Cara Mengatasi Burung Lovebird Ngeruji Ala Om Sigit WMP

Om Sigit WMP Klaten adalah pemilik burung Lovebird Kusumo yang sangat fenomenal. Om Sigit memiliki cara tersendiri dalam mengatasi burung Lovebird yang ngeruji. Jika Anda mengalami masalah tersebut, cobalah menggunakan cara yang dilakukan Om Sigit.

Burung Lovebird yang ngeruji dapat disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya yaitu karena umur. Jika umumnya masih kurang dari 5 bulan maka ada kemungkinan burung Lovebird ngeruji. Selain itu, kebiasaan di dalam sangkar sejak kecil dan memiliki birahi yang berlebihan juga dapat menyebabkan burung Lovebird ngeruji.

Tidak hanya itu, burung Lovebird yang dipaksa untuk mengikuti perlombaan secara terus-menerus juga bisa saja ngeruji. Menurut Om Sigit, terapi pakan dan perawatan khusus dapat membantu mengatasi masalah tersebut. Untuk tindakan lengkapnya, berikut ini ada rincian bagaimana Om Sigit merawat burung Lovebird agar tidak ngeruji. Antara lain yaitu:

Kumpulan lovebird

Untuk mengatasi burung Lovebird yang ngeruji perlu dilakukan perawatan ekstra. Burung sebaiknya tidak dijemur setelah dimandikan selama 1 hingga 2 minggu.

Beri milet

Gambar milet untu lovebird
Gambar milet untu lovebird

Untuk sementara saja, berikan burung Lovebird Anda berupa milet putih saja. Lakukan cara ini selama 1 sampai 2 minggu, setelah itu berikan pakan lain seperti jagung. Pemberian jagung dapat dilakukan sekali dalam seminggu, jangan setiap hari.

Beri timun

Mentimun untuk lovebird
Mentimun untuk lovebird

Anda juga dapat memberikan burung Lovebird timun, berikan sebanyak 2 sampai 3 kali dalam seminggu. Cara ini jangan dipaksakan karena tidak semua burung Lovebird menyukai timun. Jika burung tidak terbiasa dengan timun maka tidak perlu dipaksa.

Mandikan dan Jemur Burung Lovebird

Memandikan burung lovebird
Memandikan burung lovebird

Mandikan burung Lovebird secara rutin di pagi hari sampai basah kuyup. Setelah dimandikan tidak perlu dijemur dulu tetapi hanya diangin-anginkan saja. Lakukan cara ini selama kurang lebih 1 sampai 2 minggu.

Setelah 1 sampai 2 minggu melakukan pemandian tanpa penjemuran, Anda dapat menjemur burung Lovebird Anda. Namun sebaiknya jangan langsung setelah dimandikan, diangin-anginkan terlebih dahulu sampai bulunya kering. Penjemuran juga sebaiknya dilakukan 10 menit saja di hari pertama. Untuk hari-hari berikutnya dapat ditambah 5 menit setiap harinya. Jadi di hari kedua penjemuran dilakukan 15 menit, di hari ketiga 20 menit dan seterusnya.

Pengerodongan

Pengrodongan burung lovebird
Pengrodongan burung lovebird

Di siang hari, burung jangan dikerodong dan akan lebih baik jika diletakkan di tempat yang teduh. Setelah sore hari, sekitar jam 6 sore Anda dapat menyemprot bagian dada burung agar sedikit basah. Tidak perlu sampai basah kuyup dan setelah itu angin-anginkan selama 5 menit. Selanjutnya tutup kerodong kandangnya dan biarkan burung istirahat, tidak perlu diletakkan di dekat burung master di malam hari.

Burung Lovebird yang ngeruji sebaiknya tidak didekatkan dengan burung sejenis di siang hari. Jangan sampai melihatnya, namun jika hanya mendengar suaranya saja tidak apa-apa. Demikian cara mengatasi burung ngeruji ala Om Sigit WMP Klaten sebagai maestro burung Lovebird.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here