Tips Lengkap Perawatan Burung Tengkek Buto mulai dari makanan sampai tips harian

Koleksi 40 Suara Burung KLik disini

Tengkek Buto adalah salah satu jenis burung kicau yang biasanya diincar dan banyak di cari oleh kicau mania. Burung ini memiliki suara yang sangat khas dan berintonasi serta dapat dirawat dengan sangat mudah. Burung adalah salah satu binatang peliharaan yang paling diminati oleh para kaum adam. Hal tersebut membuat adanya persaingan ketat yang terjadi dalam arena lomba terhadap burung kicauan.

Adanya perlombaan ini tentu saja akan membuat para pemain aktif semakin terus mencari dan ingin mendapatkan burung masteran. Salah satu burung masteran yang biasanya digunakan untuk berkompetisi tersebut adalah burung tengkek buto. Bagi anda yang ingin tahu lebih banyak mengenai burung yang satu ini maka langsung saja simak ulasannya dibawah ini.

Jika di dengarkan secara sekilas maka burung tengkek buto ini memiliki suara ngekek yang kedengarannya sama saja dengan jenis burung lainnya. Namun apabila anda mendengarkannya dengan cermat maka anda dapat mengetahui bahwa suara tengkek buto ini sangat berbeda dibanding dengan suara burung lain. Suara burung ini memiliki intonasi yang berbeda dan terus berbunyi tanpa henti. Apabila anda ingin menghentikan suara kicau dari burung ini maka anda dapat menghentikannya dengan cara menutup sangkarnya dengan menggunakan kerodong dan setelah itu burung akan berhenti berkicau.

Burung Tengkek Buto


Merawat Tengkek Buto

Biasanya burung tengkek buto ini kebanyakan dijual pada saat burung tersebut masih berusia muda atau masih anakan. Kondisi tersebut adalah kondisi dimana burung masih diloloh sehingga sangat diperlukannya perawatan secara khusus. Namun anda tidak perlu kawatir sebab perawatan yang dilakukan untuk burung ini sangat mudah.

1. Melatih Tengkek Buto Makan Voer
Untuk perawatan tengkek buto yang pertama yaitu latihan makan voer. Latihan ini dilakukan agar burung berhasil makan dan awal mula hanya dikenalkan dengan jenis pakan kering. Kemudian langkah selanjutnya adalah memperhatikan bagaimana cara untuk memberikannya.
Pertama voer harus dilembutkan terlebih dahulu yaitu dengan menggunakan tambahan air secukupnya hingga tekstur voer menjadi lembek. Jika sudah maka adonan tersebut dapat dibuat menjadi bentuk gumpalan kecil yang ukurannya seperti separuh dari jempol orang dewasa. Kemudian gumpalan ini nantinya dapat langsung di lolohkan pada mulut burung tengkek buto.

2. Makanan Jangkrik Untuk Tengkek Buto
Kemudian untuk perawatan berikutnya yaitu memperkenalkannya dengan jenis pakan serangga seperti jangkrik. Jangkrik ini adalah pakan extra fooding atau tambahan. Cara untuk memberikannya yaitu pertama rendam terlebih dahulu jangkrik dan setelah itu dapat di larutkan ke dalam aris bersih. Jika jangkrik diberikan dalam keadaan kering atau tidak di basahi terlebih dahulu maka burung akan lebih mudah sakit sebab mengalami dehidrasi.

3. Penjemuran Dan Kebersihan Sangkar Tengkek Buto
Untuk perawatan selajutnya yaitu melakukan penjemuran terhadap burung tengkek buto. Durasi yang digunakan untuk melakukan penjemuran tersebut tidak perlu lama lama atau hanya sepintas saja yaitu kurang lebihnya 10 menit. Penjemuran ini harus dilakukan pada waktu pagi hari dan yang paling penting yaitu burung mendapatkan sinar hangat di pagi hari. Kemudian perawatan lainnya yang juga harus diperhatikan adalah kebersihan sangkar burung tersebut. Bagian alas atau dasar sangkat dapat diberikan serbuk kayu seperti kandang hamster yang harus diganti setiap harinya. Hal tersebut dapat membuat sangkar menjadi bersih setiap saat.

4. Tutup Tengkek Buto Dengan Kerodong
Berikutnya burung tengkek buto ini harus di tutup dengan menggunakan kerodong secara keseluruhan pada saat malam hari. Hal tersebut dapat membuat burung bisa istirahat saat malam hari sehingga tidak terus terusan bunyi. Hal ini juga dapat membuat kondisi burung menjadi tetap fit setiap hari terlebih udara pada malam hari tersebut tidak baik bagi burung ini.

Itulah beberapa informasi yang dapat anda ketahui dari burung tengkek buto. Dengan melakukan perawatan secara maksimal terhadap burung tengkek buto ini maka burung ini dapat menjadi masteran dan nantinya siap untuk diikutkan dalam berbagai macam edisi lomba.

Oleh karena itu untuk anda yang ingin merawatnya sedari kecil maka anda pun dapat melakukan beberapa jenis perawatan yang telah di sampaikan pada ulasan di atas tersebut.
Burung Srigunting
Namun untuk anda yang tidak ingin repot merawatnya sedari kecil maka anda pun juga dapat langsung membeli burung tengkek buto yang sudah dewasa dan sudah siap untuk diikutkan dalam perlombaan. Namun tentu saja harga burung dewasa dan anakan sangat berbeda.

Harga burung anakan tentu lebih  murah dibanding dengan burung dewasa yang telah mendapatkan berbagai macam jenis perawatan.