Beberap Faktor Penyebab tidak Menetasnya Telur Burung

Banyaknya penggemar burung Murai Batu membuat banyak orang ingin mengembangkan budidaya burung Murai Batu. Tentu saja hal ini di lakukan demi meraih untung yang banyak dari hasil pengembang biakan burung Murai dengan catatan bahwa proses pengembang biakan di lakukan dengan cara dan proses yang benar sehingga benar-benar menguntungkan.

Tapi kenyataan di lapangan berbeda dengan teori, sekilas usaha untuk mengembang biakkan burung Murai terlihat gampang namun ternyata sangat sulit. Banyak keluhan di mana telur burung Murai banyak yang mengalami gagal menetas. Tentu saja hal ini ada sebabnya dan akan kita bahas pada artikel berikut ini. Ada beberapa hal yang menjadi penyebab telur burung Murai gagal menetas, di antaranya adalah :

Bisa Jadi Indukan yang anda miliki penyebabnya

Gambar sepasang murai batu
Gambar sepasang murai batu

Jika indukan yang mengalami proses pembuahan adalah indukan yang belum cukup usia, maka peluang terjadinya gagal menetasnya telur burung Murai sangatlah besar. Hal ini di sebabkan indukan yang belum cukup usia belum memiliki sistem reproduksi yang sempurna untuk melalui sebuah proses pembuahan, sehingga telur yang di hasilkan tentu saja belum cukup matang.

Lingkungan dan sarang juga memiliki pengaruh

Lingkungan yang tidak mendukuk ternak burung
Lingkungan yang tidak mendukuk ternak burung

Jika Anda sedang berusaha untuk mengembang biakkan burung Murai Batu maka usahakan untuk membuat lingkungan sekitar kandang kondusif untuk proses pengeraman. Lingkungan tempat induk burung yang akan mengerami telur burung Murai haruslah bebas dari kebisingan yang bisa membuat si induk burung merasa tidak nyaman dan tidak bisa mengerami telur dengan baik. Resikonya adalah telur tidak akan bisa menetas dengan sempurna.

Sudahkah anda mengecek Pakan burung murai anda ?

Pakan untuk burung kicauan
Pakan untuk burung kicauan

Usahakan untuk memberi makan induk burung yang akan mengerami telur dengan makanan yang memiliki nutrisi dan gizi yang baik serta cukup. Dengan demikian dia bisa mengerami telurnya dengan baik dan maksimal serta meminimalkan indukan tersebut merusak telur-telur yang sedang di eraminya.

Kondisi cuaca juga berpengaruh

Pengaruh cuaca
Pengaruh cuaca

Jika kondisi cuaca sangat panas maka usahakan untuk membuatnya dingin dan nyaman. Cuaca yang panas akan sangat mengganggu konsentrasi dan kenyamanan induk burung sehingga telur akan sulit untuk mengalami penetasan.

Sekali lagi dalam proses pengembang biakkan burung Murai memang memerlukan sebuah keahlian, kesabaran serta keuletan. Pastikan Anda memilikinya sebelum memulai bisnis pengembang biakkan burung Murai Batu.

Perlu di ketahui, hal yang harus bisa di hadapi dalam pengembang biakkan burung Murai Batu adalah sisi agresifnya yang terjadi saat proses pengembang biakkan. Sisi ini bahkan bisa membuat indukan merusak dan memecahkan telurnya sendiri sehingga gagal menetas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here