burungmaster.com

Berbagai Macam Cacing Yang Dapat Menyebabkan Penyakit Pada Burung

Untuk Anda penggemar burung, tentunya akan dihadapkan masalah kesehatan burung yang mungkin saja akan terjadi sewaktu-waktu. Sama seperti halnya merawat peliharaan yang lain, ancaman kesehatan memang akan terjadi di mana semua burung tentunya juga memiliki risiko kesehatan. Hal ini dikarenakan tidak semua burung memiliki daya tahan tubuh yang bagus. Itu sebabnya memang diperlukan adanya tambahan berbagai macam vitamin untuk burung.
Ada 4 jenis cacing yang sering mengganggu kesehatan burung. Seperti cacing tenggorokan, cacing rambut, cacing gelang dan juga cacing pita. Mungkin cacing-cacing ini sering kali diabaikan keberadaannya oleh para penggemar burung. Tetapi justru cacing-cacing ini harus diwaspadai karena memang akan membuat burung menjadi sakit. Jika salah penanganannya tentu saja akan dapat membahayakan kesehatan burung.
Lalu, apa itu cacing tenggorokan? Mungkin untuk penggemar burung pemula, masih sangat asing dengan cacing tenggorokan ini. Jika tidak segera diobati tentu saja akan membahayakan kesehatan burung tersebut. Hal ini dikarenakan karena cacing tenggorokan ini terdapat di tenggorokan yang akan menyumbat saluran pernafasan. Jika saluran pernafasan sudah tersumbat tentunya akan menyebabkan burung tersebut menjadi mati.
Gejala yang terjadi pada burung ketika terkena cacing tenggorokan ini adalah burung akan batuk-batuk dengan intensitas yang cukup sering dengan disertai dengan bersin. Ketika sudah batuk dan bersin biasanya akan menggoyangkan kepalanya sambil berusaha menghilangkan lendir yang keluar dari kedua lubang hidungnya. Untuk penggemar pemula mungkin akan menyebutnya sebagai salah satu gejala flu, tetapi jika diabaikan tentunya akan membahayakan burung tersebut.
Cacing Rambut
Selain cacing tenggorokan, Anda juga harus memperhatikan adanya cacing rambut. Cacing rambut ini dapat disalurkan dari pakan, minuman bahkan tanah yang sudah tercemar oleh telur cacing. Memang untuk pengamatan dengan mata telanjang akan sulit dibedakan. Namun jika Anda mengabaikannya tentu saja akan membuat cacing rambut ini akan hidup di dalam tubuh burung dan menyerap sari makan dari darah burung yang dihisapnya.
Ketika sudah terpapar cacing rambut ini juga akan membuat burung menjadi menderita diare secara terus menerus. Cacing rambut ini sangat mematikan karena jika burung yang terkena cacing rambut ini tidak segera dipisahkan dengan burung yang lain, akan sangat cepat menjalar. Kematian burung akibat cacing rambut ini memang cukup tinggi mengingat cacing ini hidup di dalam selaput usus burung yang memang akan menyulitkan burung untuk menyerap sari makanan.
Cacing Gelang dan Cacing Pita
Ada pula cacing gelang dan juga cacing pita. Cacing gelang sendiri dapat menyebabkan anemia pada burung dan juga akan menyebabkan keracunan. Terlebih lagi cacing ini menggerombol pada saluran usus yang dapat menyebabkan burung mati. Untuk cacing pita sendiri akan memiliki gejala lesu, kurus, pucat, diare dan juga tidak mau makan. Lalu dapat juga membuat burung selalu membuka paruhnya seakan tengah kehausan dan juga akan membuat bulu burung menjadi kasar.
Untuk menghindari burung terkena cacing-cacing ini, lebih baik melakukan pencegahan dengan membasmi hewan yang menjadi perantara datangnya cacing-cacing tersebut seperti lalat dan juga siput darat. Di mana kedua hewan ini dapat menyalurkan telur-telur cacing ke berbagai tempat. Bahkan di dalam sangkar burung juga. Selain itu, sebaiknya burung diberikan vitamin dan diberikan pengobatan sedini mungkin agar tidak semakin parah dan akan memudahkan proses penyembuhan.

sumber gambar dan refernsi :
http://www.mediajurnal.com/wp-content/uploads/2015/11/Cacing-Pita.jpg
http://cdn1-a.production.liputan6.static6.com/medias/1046413/big/031371400_1446808327-cacing_gelangf.PNG
http://budidayaperawatan.blogspot.co.id/2015/09/budidaya-cacing-rambut-sukses-hanya-dengan-4-langkah.html
http://omkicau.com/2010/06/13/cacing-pun-bisa-sebabkan-burung-batuk-bersin-beringus-mata-berair/

Berbagai Macam Cacing Yang Dapat Menyebabkan Penyakit Pada Burung | Burungmaster | 4.5