burungmaster.com

Temukan Beragam Informasi
Seputar Burung Kicauan Disini

Ganguan Pernapasan Pada Burung

Burung | Ganguan Pernapasan pada burung , setiap burung yang anda miliki pastilah pernah kena penyakit benar kan ?, penyakit penyakit pada burung pada umumnya di timbulkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah yang di sebabkan oleh anda sendiri selaku pemilik burung dan juga dikarenakan oleh faktor lain, beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam memelihara burung adalah :

  • Kebersihan kandang,  faktor yang ini memang sangat sangat lah penting dan harus anda perhatikan, dengan bersihnya kandang burung insyaallah persentase burung sehat akan lebih besar jika di bandingkan dengan burung yang kandangnya jarang di bersihkan, kenapa ? ni ane kasih contoh : jika anda manusia dan saya asumsikan anda adalah burung yang hidup di sangkar dengan kandang yang bersih bagaimana menurut anda ? anda merasa nyaman ? tapi jika anda saya taruh / letakan di kandang yang jarang saya bersihkan yang dimana banyak kotoran-kotoran berserakan di bawah anda dan bau khas yang anda cium setiap hari ? anda merasa nyaman kah ?, itu baru ketidak nyamanan yang di timbulkan dari kandang yang tidak bersih, belum lagi berbagai penyakit yang di timbulkan olehnya seperti jamur dan bakteri dan sejenisnya
  • Ukuran kandang, pilihlah kandang yang kira kira tidak terlalu besar / terlalu kecil, agar burung bisa bergerak dan bisa lebih sehat
  • pakan, pilihlah pakan yang memiliki kualitas bagus dan ushakan ikuti aturan pakainya
  • EF berikan EF secara teratur dan rutin, usahakan beri EF yang berkualitas.
perhatikan hal-hal di atas dengan seksama, dan kita kembali ke topik utama Gangguan Pernapasan Pada Burung, Kebanyakan burung memang agak rentan terkena penyakit salah satunya adalah gangguan pernapasan yang biasanya di karenakan adanya infeksi pada saluran pernapasan dikarenakan oleh E. Coli dan virus sejenisnya yang sering disebut dengan nama CRD,

Gangguan Pernapasan Pada Burung

salah satu penyakit pada burung  ini jika sudah parah penyakit ini sangat susah untuk di sembuhkan dan bisa berujung pada kematian beberapa gejala yang di timbulkan oleh penyakit ini adalah burung sering bersin-bersin pada malam hari, kemudian burung ngorok burung terlihat kurang agresif (kurang aktif) seperti biasanya, untuk solusinya maaf ni ane belum nemu solusinya, tapi ada beberapa hal yang bisa anda lakukan diataranya :

  • Burung  yang terinfeksi penyakit pernapasan segera diisolasi di kandang tersendiri dan diobati agar tidak menular kepada burung-burung  yang lain.
  • Sangkar, tempat makan, dan tempat minum selalu dikontrol dan semua kotoran yang terdapat di dalam sangkar ataupun di dalam wadah makanan/minuman selalu dibersihkan.
  • Makanan yang akan diberikan dicuci bersih dan dikeringkan untuk menghilangkan kemungkinan adanya residu pestisida pertanian yang membahayakan kesehatan burung.
  • Minuman yang kotor segera diganti dengan air yang bersih, segar, sehat, dan tidak mengandung bahan-bahan beracun yang membahayakan kesehatan burung. Air untuk minum direbus terlebih dahulu hingga mendidih untuk membunuh semua jenis bibit penyakit yang terdapat di dalamnya.
pesan dari ane, ni agar burung tidak murah terserang penyakit : rawatlah burung anda dengan  sunguh sunguh ! sekian untuk artukel :  Gangguan Pernapasan Pada Burung
Ganguan Pernapasan Pada Burung | Burungmaster | 4.5