Banyak Burung Indonesia yang di kategorikan Terancam Punah

0

Burung merupakan salah satu makhluk hidup yang sangat menarik karena keindahan dan keberagamannya. Namun sayangnya dewasa ini jumlah populasi burung mulai menurun. Dan bahkan beberapa dari populasi burung di dunia sudah banyak yang dinyatakan terancam punah.

Hal tersebut tentu menjadi keprihatinan kita semua seluruh warga dunia yang sudah seharusnya bertanggung jawab salam menjaga kelestarian alam, meskipun pada kenyataannya hanya sedikit orang yang menyadari hal tersebut. Dan menurut data yang di dapatkan dari badan konservasi internasional atau yang lebih sering disebut dengan iucn telah merilis data mengenai jumlah spesies burung terancam punah, berikut ini hasilnya.

Burung langka indonesia
Burung langka indonesia

Untuk indonesia sendiri menempati urutan kedua dalam data spesies burung yang terancam punah dengan jumlah 131 spesies burung yang sudah dinyatakan semakin menurun drastis jumlah populasinya. Sementara pada posisi pertama ditempati oleh brazil dengan jumlah 165 spesies dan pada peringkat ketiga ditempati oleh peru dengan jumlah 126 spesies, pada peringkat keempat ditempati oleh kolombia dengan jumlah 122 spesies dan pada peringkat kelima ditempati oleh amerika serikat dengan jumlah 115 spesies.

Menjadi peringkat kedua dalam hal jumlah spesies burung yang akan punah dari seluruh dunia bukanlah sesuatu yang membanggakan dan bahkan bisa dibilang hal tersebut adalah kabar buruk. Hal tersebut juga didukung dengan banyaknya faktor yang mempengaruhi menurunkan jumlah populasi di indonesia.

Faktor-faktor tersebut antara lain adalah adanya degradasi lahan, rusaknya habitat spesies-spesies burung tersebut, serta yang paling banyak terjadi adalah maraknya perburuan liar yang menjadikan burung sebagai aset perdagangan bernilai tinggi membuat populasi burung semakin terancam keberadaannya.

Masih berdasarkan dari data iucn, di indonesia spesies burung terancam punah tersebut terbagi menjadi 3 kategori. Yang pertama yaitu kategori dengan status kritis atau critically endangered (cr) yang mana di dalamnya terdapat 21 jumlah spesies. Sedangkan yang kedua yaitu kategori dengan status terancam atau endangered (ed) yang mana di dalamnya terdapat 34 spesies burung. Sementara yang terakhir yaitu kategori dengan status rentan atau vulnerable (vu) yang di dalamnya terdapat 76 spesies burung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here