3 Cara Ampuh Menjinakkan Lovebird Yang Giras Galak dan Giras

3 Cara menjinakkan lovebird – Setiap orang pasti ingin memiliki burung yang jinak atau penurut karena akan lebih mudah untuk dirawat. Tetapi apabila Anda mendapatkan lovebird yang giras atau sangat liar, jangan terlebih dahulu khawatir. Ada beragam cara menjinakkan lovebird yang giras agar menjadi jinak yang bisa Anda simak pada artikel berikut ini.

Pada umumnya lovebird merupakan salah satu hewan yang ramah dan cepat untuk beradaptasi dengan lingkungan baru. Meskipun demikian, masih ada beberapa lovebird yang giras dan susah untuk ditenangkan. Karena sifatnya yang liar, ada beberapa pemilik yang menyerah untuk memelihara dan memilih untuk menjual atau melepaskan burungnya ke alam bebas.

Lovebird yang giras sendiri cukup sulit untuk dirawat. Pemilik bisa kerepotan untuk memberikan pakan dan berkomunikasi, karena burung yang agresif dan tidak tenang. Kondisi dari lovebird yang giras ini juga bisa berakibat fatal dalam jangka waktu yang lama, seperti tidak mau ngekek, bulu rusak dan seolah menjadi tidak fokus terhadap suara pemiliknya.

3 Cara Ampuh Menjinakkan Lovebird yang Giras

cara menjinakan lovebird galak

Cara menjinakkan lovebird yang giras memerlukan waktu dan kesabaran yang tinggi. Kunci utama dari keberhasilan untuk menjinakkan lovebird adalah perhatian yang tulus dari pemilik dengan niat untuk mengubah kondisi lovebird yang giras. Ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk menjinakkan burung yang liar, ikuti prosedurnya secara baik dan perhatikanlah perubahan karakter burung secara mendetail.

Memandikan Lovebird

sumber gambar : wikimedia

Terapi pertama yang bisa digunakan untuk mengurangi sifat liar dari burung adalah teknik memandikan lovebird dengan metode berbeda. Turunkanlah sangkarnya, pegang dan keluarkan lovebird dengan menggunakan tangan. Sambil dipegang, mandikanlah burung dengan menggunakan air yang mengalir dari keran hingga seluruh tubuhnya basah. Berhati-hatilah selama memandikannya agar air tidak ada yang masuk ke dalam hidung atau paruhnya.

Baca Juga : Tips Merawat Lovebird Berdasaran Perawatan Lovebird Juara

Setelah dimandikan, pindahkanlah burung kembali kedalam sangkar dan perhatikan gelagatnya. Dalam kondisi bulu yang basah, lovebird cenderung tidak akan terbang dan melarikan diri. Namun jika masih terlihat gelagat ingin terbang meskipun dalam kondisi bulu yang basah, ulangi terus metode memandikan tersebut setiap hari hingga lovebird terlihat tenang. Berhati-hatilah agar jangan memandikan lovebird terlalu kuyub, karena bisa berdampak negatif terhadap kesehatannya.

Pemberian Pakan Secara Langsung

Cara menjinakkan lovebird yang giras berikutnya adalah dengan memberikan pakan langsung dengan tangan Anda. Letakkan beberapa biji milet pada tangan dan perhatikanlah dengan seksama, lovebird yang mulai jinak akan berani mengambil makanan yang berada pada tangan. Jangan pernah memaksakan metode ini pada burung Anda, karena bisa menimbulkan dampak trauma. Ulangi proses pemberian makan secara bertahap. Hentikanlah apabila lovebird terlihat takut dan terbang menghindari tangan Anda.

Carikan Pasangan untuk Lovebird

Menjodohkan lovebird

Cara lainnya yang bisa digunakan untuk menjinakkan lovebird adalah mencarikan pasangan lovebird yang sudah jinak. Dengan memberikan pasangan yang jinak, lovebird yang liar akan mengikuti contoh pasangannya tersebut. Biasanya burung cenderung memperhatikan gelagat pasangan yang sudah jinak sehingga akan lebih mudah untuk dilatih kembali.

Baca Juga : Tips Menjinakkan Kacer Giras Dengan Mudah

Gunakan kombinasi metode ini dengan metode memberikan pakan milet pada tangan dan lihatlah responsnya. Burung yang liar pada awalnya memang tidak akan langsung mematuk pakan tersebut, tetapi seiring dengan waktu mereka juga akan ikut belajar dan menjadi jinak mengikuti contoh dari lovebird pasangannya.

Begitulah cara menjinakkan lovebird yang giras yang bisa Anda lakukan sendiri. Apabila Anda memahami dan melakukannya dengan benar, kemungkinan besar lovebird Anda akan menjadi jinak. Selamat mencoba!

Source : cara menjinakan lovebird anakan, cara menjinakan lovebird paud, cara menjinakan lovebird muda, cara menjinakan lovebird yang sudah dewasa, cara menjinakan lovebird galak, cara menjinakan lovebird umur 3 bulan, cara melatih lovebird agar nurut, cara melatih lovebird agar ngekek panjang