burungmaster.com

Cendet Tidak Mau Berbunyi Sesaat Setelah Dibeli? Berikut Solusinya

Cendet Macet Bunyi – Bagi para pecinta burung, memiliki banyak koleksi burung tentu menjadi hal yang lumrah. Apalagi jika burung yang dimiliki memiliki kicauan yang merdu, pastinya membuat orang yang memilikinya merasa senang. Untuk jenisnya sendiri sangat bervariasi, terlebih lagi untuk jenis burung yang mempunyai kicauan merdu. Salah satu jenis burung kicauan yang banyak dipelihara oleh pecinta burung yaitu cendet. 
Kicauan yang nyaring dan gaya kicauan yang sangat elegan menjadi faktor mengapa burung cendet atau pentet ini menjadi burung yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Namun, terkadang orang banyak menemui masalah saat baru memelihara burung cendet ini. Salah satunya yaitu burung cendet ini mogok untuk berkicau. Bagaimana cara mengatasi masalah burung cendet ini? Berikut beberapa tips pencegahannya.

Kumpulan Gambar burung Cendet
image source : tips-panduan-lengkap.blogspot.com
Trik pertama yaitu jangan sekali-kali membawa burung cendet sesaat setelah dibeli dengan memakai kantong semen. Namun, disarankan memakai sangkar yang ditutupi dengan kerodong hingga menutup semua bagiannya. Hal ini dilakukan agar burung cendet tidak mengalami stress saat dibawa pulang. Cendet merupakan salah satu jenis burung yang bisa dibilang lama untuk bisa beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Oleh karena itu, sebaiknya jangan terburu-buru menggabungkannya dengan burung-burung yang lain. Tetapi lebih baik jika burung ini digantung di tempat terpisah yang sepi hingga burung ini telah beradaptasi. Saat baru memberi pakan burung cendet untuk pertama kalinya, selalu gunakan wadah makanan yang terpisah. Jangan sekali-kali memberi makan melalui tangan Anda. Karena memang hal ini dikhawatirkan akan membuat manja burung cendet Anda.
Waktu untuk mengkerodongi sangkar burung cendet juga harus dilakukan dalam tempo yang cukup lama. Bisa sampai dua hari, tetapi jika burung cendet mempunyai mental yang kurang baik karena masih dalam tahap setengah jadi maka pengkerodongan sangkarnya dilakukan hingga ia mau untuk berkicau. Saat burung cendet Anda sudah mulai bisa beradaptasi dengan baik, bisa Anda pindahkan dan gabungkan dengan teman burung peliharaan yang lainnya. Cara untuk membuat cendet menghasilkan bunyi yang merdu juga ada triknya sendiri sebenarnya.

Baca juga :  Download Suara Cendet / Pentet Gacor Gratis

Cara pertama yang harus dilakukan agar cendet selalu rajin untuk berkicau yaitu dengan selalu memperhatikan perawatannya. Ini bisa dilakukan dengan menerapkan jenis perawatan yang sama dengan perawatan yang diberikan oleh pemilik cendet sebelumnya. Sedangkan untuk menambah variasi bunyi suara yang akan dihasilkannya yaitu bisa dengan menggunakan burung masteran. Misalnya seperti kenari, blackthroat dan lain-lain. Usahakan untuk meletakkan kedua burung tersebut tidak saling berdekatan agar burung cebdet Anda bisa mengenali suara burung masteran dengan baik. Namun, jika tidak memungkinkan untuk memakai burung masteran maka Anda bisa menggunakan rekaman burung dalam bentuk mp3. Itulah sedikit trik dalam mengatasi burung cendet yang tidak mau bersuara.
Cendet Tidak Mau Berbunyi Sesaat Setelah Dibeli? Berikut Solusinya | Burungmaster | 4.5