Cara Meningkatkan Durasi Ngekek Lovebird Mudah dan Sederhana

Cara Meningkatkan Durasi Ngekek Lovebird – Burung lovebird memang identik dengan kemampuannya untuk mengeluarkan suara kekek yang indah. Tidak sedikit para pemilik lovebird yang bersusah payah merawat burungnya agar bisa mengeluarkan suara kekek dengan durasi yang panjang. Simak artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut cara meningkatkan durasi ngekek lovebird Anda.

Meningkatkan durasi ngekek lovebird

Contoh kandang umbaran lovebird
Contoh kandang umbaran lovebird

Melatih Stamina Di Dalam Kandang Umbaran

Metode pertama yang bisa digunakan sebagai cara meningkatkan durasi ngekek lovebird adalah menempatkan lovebird pada kandang umbaran. Memang terdengar sepele, tetapi dengan menempatkan lovebird pada kandang yang luas membuat lovebird tersebut menjadi bisa lebih leluasa bergerak, sekaligus melatih stamina lovebird.

Hal yang perlu diperhatikan adalah jangan terlalu sering memindahkan burung pada kandang umbaran. Selain untuk mencegah burung yang kelelahan, metode ini juga bisa menimbulkan efek rasa malas pada lovebird Anda. Untuk hasil terbaiknya, lakukan juga mastering pada saat burung sedang berada di umbaran.

Apabila Anda tidak memiliki kandang umbaran, metode ini masih bisa digunakan dengan melepaskan burung pada kamar. Biarkan lovebird terbang leluasa, karena cara ini juga terbukti ampuh untuk menghilangkan rasa bosan apabila terlalu lama berada di dalam kandang.

Lovebird  Berenang ?

lovebird berenang
Cara agar lovebird ngekek panjang yang kedua : lovebird berenang

Salah satu cara meningkatkan durasi ngekek lovebird yang sedang populer digunakan saat ini adalah melatih burung untuk berenang. Meskipun terdengar sedikit aneh untuk menyuruh seekor burung berenang, namun metode ini sudah beberapa kali di terapkan oleh penghobi burung di indonesia

Bagaimana caranya ?

Pertama isilah baskom atau wadah kecil menggunakan air dengan jumlah yang tidak terlalu banyak. Cukup isi air sampai merendam badan burung. Masukkanlah lovebird secara perlahan agar tidak kaget, dan biarkanlah berenang selama sekitar lima menit. Segera angkat dan jemur burung hingga kering apabila sudah selesai berenang. Perlu diperhatikan bahwa cara yang ekstrim seperti ini memiliki dampak yang buruk apabila Anda salah dalam melakukannya. Dampak buruknya adalah air bisa masuk ke dalam rongga mulut dan hidung yang bisa membuat lovebird Anda menjadi sakit dan tidak bisa tampil secara optimal, selain itu jika anda tidak hati-hati burung lovebird bisa saja lepas dan terbang entah kemana ?

Menggunakan Terapi Semprot

Metode yang paling aman sebagai cara meningkatkan durasi ngekek lovebird adalah menggunakan terapi semprot. Pada pukul enam pagi, mandikanlah lovebird dengan cara menyemprotnya menggunakan hand spray dan jemurlah hingga pukul sepuluh pagi. Lanjutkan untuk menyemprot kembali lovebird pada siang hari dan kembali jemur hingga pukul 12 siang. Pindahkanlah lovebird ke tempat yang teduh dan istirahatkanlah sampai sore hari agar siap untuk dimaster kembali.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukanlah metode ini secara rutin setiap harinya. Hindari menjemur burung terlalu lama sebab hal ini dapat menyebabkan bulu mengalami kerontokan dan lovebird mengalami kelelahan, sehingga tidak bisa fokus untuk melakukan master.

Memberikan Pasangan Bagi Burung

Cara meningkatkan durasi ngekek lovebird lainnya adalah memberikan pasangan bagi burung lovebird yang Anda miliki. Selain untuk mencegah burung merasakan kesepian, cara ini terbukti ampuh untuk memperpanjang durasi kekek. Pasangkan burung saat sudah berusia di atas enam bulan, agar tidak terlalu muda dan akan menyebabkan lovebird menjadi malas berkekek. Pisahkan kembali lovebird saat Anda hendak memulai perlombaan. Hal ini dilakukan agar burung dapat mengeluarkan kekek panjang untuk memanggil kembali pasangannya.

Dengan mengikuti penjelasan cara meningkatkan durasi ngekek lovebird secara rutin, maka lovebird bisa menghasilkan suara kekek lebih panjang dan tidak putus-putus. Satu hal yang perlu Anda pahami, lakukanlah dengan benar dan penuh kasih sayang. Selamat mencoba!

Penting

  • Cara di atas tidak menjamin 100% lovebird anda akan jadi ngekek panjang setelah mencoba cara di atas
  • Anda wajib berhati-hati agar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here