Cara Memilih Voer yang Cocok Untuk Burung Murai batu

0

Memilih voer bagi Burung Murai batu kesayangan ternyata gampang-gampang sulit. Voer yang menurut kita bagus dan baik belum tentu cocok dengan Burung tersebut. Burung Murai batu memang sangat peka terhadap voer yang diberikan. Jika kita salah memilih, bisa timbul masalah yang merepotkan.

Jadi, bagaimana memilih voer yang cocok dan baik untuk Burung Murai Batu? Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda gunakan.

1. Memberikan beberapa jenis voer

Voer untuk burung
Voer untuk burung

Untuk mengetahui voer yang cocok dengan Murai Batu kita, cobalah menempatkan beberapa merk voer didalam mangkok yang berbeda-beda, kemudian berikan secara bersamaan. Voer yang habis lebih dulu merupakan voer yang digemari dan paling cocok dengan burung tersebut. Jika ada mangkok yang diacak-acak, kemungkinan voer dalam mangkok tersebut palsu atau tiruan. Jangan mengganti jenis voer ketika Burung mengalami dorong ekor. Gangguan metabolisme yang terjadi akibat perubahan ini akan menyebabkan burung mabung kembali untuk waktu yang singkat.

2. Perhatikan nutrisi merek voer

Informasi nutrisi pada makanan
Informasi nutrisi pada makanan

Perhatikan daftar kandungan nutrisi voer pada kemasan. Voer harus mengandung protein, karbohidrat, lemak, mineral, vitamin serta asam amino dengan jumlah yang bisa dilihat pada kemasan. Jika voer tersebut memiliki nutrisi tinggi, jangan memberikan extra food (EF) dengan jumlah banyak, karena burung akan menjadi gemuk serta lamban. Sebaliknya, jika kemasan menunjukkan voer tersebut memiliki nutrisi rendah, pemberian EF bisa ditingkatkan. EF adalah pakan tambahan dengan protein ekstra, baik berupa kroto, jangkrik dan sejenisnya, biasanya informasi mengenai kandungan nutrisi yang ada dalam pakan terdapat di bagian belakang.

3. Pilih voer rendah lemak

Gambar Makanan penuh lemak
Gambar Makanan penuh lemak

Burung yang kurus, kerdil, enggan berkicau, bulu gampang rusak atau murung atau mencabuti bulunya, bisa jadi burung tersebut kekurangan nutrisi protein. Jika Murai batu gampang mencret, tidak mau berkicau atau badannya semakin gemuk, bisa jadi voer yang kita berikan kandungan lemaknya terlalu banyak.

Dan bila bulu burung tersebut kusam dengan tulang yang lembek, hal tersebut bisa disebabkan kurangnya vitamin atau mineral yang dikonsumsi.Memelihara Burung Murai Batu memang membutuhkan perhatian ekstra agar burung tumbuh baik dan sehat. Karenanya, memilih voer yang cocok dengan burung harus bisa dilakukan oleh pemilik burung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here