Tips Perawatan Burung Kutilang Lengkap

Koleksi 40 Suara Burung KLik disini

Burungmaster.com - kutilang adalah salah satu jenis burung yang banyak diincar khususnya para kicau mania sebab burung ini memiliki suara yang sangat lantang dan dapat berkicau setiap hari serta di banderol dengan harga jual yang sangat terjangkau.  Kutilang juga sebagai salah satu jenis burung peliharaan yang dapat berkicau tanpa henti berikutnya adalah burung kutilang. Jenis burung ini juga sedang banyak diminati oleh para kalangan kicau mania. Hal tersebut dikarenakan burung ini memiliki suara yang khas serta dapat di rawat dengan sangat mudah.

Burung ini dapat di rawat dengan cara memberikan makanan kesukaan burung tersebut. Biasanya burung kutilang ini lebh suka memakan jenis pakan berupa buah.

Burung Kutilang

Dan jenis buah yang paling di sukai burung ini adalah pisang serta pepaya serta jenis buah yang manis dan pada umumnya berwarna merah dan juga kuning. Bagi anda yang ingin tahu informasi lebih lanjut mengenai burung ini maka langsung saja simak ulasannya dibawah ini.

Makanan Untuk Burung Kutilang

Pepaya sering dijadikan sebagai makan favorit untuk burung kutilang (sumber gambar : Cakrawalasehat)
Jika anda ingin merawat burung kutilang ini di dalam sangkar maka anda pun dapat memberikan buah pisang setiap hari. Dengan memberikan makanan secara rutin maka dapat membuat kondisi fisik burung menjadi lebih sehat dan juga menjadi lebih lincah. Kemudian bukan hanya sekedar makanan berupa buah buahan saja namun burung ini juga dapat diberi makanan tambahan berupa foor yang merupakan asupan gizi untuk burung ini. tidak hanya memiliki jenis kicauan yang lumayan bagus namun burung kutilang ini juga memiliki harga jual yang sangat terjangkau yaitu berkisar Rp. 50.000,-.

Memasterkan Burung Kutilang

Tujuan dari sang pemilik untuk memelihara burung yaitu untuk mendengarkan dan menyaksikan burung peliharaannya tersebut berkicau. Namun tidak semua burung dapat berkicau setiap hari dan hanya burung tertentu yang memiliki kondisi fit dan bugar yang akan berkicau setiap hari. Namun anda tidak perlu terlalu mempermasalahkan hal tersebut sebab ada beberapa cara untuk membuat burung kutilang berkicau.

Hal pertama yang harus anda perhatikan yaitu memiliki anakan atau bibit burung yang sangat bagus. Biasanya burung yang sering berkicau adalah burung yang memiliki jenis kelamin jantan. Untuk burung yang memiliki jenis kelamin betina biasanya harus di latih terlebih dahulu.

Cara untuk memasterkan burung kutilang sangat mudah sekali yaitu dengan cara memutarkan audio kicau dari pemutar mp3 setiap hari dan dapat di dekatkan pada sangkar burung tersebut.

Perawatan Burung Kutilang

Gambar burung kutilang dalam sangkar (sumber gambar : blog mertanus)

Kemudian untuk mendapatkan burung yang kondisinya sehat sepanjang hari maka di perlukan perawatan khusus yang harus dilakukan pada burung tersebut. Perawatan dapat dilakukan dengan memberikan burung pakan dan kemudian memandikannya secara rutin yaitu dalam jangka waktu 3 hari sekali. Pakan buah dapat diberikan sebanyak 1 buah saja pada 1 hari.

Kemudian perawatan lain yang juga harus di lakukan pada burung ini yaitu melakukan penjemuran setelah burung selesai mandi. Burung kutilang dapat dimandikan sekitar jam 7 pagi dengan cara di semprot kemudian dapat dibiarkan selama satu jam untuk dapat merasakan kehangatan matahari pagi.
Kemudian perawatan juga harus dilakukan pada sangkar burung kutilang.

Sangkar burung ini harus di jaga kebersihannya sehingga sisa kotoran makanan burung harus dibersihkan setiap hari untuk dapat menjaga kesehatan burung. Kemudian agar burung kutilang ini dapat rajin berkicau setiap hari maka anda pun juga dapat memberikan jenis pakan tambahan atau eksta fooding berupa jangkrik yang dapat diberikan dalam jangka waktu 5 hari sekali. Kemudian untuk dapat melatih burung agar dapat berkicau setiap hari maka anda pun dapat meletakkan sangkar kutilang di bawah pohon gantung.
Seputar Burung Puter Lengkap
Itulah beberapa informasi yang dapat anda ketahui dari burung kutilang. Burung kutilang harus dipelihara dengan sangat baik dan sebagai pemilik harus membuat kondisi nyaman bagi burung tersebut sehingga burung kutilang tidak takut dengan lingkungan di sekitarnya.

Hal tersebut tentu saja sangat berpengaruh terhadap kondisi fisik burung tersebut. Kini bagi anda yang ingin memelihara burung kutilang ini maka anda pun dapat menggunakan beberapa cara perawatan khusus yang harus dilakukan yang dapat anda pelajari bersarkan ulasan di atas tersebut. Dengan begitu maka anda pun akan mendapatkan jenis burung kutilang yang paling bagus dan memiliki suara kicau yang berkualitas.