burungmaster.com

Temukan Beragam Informasi
Seputar Burung Kicauan Disini

Bingung Cara Membedakan Jenis Kelamin Kenari Lizard? Berikut Trik Simpelnya

Burung kenari menjadi salah satu jenis burung kicau yang banyak digemari para kicau lovers. Selain suaranya yang merdu, burung kenari juga mempunyai bulu yang indah. Tidak heran jika banyak para penggemar burung selalu memburu kenari yang terbaik. Salah satu jenis kenari yang banyak dicari yaitu jenis kenari lizard. Bisa dibilang kenari jenis ini cukup unik karena memiliki bulu yang mirip dengan sisik hewan kadal. Mungkin karena bulu inilah mengapa kenari ini dinamai dengan kenari lizard. Dalam memilih kenari lizard biasanya ada triknya tersendiri untuk membedakan mana yang berjenis kelamin jantan dan mana yang kenari betina. Memang apa saja trik dan tips cara membedakannya? Berikut sedikit ulasannya.
Sebelum membahas tentang trik membedakan jenis kelamin kenari lizard, perlu diketahui jika ternyata burung jenis ini terbagi menjadi beberapa jenis akan tetapi yang paling populer  yaitu lizard perak dan lizard emas. Sebenarnya cara untuk mengetahui mana yang jantan dan betina dari kenari lizard cukup simpel. Yang pertama yaitu bisa dilihat kalau jenis yang betina umumnya mempunyai melanin yang lebih banyak dibanding dengan jenis jantan. Selain itu, perbedaan yang mencolok bisa dilihat dari segi bulunya. Jenis yang jantan biasanya memiliki bulu dengan warna yang gelap namun terlihat lebih cerah. Untuk lebih lengkapnya, berikut beberapa ciri-ciri khusus untuk setiap jenis kelamin baik kenari lizard emas atapun yang perak.
Kenari Lizard Jantan (kiri) yang saya bebri lingkar merah,  sedangkan yang kanan merupakan burung kenari lizard betina
Kenari Lizard Jantan (kiri) yang saya bebri lingkar merah,
 sedangkan yang kanan merupakan burung kenari lizard betina
Untuk jenis kenari lizard emas, perbedaan antara jantan dan betina bisa dilihat dari tiga faktor. Pertama dari segi bulu, kenari yang jantan memiliki bulu warna emas yang terlihat lebih cerah sedangkan yang betina terlihat kusam karena kandungan suffusionnya. Kedua, dilihat dari motif sisik yang dimilikinya. Kenari betina mempunyai motif sisik pada bulunya lebih bervariasi dibandingkan dengan kenari lizard jantan. Yang terakhir yaitu dari segi penampilannya. Jika dilihat penampilan, kenari jantan terlihat lebih gagah karena memiliki bentuk bahu yang lebih lebar serta sorotan matanya juga tajam. Sedangkan yang betina, penampilannya terlihat lebih bulat dan montok.
Trik yang selanjutnya yaitu dalam membedakan kenari lizard perak. Sama dengan jenis yang emas, perbedaan antara jantan dan betina dapat dilihat dari tiga aspek. Dari aspek bulu, jenis burung  jantan memiliki bulu yang berwarna perak di bagian kepala, dada serta pantat yang lebih tegas serta cerah. Jika dibandingkan,  bulu burung betina ini hanya sedikit yang berwarna-warni yaitu hanya pada bagian dada, kepala serta tunggingnya. Sedangkan untuk bagian corak dari sisik yang ada di bulunya, burung kenari jantan coraknya lebih bervariasi yaitu dari yang bercorak besar hingga kecil-kecil. Untuk corak bulu burung betina lebih besar serta letaknya menyebar di seluruh bagian dada hingga ekornya. Postur tubuh jantan juga lebih kekar dibanding dengan betina.
Bingung Cara Membedakan Jenis Kelamin Kenari Lizard? Berikut Trik Simpelnya | Burungmaster | 4.5