Seputar Burung Poksay Lengkap mulai dari jenis sampai harga

Koleksi 40 Suara Burung KLik disini

Burung Poksay - Perlu di ketahui Jenis burung kicau sangatlah banyak sekali. Bahkan tak hanya ada di indonesia, banyak burung kicau yang berasal dari luar negeri. Setiap jenisnya memiliki karakter dan jenis yang berbeda-beda. Bahkan harganya pun berbeda, burung poksay merupakan burung kicauan yang memiliki suara yang begitu merdu. Burung yang berwarna putih pada bagian kepala dan coklat kehitaman pada bagian badan ini, agak jarang ikut dalam berbagai perlombaan burung. Suaranya yang nyaring dan merdu. Mari kita bahas semua tentang burung ini.

Burung Poksay

Rata-rata ukuran tubuh burung ini pada umumnya tidak begitu besar, kurang lebih ada sekitar 9 jenis burung pokasay yang paling sering di pelihara yakni sebagi berikut

  • jenis poksay jambul
  • poksay hongkong
  •  poksay sumatra
  • poksay kuda
  • poksay mantel
  • poksay samho
  • poksay genting / mandarin
  • poksay hitam 
  • hwamei atau sering juga di sebut wambai.
untuk jenis burung poksay jambul pada umumnya memiliki warna hitam kecoklatan pada bagian badannya. Lalu pada bagian kepala sampai leher berwarna putih. Untuk yang jantan terdapat jambul pada bagian atas kepala. Ini membuat keindahan dan pesona burung ini semakin keren dan berbeda dengan burung kicauan pada umumnya. sedangakan untuk ciri burung poksay jenis lain anda bisa langsung mencarinya di google.

Jenis burung poksay (hwamei, poksay jambul, poksay hongkong)
Burung betina dan jantan memiliki ciri-ciri yang agak berbeda. Perbedaannya pun tidak begitu terlihat, karena memang sangat sedikit. Bahkan warna dan bentuk tubuhnya hampir sama, hanya berbeda pada ukuran ekor saja. Burung ini banyak ditemukan di lampung, hongkong, thailand dan beberapa daerah lainnya.


Sifat Dan Kebiasaan Hidup Poksay

Banyak orang yang berpikir kalau burung ini memiliki sifat yang terlalu liar dan sangat agresif. Jadi di awal untuk melatihnya cukup sulit. Harus melalui perhatian yang ekstra. Bahkan sifat aslinya ini cukup sulit untuk dihilangkan. Jadi anda memang harus melatih dengan sebaik mungkin. Bahkan sifat burung ini sangat unik dibandingkan jenis burung kicau yang lainnya. Dengan jambul putihnya, burung ini sangat mudah menaklukkan burung yang lainnya.

Makanan Burung Poksay

Di alam liar, burung ini mencari makan di percabangan pohon yang rendah. Bahkan sering mencari makanan di atas tanah, jika anda merawat burung kicau ini, bisa diberi biji-bijian, dedaunan pohon, dan serangga kecil. Untuk membuat suaranya lebih merdu, anda bisa memberikan makanan tambahan. Untuk buah-buahan bisa memakai buah pepaya matang. Lalu di beri esktra fooding dan ulat hongkong, supaya tubuhnya hangat. akan tetapi jika di latih dengan benar pada umunya burung jenis poksay juga mau memakan pakan buatan (voer) yang seperti anda ketahui pakan berupa voer memang lebih mudah di temui dan di dapatkan.

Suara Burung Poksay

Suara burung poksay ini sangat merdu. Oleh karena itu terkenal sebagai burung kicauan terbaik. Bahkan sering mengikuti berbagai lomba kicau. Apalagi jika anda merawat burung ini dengan baik dan melatihnya, akan membuat suara burung semakin berkicau dan merdu. Silahkan dengar suara burung poksay di bawah ini supaya anda bisa mendengar kemerduannya.

Salah satu burung poksay yang cukup terkenal adalah poksay hitam. Burung ini dikenal sebagai raja tertawa, karena suaranya yang begitu indah dan merdu bahkan suara yang dikeluarkan hampir mirip dengan suara orang yang tertawa. Banyak orang yang merawat burung ini, karena suara yang dia keluarkan. Bahkan di alam bebas, para burung akan berkicau bersamaan membuat suara yang merdu. Para ahli burung menyebut burung ini sebagai penyanyi rimba. Karena mereka bisa memberikan perpaduan suara yang sangat indah, saling bersautan satu sama saling. Seperti kelompok paduan suaran.

Keindahan Fisik Burung Poksay

Jika anda melihat burung yang jantan akan sangat terlihat kegagahannya. Dengan jambul putih yang begitu indah. Menarik banyak burung betina. Bahkan burung kicau yang lainnya, burung ini tidak lemah, jadi tak perlu diberi vitamin terlalu banyak, ketika sudah diadu dengan burung yang lain, kegagahannya akan lebih terlihat. Pada saat berkicau, jambulnya akan mengembang. Ini membuat fisik dari burung semakin terlihat keren. Anda harus bisa merawatnya dengan baik.
Baca juga : Burung Murai Batu (White Rumped Shama / Copychus malabaricus )

Harga Burung Poksay

Harga burung ini berbeda-beda, sesuai dengan jenisnya. Untuk poksai medan harganya sekitar Rp 600.000, poksai sumatera Rp 850.000, poksai mandarin harga Rp 1,8 juta, poksai kepala putih harga Rp 1 juta dan harga poksai mantel Rp 1,3 juta. Harga ini bisa berubah-ubah, semakin bagus suara dan fisiknya akan semakin mahal harganya. Harga tersebut juga bisa berubah-ubah sesuai dengan keadaan pasar. Untuk hasil yang bagus, anda harus merawat burung poksay dengan baik.