6 Jenis Burung Jalak dengan Suara Kicauan Terbaik

Hampir semua Burung Jalak keluarga dari suku sturnidae ini merupakan burung yang cerdas. Kita ambil contoh burung beo yang masih termasuk dalam  keluarga burung jalak, yang tidak hanya bisa meniru suara dari jenis burung lain akan tetapi beo juga bisa menirukan suara manusia. Di indonesia sendiri ada beberapa macam burung jalak yang sangat di sukai oleh para kicaumania seperti jalak suren / jalak uren, jalak kebo, jalak nias, jalak bali dan yang terakhir jalak bali yang merupakan salah satu burung yang di lindungi oleh pemerintah.

Pada umumnya semua jenis burung jalak memiliki ukuran yang cukup besar jika di bandingkan dengan burung kicauan lainya. Rata -rata burung jalak memiliki panjang tubuh sekitar 20 – 25 cm yang di padukan dengan paruh yang besar dan kokoh. Setiap jenis burung jalak pada umumnya memiliki gaya khas ketika sedang berkicau sebagi contoh jalak suren terkenal dengan gaya ngompo yang sering di tunjukan ketika sedang di goda / sedang berkicau.

Dilihat dari bentuk fisik, warna bulu dan juga kicauan burung jalak jantan dan betina nyaris tidak memiliki perbedaan yang mencolok, salah satu cara yang sering dilakukan untuk membedakan jenis kelamin jalak adalah dengan melihat dubur / kloaka burung tersebut. Pada umunya perbedaan kloaka antara jalak akan terlihat ketika burung sudah dewasa sedangkan ketika masih anakan bisa dikatakan cukup susah untuk membedakan jenis kelaminnya.

Kebanyakan para kicau mania di indonesia memelihara burung jalak di karenakan jalak merupakan salah satu burung yang aktif dan juga sangat cerewet dan tidak jarang orang yang memilihara burung jalak untuk memaster burung lain. Dan untuk kali ini burungmaster merangkum 7 jenis burung jalak yang memiliki suara kicauan terbaik apa saja burung tersebut silahkan di baca :

1. Burung jalak suren

Burung jalak suren saya rasa cocok untuk di masukan kedalam peringkat pertama sebagai burung jalak yang memiliki suara kicauan terbaik. Saat ini kebanyak burung jalak suren di dapatkan dari daerah klaten jawa tengah yang sudah sejak lama terkenal sebagai pusat budidaya burung jalak suren. Sebenarnya burung jalak suren tidak hanya tersebar di pulau jawa saja.ada juga burung jalak suren yang berasal dari negeri tetanga yang memiliki ciri khas ddiatas bulu  kepanya ada warna putihnya berbeda dengan jalak suren jawa yang kepalanya berwarna hitam.

Burung Jalak Suren 

Nama Ilmiah : Sturnus contra
Kisaran Harga : Rp 450.000 – Rp 800.000

2. Jalak putih

Sesuai dengan namanya burung jalak putih hampir seluruh tubuhnya berwarna putih, di tanah sunda sendiri burung jalak putih ini juga sering di sebut denga jalak bodas saat ini keberadaanya di alam liar mulai terancam makan dari itu burung ini di masukan kedalam salah satu burung yang dilindungi oleh pemerintah. Perlu anda ketahui jalak putih yang dalam bahasa ilmiahnya di sebut acridotheres melanopterus hanya bisa di temui di indonesia saja. Untuk harga burung jalak putih termasuk dalam kelas menengah ke atas, untuk burung jalak putih gacoran harganya berkisar rp 1.750.000 / ekor.

Burung Jalak Putih
Burung Jalak Putih

Nama Ilmiah : Acridotheres Melanopterus
Kisaran Harga :  Rp 1.750.000 / Ekor

3. Jalak bali

Jalak bali juga merupakan salah satu burung endemik yang berasal dari bali. Jenis jalak yang satu ini juga termasuk kedalam burung yang di lindungi maka dari itu tidak di hernkan jika anda ingin memilihara / menangkarkan burung ini anda harus memiliki sertifikatnya juga kalo tidak bisa jadi burung jalak yang anda beli akan di sita oleh pihak yang berwenang. Salah satu ciki khas dari burung ini adalah warna bulunya yang putih bersih dan juga warna bulu di sekitar mata yang berwarna biru.

Burung Jalak Bali
Burung Jalak Bali

Nama Ilmiah : Leucopsar rothschildi
Kisaran Harga :  Rp 5.000.000 – Rp 12.000.000 / Pasang

4. Jalak nias

Tidak kalah dengan jalak yang berasal dari tanah jawa. Jalak nias yang tidak hanya berasal dari sumatra ini juga tidak kalah menarik dari segi bentuk tubuh maupun dari segi kicaunnya. Walaupun ada kata nias di belakangnya bukan berarti burung ini hanya berasal dari nias bahakan menurut beberapa informasi terpercaya burung ini juga bisa di temui hampir di berbagai negara di kawasan asia dan afrika.

Burung Jalak Nias
Burung Jalak Nias

Nama Ilmiah : Acridotheres tristis
Kisaran Harga :  Rp 250.000 – Rp 350.000

5. Jalak kebo

Sesuai dengan namanya dulu ketika di jawa masih banyak lahan pertanian dan masyarakanya masih banyak yang menggunakan kerbau sebagai salah satu alat untuk membajak sawah burung jalak kebo sering di temui berada di atas tubuh kerbau untuk mencari makan.burung jalak kerbau / kebo ini pada umumnya hidup di ketingian sekitar 1500 dpl (diatas permukaan laut), dan habitat utamanya adalah di area persawahan. Akan tetapi saat ini sudah agak sulit menemukan jalak kebo berada di area persawahan.

Burung Jalak Kebo
Burung Jalak Kebo

Nama Ilmiah : Acridotheres javanicus
Kisaran Harga :  Rp 100.000 – Rp 250.000

6. Jalak hongkong

Jalak hongkong atau dalam bahasa ilmiahnya di sebut dengan sturnus nigricollis merupakan salah satu burung yang memiliki harga jual yang cukup tinggi juga. Burung jalak hongkong juga memiliki suara kicauan yang enak di dengarkan juga. Walupun di namakan jalak hongkong burung ini kebanyakan malah berasal dari kawasan asia tengara.

Burung Jalak Hongkong
Burung Jalak Hongkong

Nama Ilmiah : Sturnus Nigricollis
Kisaran Harga :  Rp 1.800.000

Penting Tentang Burung Jalak 

  • Biasanya burung jalak yang gacor adalah jalak yang sudah berumur/ medang
  • Jalak Merupakan Burung Omnivora yang doyan makan buah / serangga
  • Harga Burung Jalak cukup bervariasi bisa naik / turun sewaktu-waktu
  • Harga Jalak yang termahal saat ini adalah jalak bali
  • sedangkan jalak yang paling diminati adalah jalak suren
  • Jalak jantan dan betina memiliki bentuk fisik yang mirip

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *