Penting Perawatan dan Faktor Kenari Supaya Gacor dan Ngeroll Panjang


Burungmaster.com - Perawatan harian dan Pemberian Pakan Agar Kenari Gacor memang cukup berpengaruh pada performa burung kenari agar rajin berkicau dan gacor. Salah satu faktor yang paling menentukan dari burung kenari yang bisa menentukan gacor / tidaknya adalah sifat yang dibawanya sejak lahir. Jika kenari sejak lahir memang memiliki sifat yang fighter dan rajin berkicau saya yakin pola rawatan biasa pun tidak akan terlalu mempengaruhi performa burung Kenari.

Berbeda dengan kenari yang dari asalnya memang memiliki sifat yang agak jarang berkicau mau di beri makan apa saja / rawatan bagaimana pun akan agak susah agara rajin berkicau. Akan tetapi walaupun demikian masih beberapa cara agar burung kenari bisa gacor. Seperti anda ketahui burung menggunakan suara kicauannya salah satu tujuannya adalah untuk menarik perhatian dari burung kenari betina (Minta Kawin) ketika massa nya sudah tiba biasanya burung kenari jantan akan lebih sering berkicau.

Hal ini bisa coba anda buktikan jika anda memiliki kenari dirumah (bukan kenari bakalan) yang kondisinya kurang kacor jika anda perdengarkan MP3 suara kenari saya yakin lambat laun kenari jantan tersebut akan mengeluarkan suara kicauannya. berbeda kasus dengan burung kenari bakalan / masih muda. untuk kenari yang masih bakalan saya rasa di perlukan waktu yang agak lebih lama di karenakan perlunya adapatis dengan lingkungan sekitar. Begitu pula dengan kenari yang masih muda yang di tandai dengan kakinya yang terlihat lebih mulus dan belum medang mungkin tidak akan membalas kicauan kenari betina yang saya rasa di karenakan kenari tersebut memang belum begitu tertarik dengan yang namanya "kawin".

Gambar Burung Kenari yang Bagus (IG : ainkandymaulana)

Selain kedua hal dia atas ada satu hal lagi yang cukup menentukan apakah burung kenari tersebut gacor / tidak coba perhatikan bagian bulu pada kenari apakah kenari tersebut memiliki bulu yang berjatuhan di dasar kandangnya jika iya kemungkinan kenari tersebut sedang memasuki masa mabung / ganti bulu yang dimana ketika sedang mabung / Ganti Bulu burung Kenari memang akan lebih banyak diamnya akan tetapi tidak semua kenari hanya diam ketika mabung.

Faktor dan Cara Perawatan Kenari Agar Gacor

Jika kenari yang anda miliki sudah memenuhi beberapa faktor di bawah ini dan jika burung kenari yang anda miliki di rasa kurang gacor maka anda perlu melakukan perubahan pada pemberian pakan / setelan harian kenari anda. dan berikut beberapa faktor yang saya maksud :

  1. Kenari yang anda miliki sudah cukup berusia.
  2. Kenari yang anda miliki adalah Kenari Jantan BUKAN Kenari Betina.
  3. Kenari tidak dalam kondisi sakit.
  4. Kenari tidak dalam kondisi sedang ganti bulu / Mabung.
  5. Kenari tidak dalam kondisi stres sehabis terjatuh.
  6. Kenari Baru (Baru di beli).
Jika Kenari yang anda miliki seperti yang sudah burungmaster sebutkan di atas makan ada beberapa hal yang perlu anda rubah, mulai dari perawatan harian dan juga pemberian pakan. yang akan saya coba bahas satu persatu di sini :

Pemberian Pakan Kenari agar Gacor

Jika sebelumnya anda memberikan kenari anda berpa milet kiloan coba ganti dengan pakan yang lebih bagus semisal pakan yang "paling mahal" di toko tersebut untuk kenari. kemudian berikan juga vitamin untuk burung kenari anda siapa tau burung kurang bersemangat di karenakan kekurangan sesuatu di dalam tubuhnya. berikan vitamin secara rutin dan juga BACA ATURAN PAKAI VITAMIN tersebut dan ikuti cara mainnya.

Ganti Cara Perawatan Kenari

Perawatan memang cukup memiliki pengaruh terhadap performa burung kenari dan berikut perawatan burung kenari yang perlu anda perhatikan :
  • Perlu anda ketahui burung kenari merupakan burung yang cukup doyan dengan panas maka dari itu usahakan setiap pagi letakkan kenari di tempat yang terkena sinar matahari. 
  • Secara Rutin bersihkan kandang Kenari semisal. Seperti yang sudah saya lakukan setiap 2/3 hari sekali saya ganti pakan dan minum kenari secara berkala dan membersihkan kotorannya.
  • Jangan Lupa memberikan pakan tambahan untuk burung kenari seperti : gambas, sawi ataupun pakan tambahan lain yang bisa anda baca disini.
Jaka anda sudah menerapkan cara di atas selama beberapa hari saatnya anda mencoba untuk melihat respon burung kenari tersebut ketika sedang mendengarkan suara kenari lain / suara kenari betina. jika kenari yang anda miliki sudah mulai merespon selamat berarti cara di atas bisa di katakan hampir sukses tinggal anda konsisten dalam melakukan perawatan agar burung kenari yang anda miliki bisa semakin gacor.

Advertisement