Cara Memilih Bakalan Burung Murai Batu Berkualitas Unggul

Burung Murai Batu adalah burung berkicau yang popular di Indonesia. Burung dengan nama latin Copsychus malabaricus ini memiliki ekor panjang dan bentuk yang indah. Ada beberapa jenis Burung Murai Batu yang ditemui di Indonesia, diantaranya Murai batu Borneo, Nias, Medan, Aceh dan lampung.

Bagi penggemar burung berkicau, memiliki bakalan berkualitas unggul akan sangat menguntungkan. Cara memilih bakalan ini memang harus teliti dan memenuhi beberapa persyaratan. Adapun persyaratan bakalan Burung Murai Batu unggul bisa Anda lihat dalam artikel ini.

Gambar burung murai batu
Gambar burung murai batu

Saat memilih bakalan Burung Murai Batu, perhatikanlah matanya. Jangan membeli burung yang matanya mulai katarak, karena dapat segera mengalami kebutaan. Selain itu, mata bakalan burung ini juga harus bulat besar serta melotot. Murai Batu dengan mata seperti ini, beserta kepala berbentuk kotak adalah burung yang berani bertarung.

Perhatikan Leher Burung Murai Batu

Bentuk Leher murai batu
Bentuk Leher murai batu

Leher dibawah kepala burung berperan penting dalam berkicau. Pilihlah burung dengan leher yang panjang serta penuh berisi. Power suaranya pasti akan maksimal.

Perhatikan Bulu dan Ekor Murai Batu

EKor murai batu
EKor murai batu

Ketika memilih bakalan Burung Murai Batu, jangan memilih burung yang tidak memiliki ekor. Pilihlah burung dengan ekor agak lentur, rapat tetapi jangan yang terlalu tebal. Dengan begitu, kecantikan burung ini akan semakin terlihat. Panjang ekor yang baik adalah yang sesuai dengan bentuk badan.

Untuk bulu dada, burung dengan bulu dada berwarna kekuningan akan lebih cepat berkicau dari pada Murai Batu pada umumnya yang warna bulu dadanya coklat.

Perhatikan Bentuk Fisiknya

Burung murai gacor
Burung murai gacor

Untuk mengetahui usia Burung Murai Batu, perhatikanlah sayap luar maupun dalamnya. Burung muda akan memiliki bulu berbintik warna coklat pada bagian tersebut. Murai batu yang baik adalah yang memiliki paruh berpangkal lebar, besar, panjang dan tebal.

Lubang hidung sebaiknya berada dekat dengan mata. Jangan membeli burung dengan paruh yang bengkok. Untuk postur badan, bakalan dengan tubuh sedang, serta panjang badan, leher, ekor dan kaki yang proporsional adalah burung yang baik.

Ketiga poin diatas adalah cara memilih bakalan Burung Murai Batu berkualitas unggul. Semoga dapat memberi manfaat bagi Anda yang sedang membudidayakan atau sekedar memelihara burung murai batu.
Description: Untuk mendapatkan bakalan Burung Murai Batu yang berkualitas unggul, perhatikan mata, kepala, leher, ekor, bulu dada, usia, paruh, lubang hidung dan postur badan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here