burungmaster.com

Cara Membedakan Jenis Kelamin Burung Kenari Lizard

Burung Kenari Lizard – Berbeda dengan jenis burung kenari yang lainnya, untuk mengetahui jenis kelamin burung kenari lizard sebenarnya cukup mudah bagi sebagian para pencinta burung kicauan. Anda bisa membedakan antara kenari lizard yang jantan dengan yang betina lewat penampilan dan juga warna bulunya. Identifikasi ini sebenarnya sangat penting, terlebih lagi untuk burung kenari lizard yang hendak Anda kembang biakkan.
Sebenarnya para peternak atau pemilik burung kenari yang ada di mancanegara mempunyai trik-trik yang khusus untuk membedakan mana jenis kelamin betina dan jantan pada burung kenari lizard. Burung kenari lizard memiliki corak bulu unik, layaknya sisik kadal. Anda juga perlu mengetahui bahwa kenari lizard terbagi ke dalam beberapa jenis, contohnya lizard perak, dan lizard emas. Adapun jenis kenari yang lainnya mempunyai nama berdasarkan warna bulunya itu sendiri.
Variasi warna Kenari Lizard
Tips Membedakan Jenis Kelamin Pada Kenari Lizard
Untuk mengenali jenis kelamin pada burung kenari lizard, berdasarkan garis besar sendiri Anda bisa memperhatikan hal-hal di bawah ini:
  • Burung kenari lizard jantan mempunyai bulu-bulu lebih cerah, yang warnanya lebih tegas atau gelap.
  • Burung kenari betina umumnya mempunyai phaeomelanin dan melanin lebih banyak dibandingkan burung kenari lizard jantan, khususnya di bagian dadanya.

Sementara bagi Anda yang penasaran untuk mengetahui jenis kelamin dari kenari lizard perak dan emas, bisa menyimak ulasan di bawah ini!

Ciri-Ciri Kenari Lizard Emas Jantan dan Betina

Untuk mengenal jenis kelamin kenari lizard emas berkelamin jantan dan betina, berikut ini ciri-cirinya:
  1. 1Kenari lizard emas jantan mempunyai warna bulu lebih tegas dan cerah, dimana bagian keseluruhan tepi bulu sendiri berwarna keemasan. Berbeda halnya dengan lizard emas betina mempunyai warna bulu dengan warna keemasan namun cenderung agak kusam. Selain itu, warna bulu di area lehernya pun lebih kusam.
  2. Kenari lizard emas jantan memiliki motif sisik yang lebih sedikit, khususnya di bagian panggul dan dada. Berbeda dengan kenari lizard emas betina yang lebih bervariasi dan jumlahnya lebih banyak.
  3. Penampilan tubuh pada burung jantan terlihat lebih gagah, bentuk bahunya pun terlihat lebih lebar dengan sorot matanya yang tajam dan sikapnya yang agresif. Berbeda dengan penampilan tubuh pada kenari lizard emas betina yang lebih bulat. Tak jarang kenari betina ini terlihat lebih montok dengan memiliki bentuk mata lembut.

Ciri-Ciri Kenari Lizard Perak Jantan Dan Betina

Sementara untuk Anda yang memilih kenari lizard, bisa mengetahui jenis kelaminnya dengan melihat beberapa ciri di bawah ini:
  1. Kenari lizard perak jantan memiliki warna bulu yang lebih tegas dan cerah, khususnya bagian pantat, kepala dan dada. Pada bagian tepi warna bulu terlihat keperakan, dengan kerah di area lehernya yang lebih pudar. Berbeda dengan kenari betina dengan warna bulu sedikit berwarna-warni, khususnya di bagian pantat, dada, dan kepala. Di area mahkota kepala warnanya tampak kusam dan memudar, khususnya di area pangkal paruh.
  2. Kenari lizard perak jantan memiliki corak sisik yang bervariasi, dengan ukuran kecil sampai besar. Berbeda dengan corak sisik pada betina dengan ukuran lebih luas atau besar sampai ke bagian dada.
  3. Penampilan kenari lizard perak jantan lebih kekar dengan ukuran yang lebih besar dan memiliki sorot mata lebih tajam. Berbeda dengan betina yang terlihat gemuk, bulat dan bentuk mata lebih lembut.

Nah, dari ciri-ciri kenari lizard emas, perak dan secara umum di atas tentunya Anda bisa membedakan mana kenari berjenis kelamin jantan dan betina. Dengan begitu, Anda pun bisa lebih mudah melakukan perawatan. Semoga ulasan cara membedakan kenari lizard jantan dan betina di atas bermanfaat!
sumber gambar dan referensi : 
https://omkicau.com/2016/02/13/tips-membedakan-jenis-kelamin-kenari-lizard/
http://3.bp.blogspot.com/-vn_h8p940iU/U9MeQTfyZCI/AAAAAAAAAXQ/RUQRPrO-_5I/s1600/kenari+Lizard+varietas+jenis+warna+usahaternak.jpg
https://kicauan.files.wordpress.com/2016/02/lizard-emas-jantan-betina.jpg?w=620
https://www.burungmaster.com/2016/04/bingung-cara-membedakan-jenis-kelamin.html

Cara Membedakan Jenis Kelamin Burung Kenari Lizard | Burungmaster | 4.5