Burung Cucak Rumbai Tungging Yang Perlu Dijaga Eksistensinya

0

Mungkin Anda belum terlalu familiar dengan burung Cucak Rumbai Tungging karena di Indonesia persebarannya hanya dapat ditemukan di kawasan hutan Kalimantan dan Sumatera. Namun bagi para pecinta burung, jenis ini adalah salah satu yang dikenal memiliki keunikan terutama dalam hal postur tubuh. Jika Anda ingin mengenal lebih dekat burung Cucak Rumbai Tungging, berikut ini ulasan selengkapnya. Pada umumnya burung yang memiliki nama latin Pycnonotus Eutilotus ini memiliki panjang badan kurang lebih 20 cm.

Bulu burung ini pada umumnya berwarna coklat pada bagian tubuhnya dan putih keabu-abuan pada bagian bawah. Khusus untuk bagian bawah ekor burung Cucak Rumbai Tungging ini warna bulunya adalah kuning tua. Selain memiliki warna bulu yang beragam, ciri khas lain yang dimiliki burung ini adalah bulu pada bagian jambulnya terbilang cukup lebat. Warna bulu tersebut merupakan warna dasar yang ditemui pada sebagian besar burung jenis ini, namun untuk beberapa jenis tertentu terdapat perbedaan berdasarkan habitatnya.

Burung Cucak Rumbai
Burung Cucak Rumbai

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, di Indonesia jenis burung Cucak Rumbai Tungging ini hanya ditemui di hutan Kalimantan dan Sumatera, dan perlu Anda ketahui perbedaan habitat burung ini memberikan sedikit pengaruh kepada posturnya. Seperti contoh, untuk burung Cucak Rumbai Tungging yang memiliki habitat di kawasan hutan Sumatera, warna bulu bagian bawahnya cenderung terlihat lebih pucat. Sedangkan untuk jenis yang memiliki habitat di hutan Kalimantan, bulu pada bagian jambulnya tidak terlalu lebat.

Burung Pleci Tanpa Kacamata Asli Sulawesi

Meskipun terdapat sedikit perbedaan pada bagian tubuh burung jenis ini, namun pada umumnya warna ekor burung Cucak Rumbai Tungging berwarna putih. Jika Anda tertarik untuk memiliki burung jenis ini, pastikan untuk selalu menyiapkan buah-buahan terutama berry karena burung ini sangat menyukainya. Selain itu, makanan lain yang juga digemari oleh burung Cucak Rumbai Tungging ini adalah serangga. Perlu Anda ketahui bahwa eksistensi burung ini khususnya di hutan Indonesia sudah mulai terancam punah.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk selalu menjaga keberadaan burung ini dengan tidak melakukan pembalakan hutan secara liar. Hal ini dikarenakan burung Cucak Rumbai Tungging habitatnya adalah di hutan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here