Seputar Burung Lovebird Fischeri Green Series

Seputar burung lovebird Fischeri Green Series – Selain Personata, lovebird yang paling banyak dijumpai di pasaran adalah jenis fischeri. Namun tidak dipungkiri pula hadirnya lovebird hybrid hasil persilangan antar kedua spesies lovebird tersebut.

Pada artikel ini, kita akan mengulik terlebih dahulu seputar burung lovebird Fischery Green Series, sedangkan untuk jenis lainnya, tunggu di kesempatan yang lain ya.

Fischeri Green Serie atau yang dikenal pula dengan nama latin Agapornis Fischeri (artinya muka bersih), mempunyai perawakan yang bersih – seperti namanya – mulai dari jidat hingga leher bawah dengan warna merah.

Begitu pula dengan paruhnya, dapat kita lihat dengan jelas pada gambar di bawah ini, yaitu berwarna merah terang.

Sumber: rodrigoaves.blogspot.com

Jenis Fischeri Green Series ini tergolong lovebird favorit bagi para kicau mania. Baik itu yang berasal dari pengoleksi maupun dari penghoby lapangan (kekekan).

Alasannya karena lovebird Fischeri Green Series ini diyakini mempunyai mental tempur yang lebih baik saat di lapangan jika dibandingkan dengan Fischeri Blue Series.

Fischeri Green Series (GS) sendiri terbagi menjadi dua, yaitu:

  1. Fischeri GS grade A dengan ciri-ciri leher hingga dadanya berwarna merah yang langsung terpotong warna hijau.
  2. Fischeri GS grade B dengan ciri-ciri leher merah, disambung dengan gradasi warna merah dan oranye, lalu terpotong oleh warna hijau.

Catatan: Grade di sini adalah petunjuk dari kualitas warnanya saja.

Sifat warna yang dominat pada Fischeri GS ini adalah warna hijau. Artinya, warna ini sangat kuat sekali jika diturunkan pada anakannya.

Terlebih lagi apabila persilangan dilakukan dengan Fischeri Blue Series, maka 85% anakan yang dihasilkan akan berwarna hijau.

Hal ini disebabkan pula karena gen awal dari lovebird adalah membawa warna hijau, hanya saja dengan adanya mutasi dan persilangan (baik secara alami maupun campur tangan manusia), akhirnya lovebird banyak memiliki varian warna dan jenis.

Tentu saja hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi burung peliharaan satu ini.

Keunggulan lain yang dapat kita jumpai dari Fischeri GS adalah kualitas suara maupun karakter fighter yang tidak kalah dasyat dari jenis Dakori.

Lebih spesifik lagi, warna hijau dari Fischeri GS terbagi menjadi 4, yaitu:

Gambar lovebird green series
sumber: indonesianlovebirdfellowship
  1. Green > Adalah warna dasar dari Fischeri liar yang masih hidup bebas di alam Afrika sana. Dari warna inilah muncul mutasi warna hijau yang lain.
  2. D-Green (Jade) > Warna hijau yang mempunyai satu warna penggelap
  3. DD-Green (Olive) > Warna hijau yang mempunyai dua warna penggelap
  4. Misty > Yaitu mutasi warna hijau yang nampak lebih pudar akibat pengurangan Eumelamin. Misty sendiri masih terbagi menjadi dua yaitu SF Misty dan DF Misty.

Untuk lebih jelasnya silahkan dilihat perbedaan waran Green pada tabel di bawah ini.

sumber: lovebirdlover.com

Seputar burung lovebird Green Series ini kami tulis untuk melengkapi referensi Anda mengenai jenis lovebird dan latar belakang pengenalannya.

Terima kasih atas kunjungannya, salam.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here