Cara Alami Mengobati Burung Murai Batu yang Sakit

0

Beberapa gangguan kesehatan terkadang menghinggapi Burung Murai Batu. Mulai dari nafsu makan yang berkurang, suara menjadi serak, atau bahkan tetelo penyebab kematian.

Masalah pada pakan burung, kurangnya kebersihan hingga cuaca yang ekstrim bisa menjadi penyebab gangguan kesehatan tersebut. Obat-obatan kimia memang banyak di pasaran. Tapi, seringkali obat-obatan tersebut tidak mampu menyembuhkan penyakit, melainkan menyebabkan efek samping.

Herbal alami ternyata dapat membantu mengobati penyakit-penyakit tersebut dan menambah stamina burung. Contohnya bisa Anda baca berikut ini.

Burung Murai Batu yang mengalami gangguan kesehatan dapat disembuhkan dengan pengobatan alami. Selain itu, herbal alami juga dapat menjaga staminanya hingga tidak mudah sakit.

Penanganan Murai Tidak Nafsu Makan

Burung Murai Batu bisa mengalami sakit dengan ciri-ciri tidak nafsu makan, badan burung gemetar, kepala yang mendongak ke belakang, sempoyongan, terjungkal serta tidak bisa bertengger. Selain itu, kotorannya berwarna putih, cair dan lengket. Jika hal itu terjadi, obat alami campuran dari daun pepaya dan binahong dapat dicoba.

Obat untuk burung murai
Obat untuk burung murai

Caranya, daun pepaya dan binahong dicuci, tumbuk lalu diperas dengan diberi air hangat. Kemudian Diteteskan langsung ke paruhnya 4 hingga 5 tetes tiap 4 jam. Kondisi burung pun akan membaik.

Pengobatan Murai Batu Serak

Kencur untuk murai
Kencur untuk murai

Jika masalah yang dialami oleh Burung Murai Batu tersebut adalah serak, cara alami yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan kencur, jahe serta garam dapur. Tiga siung jahe dan kencur serta dua sendok garam dapur direbus menjadi satu dengan air sebanyak dua gelas. Setelah mendidih kemudian angkat lalu ditiriskan. Air rebusan yang sudah dingin kemudian disaring dan diminumkan pada burung. Lakukan pemberian minum ini pada siang hari saja.

Menjaga Stamina dan Kesehatan Burung

Ginseng untuk murai batu
Ginseng untuk murai batu

Saat musim hujan, burung mudah mengalami masalah kesehatan. Untuk menjaga stamina Burung Murai Batu sehingga tidak mudah drop atau terserang penyakit, Anda bisa memberikannya herbal-herbal alami. Jahe, kunyit dan ginseng adalah herbal alami yang dapat menjaga kondisi kesehatan burung.

Pemberiannya bisa dilakukan dengan cara dikeringkan dan diiris kecil-kecil untuk dicampurkan pada pakan burung. Untuk burung pemakan serangga, pemberian herbal ini dapat menggunakan jangkrik sebagai perantara. Dengan menggunakan resep alami ini kesehatan Burung Murai Batu kesayangan Anda tentu akan semakin terjaga. Selamat mencoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here