Ciri Burung Kacer Berkualitas Bagus

0

Anda penggemar burung kacer ? Tentunya ingin memiliki koleksi burung ini dalam jumlah yang banyak. Karena kicauannya terkenal sangat merdu.

Agar anda tidak salah ketika pemilihan burung ini, pastinya anda harus teliti agar mendapatkan kualitas yang tinggi. Lalu apa saja kriteria yang bisa anda jadikan pedoman dalam pemilihan burung atau bakalan kacer yang terbaik?

Gambar burung kacer poci bagus
Gambar burung kacer poci bagus

Perhatikan jenis kelaminnya

Bila anda tertarik dengan kicauan kacer, maka anda harus memilih yang berjenis kelamin jantan. Karena kacer jantan memiliki suara yang bagus, selain itu mempunyai bulu hitam yang mengkilap. Pilih juga kacer yang berleher  panjang dan berisi.

Kacer jantan dengan kriteria tersebut dipercaya memiliki kekuatan suara yang lebih baik, nah jika anda masih bingung dalam membedakan burung kacer jantan dan betina anda bisa membacanya di artikel sebelumnya mengenai Membedakan burung kacer jantan dan betina.

Perhatikan bentuk paruh

Bentuk paruh kacer terbaik adalah memiliki paruh dengan pangkal lebar, besar dan panjang. Sangat disarankan untuk memilih kacer yang memiliki lubang hidung yang berdekatan dengan matanya. Sangat tidak disarankan memilih kacer yang memiliki paruh bengkok. Karena pada umumnya kicauan yang ditampilkan tidak begitu bagus.

Perhatikan bentuk kepala

Jika anda menginginkan kacer yang kicauannya bagus dan siap untuk ditarungkan, maka perhatikan sisi mata dan kepalanya. Kacer terbaik memiliki kepala kotak, mata bundar, besar dan terlihat melotot. Tampilan fisik di areal kepala ini sangat penting anda cermati.

Perhatikan bentuk tubuhnya

Jika anda mencari bakalan kacer, maka pilihlah bentuk tubuh yang tidak begitu besar dan juga tidak begitu kecil. Pada bagian ekor, kaki dan leher harus memiliki bentuk yang proporsional sehingga terlihat serasi. Sangat tidak disarankan untuk memilih kacer yang tubuh dan lehernya pendek.

Perhatikan kaki dan sayapnya
Bila anda sedang mencari bakalan kacer yang sehat, maka pilihlah burung dengan sayap mengepit rapat dan kakinya terlihat kokoh dengan cengkeraman yang kuat. Jangan menggunakan patokan warna kaki dalam pemilihan kacer terbaik. Lebih baik anda memilih bakalan kacer yang memiliki kaki besar dan kering.

Bakalan kacer yang terlihat lincah atau mempunyai sifat aktif merupakan bakalan kacer yang sehat dan memiliki mental bagus. untuk artikel yang lebih lengkap mengenai ciri burung kacer yang bagus secara fisik anda bisa membacanya di artikel yang sebelumnya mengenai ciri burung kacer jantan yang bagus

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here