Cara Mengatasi Pentet Manja

0

Burung pentet / cendet pada dasarnya memiliki sifat agresif dan cenderung galak maka dari itu tidak jarang kita temui di arena lomba burung sebagai salah satu burung petarung yang bagus.

Namun apa yang terjadi bila burung cendet atau pentet yang anda miliki yang tadinya agresif dan galak lambat laun menjadi burung cendet yang manja dan tidak seperti biasanya, burung cendet yang manja biasanya saat di dekati akan mengelurakan suara ngiek.. . .ngiek . . ngeik seperti saat burung masih anakan.

Burung cendet manja atau miyik
Burung cendet manja atau miyik

Nah terus bagaimana mengembalikan sifat asli dari burung cendet / pentet yang menjadi manja tersebut ?, nah perlu anda ketahui juga beberapa penyebab kenapa burung cendet bisa menjadi burung yang manja :

  1. Kekurangan nutrisi : burung cendet / pentet yang kekurangan nutrisi biasanya akan menjadi burung yang sangat rakus, burung cendet yang seperti ini walaupun anda kasih jangkrik berapapun burung cendet akan tetap merasa kekurangan, nah untuk solusinya adalah anda bisa meningkatkan pemberian porsi jangkrik secara konsisten sampai burung cendet normal kembali, perbaiki kualitas jangkrik yang anda berikan
  2. Terlalu sering memberikan jangkrik secara langsung, dengan demikian burung akan menjadi malas / manja, saran saya : coba dalam pemberian jangkrik ke burung cendet dengan cara di lempar.
  3. Terlalu sering menggoda burung agar berkicau, contoh dengan cetetan / tepuk tanggan agar burung berkicau / memberikan reaksi, saran jika anda sering melakukan hal tersebut coba dikurangi lagi

nah itu tadi beberapa penyebab yang dapat menyebabkan burung cendet menjadi manja, nah terus bagaimana cara menangani burung cendet yang sudah terlanjur menjadi manja ? ni saya kasih tips nya :

  1. Jangan Memanjakan burung cendet : misal kalo burung cendet yang kita dekati tiba-tiba menjadi yah katakanlah manja langsung semprot pake air, agar hal tersebut tidak menjadi kebiasaan.
  2. kemudian krodong burung cendet dan letakan di tempat yang agak jauh dari keramaian orang.
  3. kemudian lakukan tips-tips di atas.

untuk tips dalam perawatan burung cendet bisa anda baca disini sebenarnya burung cendet manja itu dipengaruhi oleh bagaimana cara kita merawat dan memelihara burung cendet setiap harinya agar burung cendet tidak menjadi manja dan perlu di inggat om, burung cendet adalah Burung Predator.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here