Cara Menghilangkan Sisik / Medang Pada Burung

0

Pernahkan anda memiliki burung yang kakinya bersisik / medang, dan di postingan kali burungmaster akan membahas tentang cara menghilangkan Sisik / Medang Pada Burung , bukan hanya pada burung yang sudah tua saja yang biasanya medang / bersisik pada kakinya, burung muda pun sebenarnya juga bisa memiliki sisik / medang di kakinya.

salah satu penyebab medan pada burung yang perlu anda ketahui adalah faktor kebersihan kandang, ya memang kandang yang kotor memang bisa menjadi salah satu sumber penyakit untuk burung kicauan anda, medang / sisik pada burung kicauan bisa di tularkan lewat tangkringan bekas yang pernah di pakai oleh burung yang memiliki sisik di kakinya.

jika tangkringan bekas tersebut belum di bersihkan ataupun tidak diganti besar kemungkinan beberapa bulan kemudian burung baru yang menggunakan tangkringan tersebut bisa jadi tertular dan mulai terlihat sisiknya / medang pada kaki burung tersebut.

Kaki burung
Kaki burung

Bagaimana jika burung yang anda miliki sudah memiliki sisik / medang di kakinya sehingga tidak terlihat halus lagi, salah satu cara yang umum di lakukan adalah dengan cara mengobati kaki burung tersebut, hal pertama yang bisa anda lakukan adalah membersihkan kaki burung (sisik putih yang menempel di kaki burung tersebut ) mengunakan minyak kayu putih.

Kerak pada burung kacer

Akan tetapi dalam membersihkan kaki burung tersebut ada hal yang perlu anda perhatikan yakni jangan sampai melukai kaki burung kicauan anda apalagi sampai keluar darah atau munculnya lecet pada kaki burung tersebut.
selain hal di atas ada beberapa cara / alternatif untuk membersihkan kerak pada kaki burung diantaranya :

  • menyemprot dengan air garam
  • mengolesi dengan kapur sirih
  • mengelet dengan benar kaki medang kacer

kemudian bersihkan dengan menggunakan kapas / tisu untuk membersihkan sisa-sisa sisik yang tertempel di kaki burung. setelah itu jangan lupa untuk senantiasa membersihkan kandang dan juga memandikan burung secara rutin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here