13 Jenis Burung dengan Suara Kicauan terbaik di indonesia

Jenis Burung Kicauan di indonesia memang cukup banyak mulai dari burung murai batu, kacer, lovebird, kenari, cucak ijo, anis merah, anis kembang, jalak suren, prenjak, pleci, tledekan, kolibiri dan masih banyak lagi jenis burung kicauan yang memiliki suara yang bagus. Setiap burung pada dasarnya memiliki bentuk fisik dan suara kicauan yang beraneka ragam. di indonesia sendiri para kicaumania sering mengelompkokan kedalam beberapa kategori seperti burung fighter / petarung seperti burung murai batu, kacer, anis merah, cendet dan bahkan burung prenjak, burung fighter pada umumnya hidup sendiri-sendiri dengan menjaga daerah teritorinya dan biasanya sangat mudah terpancing emosinya jika mendengar suara burung sejenis. ada juga burung yang masuk semi fighter seperti burung cucak ijo, pleci, lovebird dan beberapa jenis burung yang sering hidup berkelompok.

Selain burung fighter dan semi fighter ada juga burung yang di kategorikan sebagai burung masteran yang sering di jadikan sebagai “Guru Vokal” untuk burung lainnya. burung yang masuk dalam kategori masteran pada umumnya memiliki suara kicauan yang rapat, nyaring dan terdengar tajam seperti burung cililin, kenari, lovebird dan juga burung tengkek buto.


Ragam Burung Kicauan Terbaik

Jenis Burung Kicauan Terbaik


Menginat indonesia merupakan negara yang cukup besar tidak heran jika dari sabang sampai merauke bisa di temukan aneka ragam burung kicauan yang memiliki ciri khas masing masing mulai dari pakan untuk burung, warna bulu, bentuk tubuh, dan juga perawatan harian yang berbeda beda pula. dan di burung master.com sudah merangkum 13 burung kicauan yang memiliki suara kicauan terbaik :

1. Burung Murai Batu

burung murai batu ( listeningearth.com)

Suara Burung murai batu memang bisa dikatakan sebagai suara burung terbaik tidak heran jika burung murai batu masih mendominasi burung dengan harga kicauan yang cukup mahal. di indonesia banyak nama yang di berikan untuk burung murai batu berdasarkan daerah asalnya seperti burung murai batu medan, murai batu kalimantan, murai aceh, murai borneo, murai lampung, murai sabang, murai balak, murai lahat, murai malaysia, murai tahiland, murai singapur, murai mahkota dan ada juga murai bordan yang merupakan nama untuk hasil kawin silang antara jensi murai batu asal medan / ekor panjang dengan murai kalimantan.

2. Burung Cucak Rowo

cucak rowo memang sejak dulu menjadi salah satu burung dengan harga yang tidak kalah mahal dengan burung murai batu hal ini bisa di lihat dari harga jualnya yang mencapai jutaan rupiah, dengan harga yang cukup tinggi tidak heran apabila burung cucak rowo memiliki suara yang bagus juga. ada beberapa istilah yang sering digunakan untuk menilai suara cucak rowo ini seperti ropel, semi ropel, engkel, nglagu, isian dan juga suara “rusak”.

burung cucak rowo bisa di temui mulai dari semenanjung malaysia, pulau sumatra, kalimantan dan juga di pulau jawa bagain barat. berdasarkan daerah tempat asalnya ada 5 macam burung cucak rowo diantaranya cucak rowo jawa barat, cucak rowo medan, cucak rowo, malaysia, cucak rowo kalimantan, cucak rowo lampung dan burung cucak rowo bengkulu.

3. Burung Cucak Ijo

Burung Cucak IJo ( pbase.com)

burung yang identik dengan warna hijau di tubuhnya ini juga menjadi salah satu burung yang memiliki suara kicauan yang bagus juga. burung cucak rowo termasuk dalam kategori burung semi fighter di karenakan burung ini di habitat aslinya sering hidup secara berkelompok, akan tetapi walaupun demikian saat ini banyak yang mengikut sertakan burung cucak ijo di arena gantangan.

Burung cucak ijo sendiri memiliki berbagai macam nama berdasarkan daerah asalanya ceperti cucak ijo banyuwangi, cucak ijo kalimantan, cucak ijo sumatra dan ada juga cucak ijo mini, cucak ijo rante yang memiliki warna dan fisik yang agak berbeda dari cucak ijo kalimantan dan juga cucak ijo sumatra.

4. Burung Jalak Suren

Burung Jalak Suren (Hobiburung.org)
burung jalak suren memang jarang di ikut sertakan dalam arena lomba, akan tetapi walaupun demikian burung jalak suren masih menjadi salah satu burung favorit para kicaumania di indonesia selain memiliki gaya khas ketika sedang berkicau burung jalak suren juga faseh dalam meniurakn suara burung kicauan lain.

ada 3 jenis burung jalak suren yang perlu anda ketahui di ataaranya burung jalak suren jawa, jalak suren yunan dan burung jalak suren india perbedaan ketiga jenis burung tersebut bisa anda amati dari bentuk bulu yang ada di kepala burung tersebut.

5. Burung Kacer

Burung Kacer

Kacer memang merupakan burung yang sangat fighter hampir di setiap perlombaan pasti ada yang namanya kelas khusu untuk burung kacer. burung kacer memang memiliki suara kicauan yang sangat lantang dan keras selain itu kacer juga memiliki gaya khas yang sering disebut dengan istilah ngobra.

kurang lebih ada 5 jenis burung kacer yang perlu anda ketahui yakni kacer poci (sumatra), kareng ireng (jawa), kacer madagaskar, kacer kalimantan dan ada satu lagi yakni kacer blorok.

6. Burung Kenari

Burung Kenari (birdclubs.org.nz)
suara burung kenari memang sejak dari jaman dulu sampai sekarang masih menjadi salah satu favorit bagi kicaumania di indonesia. burung kenari sendiri sering di jadikan sebagai salah satu burung masteran untuk burung lovebird, murai maupun burung cendet, suara burung kenari sering di sebut dengan istilah ngeroll.
jenis burung kenari sendiri bisa dikatakan cukup banyak yakni mulai dari kenari yorkshire, kenari lokal, kenari lizzard, kenari gunung, kenari waterslager, kenari spanis timbrado, kenari roller, kenari border, kenari gloster dan lain sebagainya. 

7. Burung Lovebird

burung lovebird (friendsmania.net)
Salah satu burung yang bisa dikatakan selalu ada di setiap kontes burung berkicau apa lagi kalau bukan burung lovebird. selain memiliki warna bulu yang indah burung lovebird juga terkenal sebagai salah satu burung masteran yang memiliki suara yang nyaring dan rapat. semakin lama durasi ngekek burung lovebird maka harganya pun juga akan ikut tinggi pula terlebih jika burung lovebird ini memiliki warna yang unik dan langka.
cukup banyak jenis burung lovebird saat ini selain itu warna dari burung lovebird juga sangat beraneka ragam dan biasanya setiap warna burung lovebird memiliki nama masing- masing seperi lovebird biola, lovebird batman, lovebird palamas, lovebird parblue, lovebird dakocan, lovebird albino dan ada juga lovebird lutino yang pada tubuhnya di dominasi oleh warna kuning.

8. Burung Tledekan

Burung Tledekan (superkicaumaniak.blogspot.co.id)

saat ini bisa dikatan burung tledekan mulai naik daun hal ini bisa terlihat dari berbagai event lomba burung yang sudah mulai memasukan burung tledekan dalam kelas tersendiri. salah satu jenis burung tledekan yang paling di gemari adalah burung tledekan gunung atau sering juga di sebut dengan burung sulingan.

kurang lebih ada 4 jenis burung tledekan yang cukup populer di indonesia seperti burung tledekan gunung, tledekan bakau,  tledekan laut dan juga burung tledekan selendang biru, hampir semua jenis burung tledekan didominasi oleh warna bulu biru.

9. Burung Cendet

burung cendet ( vitaminburung.com)
cedet / pentet merupakan burung yang saya rasa sangat fighter dan lumayan cerdas dalam menirukan suara burung kicauan lain seperti suara burung prenjak, kenari bahkan suara burung cililin akan tetapi walaupun demikian ada satu perilaku dari burung cendet yang kurang disukai oleh para kicaumania yakni ketika burung cendet berubah menjadi miyik.
tidak hanya di indonesia saja yang terdapat burung cendet di belahan dunia lain (selain indonesia) ternyata masih beberapa burung yang masih satu keluarga dengan burng ini kurang lebih ada 33 jenis burung cendet. di indonesia sendiri cendet yang paling disukai adalah cendet yang berasal dari madura.

10. Burung Anis Merah

Burung Anis merah (semuahobi.wordpress.com)
ketika sedang berkicau burung anis merah memiliki gaya khas yang bisa dengan mudah di kenali dan di inggat, gaya khas yang dimaksud disini adalah gaya ketika burung sedang teler dengan mengerakkan kepalanya dari kanan ke kiri sambil terus menerus berkicau dan jangan heran jika burung anis merah memiliki harga jual yang cukup tinggi hingga jutaan rupiah.
burung anis merah juga bis di temui di beberapa negara lain seprti bangladesh, bhutan, kamboja, cina, laos, myanmar, malaysia, srilanka dan bahkan ada juga di thailand dan vietnam.

11. Burung Anis Kembang

Burung Anis Kembang (agrobur.com)
tidak kalah dengan burung anis merah burung anis kembang juga memiliki suara kicauan yang merdu dan cukup nyaring terlebih jika burung anis kembang ini sedang ngeroll. akan tetapi walaupun demikian burung anis kembang ini cukup susah di bedakan antara anis kembang jantan dan betina. selain itu perawatan harian burung anis kembang juga bisa di katakn lumayan sulit di karenakan burung ini agak pemalu kebanyakn anis kembang akan berkicau ketika tidak ada orang yang melihatnya / ketika sedang hujan.

12. Burung Kolibri

Burung KOlibri
sempat naik daun di tahun 2016 disamping memiliki warna bulu yang bagus burung kecil dan mungil ini ternyata burung kolibri memiliki suara kicauan yang tidak bisa di anggap remeh begitu saja. burung ini memiliki kicauan yang lumayan nyaring dan lumayan bervariasi bahkan burung ini mampu menirukan suara burung lain seperti burung cililin dan juga suara burung kenari.
banyak sekali ragam jenis burung kolibri di indonesia seperti burung kolibri ninja, kolibri sepah raja, kolibri manggar dan juga burung kolibri sriganti.

13. Burung Branjangan

salah satu kelebihan dari burung branjang ini selain bisa menirukan suara burung lain adalah bisa berkicau sambil terbang di tempat, tidak heran jika kandang burung branjangan pada umumnya terdapat batu di tengah dasar kandangya.burung branjangan pada umumnya bisa di temukan di daerah yang kering / gersang.

Dalam memelihara burung kicauan memang kita harus selalu memberikan yang terbaik mulai dari perawatan harian, pemberian pakan, menjanga kebersihan kandang dan melindungi burung dari berbagai penyakit dan hewan lain yang bisa membahayakan nyawa burung. memang susah-susah gampang dalam memelihara burung kicauan terlebih yang di pelihara adalah burung bakalan di butuhkan kesabaran extra. akan tetapi semua itu akan terbayarkan ketika burung yang kita pelihara menjadi gacor ataupun jika bisa memenangkan lomba burung kicauan dan tentu saja hal tersebut akan memuaskan pemiliknya.

%d blogger menyukai ini: