Burung Pleci Tanpa Kacamata Asli Sulawesi

0

Para pecinta burung pastinya sudah tidak asing lagi dengan jenis Pleci atau biasa disebut dengan istilah kacamata. Disebut dengan istilah seperti itu karena pada dasarnya burung jenis ini memiliki lingkaran putih pada bagian matanya yang sekilas nampak seperti kacamata. Namun khusus untuk burung Pleci yang memiliki habitat di Pulau Sulawesi, jenis ini tidak memiliki lingkaran di sekitar matanya. Ciri-ciri seperti ini tidak ditemukan pada jenis burung lainnya dan membuat burung Pleci asal Sulawesi mudah diidentifikasi.

Selain ciri-ciri tersebut, masih terdapat beberapa hal lainnya yang membuat burung Pleci asal Sulawesi dikatakan berbeda dibandingkan jenis lain. Apa sajakah ciri-ciri tersebut? Berikut ini ulasan selengkapnya untuk Anda. Burung Pleci asal Sulawesi ini memiliki lingkaran hitam pada bagian dahinya namun ukuran lingkaran hitam ini lebih kecil dibandingkan dengan lingkaran hitam yang terdapat pada jenis burung Dahi Hitam. Berdasarkan hal ini maka jenis burung ini masih dikategorikan Pleci dibandingkan Dahi Hitam.

Pleci dahi hitam dari sulawesi
Burung Pleci atau yang lebih dikenal dengan istilah kacamata yang berasal dari Pulau Sulawesi ini memiliki keunikan yang tidak ditemukan pada jenis pleci lain dan membuatnya mudah diidentifikasi.
sumber gambar : www.agrobur.com

Ciri lain yang dimiliki burung ini adalah paruh yang dimiliki cenderung lebih tipis. Hal ini disesuaikan dengan ukuran tubuh pada burung ini yang juga lebih kecil. Untuk warna paruh pada bagian pangkalnya terlihat lebih pucat dibandingkan bagian lain paruhnya. Selain itu, bagian mata burung ini terutama pada bagian irisnya terlihat berwarna kemerahan. Jika Anda perhatikan dengan lebih seksama, burung Pleci asal Sulawesi ini juga memiliki warna vokal yang berbeda dengan burung Pleci jenis lainnya.

Burung Bondol Yang Malang

Ciri selanjutnya yang akan membantu Anda membedakan jenis burung ini adalah warna bulunya. Perlu Anda ketahui, burung Pleci ini memiliki beberapa warna sekaligus, yaitu, abu-abu pada bagian bawah tubuhnya, kuning pada bagian tenggorokannya, dan warna zaitun yang agak pucat pada bagian atas tubuhnya. Itulah beberapa warna bulu yang dimiliki oleh burung Pleci asal Sulawesi. Bagi Anda yang tertarik untuk melihatnya secara langsung, Anda dapat mengunjungi kawasan hutan Mangrove di Sulawesi karena habitat burung di sekitar hutan tersebut.
Sebagai tambahan informasi, burung Pleci yang memiliki habitat di Pulau Sulawesi ini adalah salah satu burung yang spesiesnya terancam punah. Oleh karena itu, untuk menjaga kelestariannya hindarilah perburuan liar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here