tinggi dan berikut ciri dari murai balak sabang :
  • Panjang Ekor dapat mencapai 30 cm bahkan lebih
  • Motif ekor mirip dengan murai balak lain dengan dominan warna hitam dan ada warna putih di ujung nya.
  • Harganya Mahal
  • Body agak lebih besar dari murai lain.
3. Murai Bahorok
Banyak yang mengatakan jika murai batu yang berasal dari bahorok ini memiliki mental yang bagus. bahkan ada beberapa kicaumania yang rela pergi ke sana untuk mendapatkan murai batu yang berasal dari bahorok ini. untuk ciri cirinya saya sendiri masih kurang begitu paham karena sedikitnya informasi yang saya dapatkan tapi yang pasti murai ini berasal dari daerah bahorok dan sudah mulai agak susah di temukan.

4. Murai Aceh
Padaumumnya burung murai batu yang ada di pasaran saat ini kebanyakan adalah murai batu yang berasal dari aceh, salah satu ciri yang sering di jadikan patokan adalah motif ekor yang dimilikinya. murai aceh biasanya memiliki ekor putih yang bermotifkan seperti tulisan W selain itu ada pun ciri dari murai aceh :
  • Fisik berukuran sedang
  • Panjang ekor cukup berfariatif mulai dari 14 cm sampai 22 cm
  • biasanya motif ekornya W
  • ekor agak melengkung
5. Murai Medan
Nama murai medan memang sering digunakan untuk burung murai yang memiliki panjang di atas rata-rata yakni sekitar 20 cm keatas, walaupun ada juga yang mengatakan murai medan yang memiliki ekor kurang dari 20 cm. walaupun demikian menurut sumber terpercaya saat ini sudah cukup jarang di temui burung muria batu yang berasal dari medan kebanyak murai yang di kirim dari medan merupakan burung murai yang berasal dari daerah sekitarnya. 

Kumpulan Gambar Murai Sumatra


Sebagai burung kicauan yang memiliki harga jual tinggi di atas burung kicauan lainnya tidak heran jika burung murai batu memiliki harga yang cukup setabil dan juga peminat yang cukup banyak juga. terlepas dari KTP mana murai tersebut berasal ada 3 hal yang saya rasa perlu di ingat oleh para kicumania sebelum membeli burung murai batu di antaranya volume, mental dan juga variasi isian / lagu burung murai tersebut karena saya rasa yang paling penting adalah ketiga hal tersebut sedangkan panjang ekor / keunikan burung tersebut adalah nilai plus juga tergantung tujuan anda memelihara murai batu.

Advertisement