Beberapa Penyembab Burung Murai ngelowo / ngebatman

Jika Anda sedang bingung karena burung Murai Batu yang Anda miliki sedang di landa lowo atau batman, maka simak artikel berikut ini sampai selesai setelah kemarin menulis artikel mengenai burung murai jawa / larwo yang mungkin masih sedikit diketahui oleh para kicamnau kali ini burungmaster.com akan mengulas mengenai penyebab burung murai nglowo Kondisi ini adalah di saat burung sedang dalam kondisi gagal berkicau karena memiliki penampilan yang kurang bagus. Entah karena sakit atau karena alasan yang lain.

Biasanya burung yang mengalami ini hanya akan memberikan tanda yaitu hanya melebarkan sayapnya serta akan memberikan kicau dengan suara yang relatif lirih. Jika anda masih binggung seperti apa burung murai yang sedang nglowo anda bisa melihat gambar dan video burung murai yang sedang nglowo di bawah ini :

Murai Nglowo
Murai Nglowo

Penyebab burung Murai di dapati dalam kondisi ini adalah dikarenakan beberapa hal, di antaranya adalah :

  • Proses jemur : Biasanya dalam pola perawatan burung Murai Batu Anda akan mendapati proses penjemuran yang merupakan tahap setelah burung di mandikan dengan semprotan. Penjemuran ini di lakukan hanya beberapa menit saja, bukan untuk berjam-jam. Jika Anda melakukan proses penjemuran yang terlalu lama maka akibatnya adalah burung Murai Batu Anda bisa mengalami kondisi nge”lowo”.
  • Over birahi : Nge”lowo” juga bisa di sebabkan oleh kondisi burung Anda yang dalam kondisi over birahi. Mungkin akibat pemberian jangkrik yang berlebihan atau sebab lain sehingga burung Anda mengalami over birahi.
  • Kalah mental : Burung juga bisa mengalami down, setelah burung tersebut bertarung kemudian dia kalah maka untuk menunjukkan ekspresi kekalahannya dia menunjukkannya dengan cara nge”lowo”.
  • Mental yang kurang terlatih :Burung Murai Batu tidak memiliki bakat dan mental bertarung secara alami, hal itu harus Anda latih. Oleh karena itu janganlah mengikut sertakan dalam lomba burung Murai Batu yang masih muda karena tentu saja mental yang di milikinya masihlah jelek atau belum sama sekali terlatih. Burung Murai Batu yang masih muda masih dalam tahapan dorong ekor sehingga memerlukan waktu yang lebih untuk bisa ikut serta dalam perlombaan.
  • Burung Murai Terlalu jinak atau terlalu sering diganggu dengan tanggan

Anda bisa mengatasi beberapa penyebab dari kondisi nge”lowo” burung Murai Batu yang terjadi di atas. Di antaranya dengan melakukan penjemuran dengan durasi waktu yang lebih pendek, mengurangi dosis pemberian makan jangkrik, melakukan pemandian burung di malam hari untuk lebih mengurangi birahi yang di alami burung serta menempatkan burung Murai Batu ke kandang untuk umbaran.

Dengan begitu di harapkan burung Murai Batu ini bisa lebih aktif bergerak yang bisa lebih menstabilkan birahi yang di rasakannya, selain itu dari pengalaman beberapa member di forum kciau mania salah satu cara yang dilakukan adalah dengan cara menyuntikan obat penambah darah (sangabion, sakatonik) ke jangkrik yang dilakukan selama 3 hari berturut turut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here