Seputar Burung Srigunting dan Cara Merawatnya

Koleksi 40 Suara Burung KLik disini

Sri Gunting adalah salah satu jenis burung kicau yang kurang diburu oleh para kicau mania. Hal tersebut dikarenakan burung ini memiliki keunikan tersendiri yang tidak dimiliki oleh jenis burung lainnya yaitu dapat menirukan jenis suara hewan lainnya. Bagi anda para kicau mania maka anda pun sudah tahu bahwa terdapat berbagai macam jenis burung kicau yang sangat menarik untuk dipelihara. Biasanya burung kicau ini banyak diburu sebab memiliki kicauan yang khas dan pada umumnya memberikan kepuasan tersendiri bagi para pemiliknya. Di antara berbagai macam jenis burung tersebut ada salah satu jenis burung kicau yang biasa di juluki sebagai penipu ulung dalam dunia satwa.

Burung tersebut adalah burung sri gunting. Julukan tersebut diberikan pada burung ini sebab burung tersebut dapat menirukan suara dari jenis burung lainnya yang biasa disebut dengan kecerdasaran mimikri. Namun ciri khas tersebut tentu menjadi daya pikat tersendiri sehingga banyak yang ingin memelihara burung sri gunting ini. Bagi anda yang ingin tahu informasi lebih lanjut mengenai burung ini maka langsung saja simak ulasannya dibawah ini.

Burung Sri Gunting

burung srigunting

Burung sri gunting ini juga dikenal sebagai burung yang sangat cerdas atau pintar sebab dapat menirukan berbagai macam suara burung lain dan bahkan suara hewan predator sekalipun. Biasanya suara ini digunakan oleh burung sri gunting untuk dapat menipu hewan lainnya. Burung ini juga kerap kali menirukan suara predator yang sedang kelaparan untuk dapat mempecundangi hewan lain yang pada saat itu sedang membawa makanan. Kemudian apabila hewan tersebut kabur dengan ketakutan maka burung ini akan mengambil makanan yang dijatuhkan oleh hewan lainnya.

Burung sri gunting ini terus populer dan dikenal sebagai burung kelanggenan atau burung yang telah berlangsung lama. Suara sri gunting yang sangat lantang dan juga bervariasi tersebut menjadi ciri khas tersendiri bagi burung ini. Perlu anda ketahui bahwa burung sri gunting ini sendiri masih terbagi dalam beberapa jenis spesies lainnya yaitu kurang lebihnya ada 12 macam spesies burung sri gunting. Namun untuk jenis burung sri gunting yang sedang banyak di pelihara adalah jenis sri gunting batu dan juga sri gunting kelabu.

Merawat Burung Sri Gunting

Bagi anda yang ingin memelihara burung sri gunting maka anda pun juga harus melakukan perawatan secara khusus agar burung memiliki kesenjangan hidup yang lebih terjamin. Di dalam melakukan perawatan diperlukan beberapa hal yang harus benar benar di perhatikan. Hal tersebut di karenakan burung ini lebih mudah stres dan hal tersebut dapat mempengaruhi kondisi fisiknya. Hal yang harus diperhatikan yaitu memberikan jenis pakan yang sesuai. Kemudian sangkar harus nyaman serta memiliki ukuran yang cukup luas. Kemudian sri gunting ini juga dapat di letakkan pada lokasi yang sangat aman yaitu terhindar dari lalu lalang manusia atau kehadiran jenis predator lainnya. Dan kebersihan sangkar burung ini juga harus tetap di jaga.

Burung sri gunting adalah salah satu burung pemakan serangga dan bahkan dalam keadaan liar burung ini akan memangsa anakan burung atau burung kecil beserta dengan telur telur yang ada di dalam sarang milik burung lainnya. Namun burung ini juga menyukai jenis makanan lainnya seperti buah buahan, nektar atau air gula. Agar kondisi burung ini tetap aktif, bugar, dan juga rajin berkicau maka diperlukan beberapa cara untuk memasternya.

Cara untuk memaster sri gunting sangat mudah sekali. Pada saat pagi hari burung ini harus di letakkan di luar rumah kemudian dijemur selama 20 meit dan setelah itu diberikan pakan jangkrik sebanyak 3 ekor. Kemudian burung ini dapat dimandikan dengan cara di semprot atau dengan menggunakan tempat mandinya. Setelah itu sangkar burung dapat dibersihkan sehingga terbebas dari kotoran. Jika burung selesai mandai maka dapat di anginkan dalam tempat yang sejuk dan setelah itu beri pakan kroto dengan takaran satu cepuk kecil. Kemudian beri juga jenis buah buahan yang biasa di konsumsi burung ini.
Download suara kacer Poci
Kemudian pada kondisi tersebut burung dapat di master dengan menggunakan audio masteran yang berasal dari mp3. Kemudian pada sore hari burung tersebut dapat dijemur kembali selama 20 menit dan setelah itu diberi pakan jangkrik sebanyak 5 ekor. Kemudian untuk dapat tetap menjaga stamina burung maka dapat juga ditambah dengan pakan ulat hongkong atau ulat bambu. Itulah beberapa informasi yang dapat anda ketahui dari burung sri gunting.