Makanan, Ciri Fisik dan Harga Burung Puter Lengkap

Koleksi 40 Suara Burung KLik disini

Burungmaster.com - Burung Puter Bagi penggemar burung sangat penting untuk tahu semua hal tentang burung peliharaannya. Seperti cara membedakan jenis jantan dan betina, ciri fisik, habitat, cara perawatan, karakter dan lainnya. Dengan begitu anda bisa merawat burung dengan baik. Selain itu jika anda bisa membedakan burung yang jantan dan betina, bisa mengawinkan burung dengan benar. Salah satu burung yang memiliki suara bagus dan sering ikut lomba adalah burung puter. Burung dengan nama ilmiah streptopelia risoria ini menjadi burung yang banyak disukai dan sangat jinak.

Burung ini memang begitu jinak, sangat mudah untuk dirawat dan di pelihara. Antara burung jantan dan betina sekilas tidak bisa dibedakan, karena memang hampir sama. Memiliki warna coklat dan putih, di bagian leher ada warna hitam. Untuk membedakan burung betina dan jantan, harus diraba pada bagian tulang panggulnya. Anda bisa memegang di bawah dubur burung.

Seputar Burung Puter


Untuk burung jantan, memiliki pingggung yang lebih keras dan kaku dan bentuknya lebih runcing. Untuk burung betina lebih lentur. Jika anda memelihara dua pejantan tidak akan bertelur. Tapi jika anda memelihara betina tanpa jantan, masih bisa bertelur tanpa harus dibuahi. Burung ini banyak ditemukan di daerah pulau jawa.

Sifat Dan Kebiasaan Hidup Puter
Burung ini termasuk burung yang sangat jinak. Tidak seperti burung kicauan lainnya. Inilah yang membuatnya banyak di pelihara. Jika anda datang ke daerah jawa atau jogja, pasti akan banyak sekali bapak-bapak yang memelihara burung ini di rumah. Tidak ada kebiasaan hidup yang begitu terlihat, karena memang jenis burung yang jinak. Setiap subuh atau pagi hari pasti berbunyi suara yang merdu. Untuk betina bisa membuahi sendiri.

Jadi jika anda memelihara burung betina saja, sudah bisa bertelur. Tapi jika anda memelihara jantan, tidak akan pernah bertelur sama sekali. Anda harus meletakkan burung di tempat yang biasa lalu lalang orang, sehingga terbiasa. Jika tidak terbiasa, burung bisa kaget dan terbang tak beraturan didalam kandang.

Makanan Burung Puter
Salah satu makanan untuk burung puter
Burung ini masih satu kerabat dengan burung merpati. Jadi makanan dan perawatan hampir sama. Anda harus memberi makan secara rutin setiap harinya. Berilah makanan yang kira-kira habis dalam satu hari. Makanan yang diberikan bisa biji-bijian. Seperti jagung, biji padi dan lainnya. Bisa juga kulit cumi yang dikeringkan. Makanannya memang sangat mudah ditemukan. Untuk membuat suara semakin gacor, anda bisa menambahkan beberapa vitamin.

Keindahan Fisik dan Suara Burung Puter
Suara burung puter itu derkuku. Suaranya pun bisa dibagi suara pembuka, suara tengah, suara akhir. Suara inilah yang biasanya di nilai dalam perlombaan. Suaranya harus bersih dan jelas. Anda harus merawatnya dengan baik dan melatihnya, sehingga suara yang dihasilkan semakin murni dan bersih, suara burung ini memang asik untuk didengarkan. Ketika pagi hari atau untuk suara di rumah. Silahkan dengar suara burung puter di bawah ini supaya lebih jelas.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kalau suara burung ini terdiri dari tiga suara. Biasanya suara tengahlah yang paling didengarkan oleh orang-orang. Ketiganya saling bersautan. Menjadi suara dekukur yang indah. Suara yang dihasilkan oleh burung ini sedikit berbeda dengan burung perkutut. Lebih dalam dan lebih panjang. Pada saat mengeluarkan suara, kepala akan naik keatas dan mengeluarkan suara yang merdu.
Burung Rambatan
Sebenarnya tidak ada yang begitu istimewa dari burung ini. Burung ini banyak disukai karena suaranya yang indah. Untuk bentuk fisiknya hanya kecil seperti merpati. Warna bulunya coklat dan putih albino. Dengan bagian kepala ada warna hitam di sekitar leher. Bulunya halus. Tidak seperti burung kicau lainnya yang memiliki warna bulu berwarna-warni.

Harga Burung Puter
Harga burung ini sangat murah. Bahkan anda bisa mendapatkannya dengan mudah di pasar burung. Harganya sekitar 30 ribu sampai 200 ribu. Untuk jenis albino memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan yang lain. Harganya murah karena memang burung puter mudah diternakkan. Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat.