Burung Kacer Poci Lengkap Beserta Suara Dan Gambarnya

Burung kacer poci merupakan burung penyanyi yang memiliki nama latin Copsychus saularis musicus. Walaupun salah satu jenis dari burung penyanyi, burung kacer yang satu ini juga dikenal sebagai burung petarung dengan suara gacol yang sangat merdu.

Anda dapat mengetahuinya ketika menonton perlombaan burung berkicau, burung kacer ini pasti mampu memenangkan perlombaan tersebut. Selain itu burung kacer yang memiliki dada berwarna putih ini juga mampu untuk melatih kicauan burung jenis lainnya.

Diantara beberapa jenis burung kacer, yang paling terkenal adalah kacer hitam atau kacer jawa. Akan tetapi kacer putih lebih di banggakan karena memiliki suara yang sejernih kristal. akan tetapi jika dari segi ke daya tarungnya kacer poci dinilai lebih baik jika di bandingkan kacer ireng. Hal ini terbukti jika banyak lomba di kelas kacer yang kebanyakan di ikuti oleh kacer poci.

Mungkin karena itulah harga kacer poci bisa dipatok dengan sangat mahal. Selain di Indonesia, kacer poci juga dapat anda temukan di berbagai negara seperti Thailand dan juga Malaysia. Di Indonesia sendiri kacer poci dapat ditemukan di pulau Jawa, pulau Sumatra, pulau Kalimantan, pulau Belitung dan juga pulau Nias.

Di jawa barat kacer poci memiliki nama lain, yaitu kacer priangan. Lain halnya dengan Kalimantan, kacer poci disebut dengan kacer bulan. Mungkin karena bulu di dadanya yang berwarna putih maka disebut sebagai kacer bulan.

Ciri FIsik Kacer Poci

Burung Kacer Poci
Sumber gambar : ig @k.o.sf

Untuk mengenali burung kacer poci sangat mudah. Dada bagian bawah dan juga ekor bawahnya memiliki bulu berwarna putih, selain bagian tersebut bulu lainnya berwarna hitam yang mengkilap. Paruhnya juga berwarna hitam dengan bulu ekor yang panjang dan ujungnya melebar.

Ciri khas kacer poci adalah ketika sedang berkicau, ia akan mengangkat ekornya ke atas. Selain itu yang membuat kacer poci berbeda dengan burung kacer jenis lainnya adalah kacer poci suka dengan udara panas.

Kumpulan Gambar Kacer Poci

Berikut kumpulan gambar burung kacer poci mulai daridewasa sampai anakan .

kacer dewasa

anakan kacer

 

Perawatan Harian

Jika anda tertarik untuk membelinya, anda tidak perlu khawatir terkait perawatannya. Karena merawat kacer poci tidaklah sulit. Mirip dengan perawatan burung jenis lain, anda cukup menjemurnya pada pagi hari kira-kira selama 30 menit. Apabila ingin memandikanya, sediakan keramba atau baskom dalam sangkar burung untuk tempat mandi kacer poci.

Jangan lupa ketika malam hari untuk menutup sangkarnya dengan kain agar terhindar dari gigitan nyamuk dan dinginnya udara malam hari. Perlu diingat, sebaiknya jangan menutup sangkarnya kecuali pada malam hari apalagi jika kacer poci tersebut masih belum dijinakkan.

Jika anda berminat untuk menjadikan burung kacer poci anda sebagai burung juara alias mengikuti berbagai perlombaan, anda bisa melatihnya. Perlu anda ketahui, kacer poci adalah burung yang agresif jadi apabila anda ingin melatihnya, maka anda harus sabar dan juga telaten. Ketika anda berhasil menjinakkannya dan melatihnya dengan baik, kacer poci anda bisa menghasilkan suara gacor.

Pemberian Pakan

Perlu anda ketahui kacer poci merupakan burung pemakan serangga. tentu untuk burung bakalan dan burung yang sudah jadi ada sedikit perbedaan dalam pemberian pakan. untuk kacer poci bakalan akan lebih baik jika diberikan pakan full serangga (ulat balap).

Jika kacer poci terlihat sudah mapan / bisa beradaptasi anda bisa coba mix ulat balap dengan voer yang biasa diberikan untuk kacer (banyak tersedia di toko burung). Berkut beberapa pakan yang bisa anda berikan untuk burung kacer poci anda :

Pakan tambahan yang umum di berikan :

  • Jangkrik
  • Ulat balap
  • Ulat Hongkong

Merek Voer yang sering di jadikan pakan utama kacer poci

  • Ronggolawe
  • Fancy
  • Gold coin

Satu tips untuk menjinakkan kacer poci adalah buat burung dalam kondisi yang lapar, lalu berilah makanan secara langsung dengan menggunakan tangan dengan perlahan-lahan hingga ia terbiasa.

Lama kelamaan kacer poci akan terbiasa dengan anda dan tidak akan stress. Ketika kacer poci tidak bersuara, berarti kacer poci anda sedang merasakan stress, ketika stress sebaiknya kacer poci tidak dipaksa untuk bersuara. Biarkanlah ia berdiam diri terlebih dahulu di tempat yang tenang hingga stressnya menghilang.

Selain itu anda bisa menggunakan suara kacer poci betina untuk memancing suaranya kembali. Bahkan beberapa informasi menyebutkan bahwa kacer poci betina dapat digunakan untuk memasterkan kacer poci jantan sebelum mengikuti lomba. Jadi apabila anda tertarik, anda bisa membeli sepasang kacer poci.

Keyoword : kacer poci mp3, harga kacer poci, poci gacor mp3, kacer poci ngobra, kacer poci betina, download video kacer poci juara, kacer poci gacor perawatan kacer biar gacor terus

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here