Burung Cucak Ijo

Burung Cucak Ijo, meskipun dijuluki dengan nama cucak, sebenarnya tidak sefamili dengan Cucak rowo atau Cucak jawa. Cucak ijo bukanlah keluarga merbah, Cucak Ijo memiliki nama latin Chloropsis sonnerati yang menandakan bahwa burung ini berkerabat dengan murai atau murai daun. Anda bisa menemukan burung ini di luar negeri dengan nama Green Leafbird.

Cucak ijo jantan menjadi salah satu buruh yang banyak dicari dengan bentuk badan yang besar. Cara memilih cucak ijo yang  bagus bisa dimulai dari tampilan fisik. Pasti anda yang telah familiar dengan burung ini selalu melihat kepalanya untuk mengidentifikasi burung ini. Di kepala burung ini terdapat paruh berwarna hitam yang panjang dan terlihat kokoh mengindikasikan suara nyanyian yang merdu. Bulu pada kepala juga tidak begitu banyak atau bisa dikatakan cepak.

Dari kepala, anda bisa turun ke badan. Badan Cucak ijo berbentuk besar dan panjang dipenuhi warna hijau daun. Bulu pada ekornya pendek dan menumpuk sedemikian rupa sehingga terlihat agak gemuk di bagian ekornya. Warna bulu harus hijau gelap layaknya daun tua. Sementara bagian atas dada hingga ke bawah mulut berwarna hitam legam. Jika anda memberinya makan, lidah burung Cucak ijo berwarna hitam.

Mengenai kaki, terdapat bulu berwarna biru dan putih di sekitar kaki. Burung Cucak ijo yang baik memiliki kaki yang kering dan lurus, tidak bengkok. Kuku burung Cucak ijo yang baik bengkok dan berujung runcing.

Ketika berkicau, burung yang baik memiliki suara yang bersih dan nyaring. Ketika bernyanyi, burung ini akan menggerak-gerakkan ekornya dan mencembungkan bagian tenggorokannya. Agaknya dua hal ini adalah mekanisme menarik lawan jenis dan menakut-nakuti pejantan lain jika burung ini hidup secara alami.

Burung yang sehat memiliki bulu yang mengkilap tetapi kering, tidak lembab. Jika ada bulu berwarna yang kusam, maka burung tidak sehat. Burung ini memiliki mata yang tajam. Ketika bernyanyi burung ini akan terlihat agresif dan seakan ingin menyerang anda.

Begitulah ciri-ciri burung Cucak ijo yang bagus. Ketika anda mendapati karakter yang agak berbeda, anda perlu mencari tahu apa yang menyebabkan hal itu, kemungkinan ada cacat atau kurang sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *