burungmaster.com

Kisaran Harga Burung Kenari Import Tahun 2018

Harga Burung Kenari di Indonesia sering kali mengalami pelonjakan karena kenaikan permintaan terhadap burung kenari juga semakin tinggi. Terutama untuk jenis burung kenari yang diimpor dari luar harganya bisa lebih tinggi lagi. Burung kenari ini memang termasuk burung yang populer di kalangan pecinta burung, pasalnya burung kenari adalah burung yang sangat suka berkicau sehingga hal tersebut bisa menguntungkan pada saat pemiliknya mengikutkan burung kenari tersebut pada sebuah perlombaan. Burung memang adalah hewan yang sangat indah, tidak hanya kicauannya tetapi warna bulunya juga menarik perhatian.

Begitu juga dengan burung kenari, ia tidak hanya dapat berkicau dengan merdu melainkan, warna bulunya juga bagus, apalagi jika dirawat dengan baik. Namun dalam perawatan burung kenari, biasanya si pemilik harus bisa telaten dalam merawat burung kenari terutama saat cuaca sedang buruk. Ya, cuaca alam yang buruk memang dapat mempengaruhi kesehatan dan performa burung kenari. Pada saat cuaca buruk, biasanya burung kenari akan mudah sakit, lemas dan tidak sering berkicau. Oleh karena itu, perawatannya juga harus lebih diperhatikan. Pada bagian itulah kesulitan perawatan burung kenari muncul.

Namun jika Anda melewati cuaca yang buruk dengan baik dan burung kenari Anda tetap sehat maka untuk seterusnya burung kenari Anda akan lebih baik lagi performanya. Memang bisa dikatakan lonjakan Harga dari Burung Kenari ini tidak terlalu mencengangkan, hanya terjadi sedikit perubahan. Untuk jenis burung kenari lokal, harganya masih murah, namun memang untuk jenis burung kenari yang diimpor harganya bisa mencapai jutaan rupiah. Burung kenari juga memiliki berbagai jenis yang setiap jenisnya itu memiliki keunggulannya masing-masing dan oleh karena keunggulannya itu harga burung kenari pun berbeda-beda.

Orang-orang yang hobi memelihara burung kenari, biasanya tidak begitu peduli dengan naiknya Harga dari Burung Kenari ini. Lagipula seperti yang sudah dikatakan bahwa lonjakan Harga dari Burung Kenari ini tidak begitu tinggi. Burung kenari memang memiliki bentuk tubuh yang tidak besar, namun karena kemungilannya inilah burung kenari semakin indah dan banyak penggemarnya. Untuk Anda yang tertarik dengan burung kenari, maka Anda tentunya perlu tahu tentang beberapa varietas burung kenari agar bisa memilih dengan baik.

Sekilas Tentang Ragam Kenari

Burung kenari memang pada awalnya ditemukan di pulau Canary dan dekat dengan laut Afrika sebelah timur. Sebenarnya, kenari tidak sepenuhnya berasal dari pulau tersebut. Pada suatu ketikan, ada sebuah kapal yang membawa banyak sekali burung kenari berlayar ke dekat pulau tersebut, namun terjadi musibah dan kapal itu akan karam, demi menyelamatkan burung-burung kenari yang terjebak di dalam sangkar di dalam kapal, seorang awak kapal lalu melepaskan burung itu. Akhirnya burung-burung kenari yang dilepaskan itu menemukan jalan ke pulau tersebut dan menemukan makanan serta habitat yang cocok di pulau itu. Sehingga kemudian dikenal bahwa burung kenari memang berasal dari Pulau Canary.

Varietas burung kenari pada umumnya terdiri dari 5 varietas yakni :

  1. varietas lagu atau song variety
  2. varietas kenari warna
  3. varietas kenari postur / canary of posture variety
  4. kenari hybrid

Carietas lagu atau song variety

Varietas pertama disebut dengan varietas lagu atau song variety, burung kenari yang termasuk ke dalam varietas lagu, memiliki suara yang merdu dan pandai sekali berkicau. Burung kenari yang termasuk varietas lagu biasanya dikelompokkan hanya berdasarkan pada kicauannya yang merdu saja dan tidak melihat lagi keindahan warna bulunya. Terutama ketika cuaca sedang cerah maka burung kenari ini akan semakin berkicau dengan indahnya. Orang-orang yang hobi memelihara burung kenari biasanya sangat puas dengan keunggulan dari burung kenari varietas lagu yang pandai bernyanyi ini.

Colour bred variety

Varietas kedua dari burung kenari disebut dengan varietas kenari warna atau yang dalam bahasa asing disebut dengan colour bred variety. Varietas burung kenari ini biasanya merupakan hasil perkawinan antara burung kenari yang satu dengan yang lain yang memang disengaja guna mendapatkan keturunan burung kenari dengan warna yang lebih indah. Biasanya untuk mendapatkan burung kenari dengan varietas seperti ini, orang yang mengembangbiakkan burung kenari ini akan mengesampingkan keindahan kicauan dari burung kenari tersebut dan hanya berfokus untuk mendapatkan warna burung kenari yang paling indah. Burung kenari semacam ini lebih bagus dilihat dan dinikmati keindahan bulunya daripada didengarkan nyanyiannya.

Canary of posture variety

Varietas ketiga dari burung kenari dikenal dengan varietas kenari postur atau yang juga disebut dengan canary of posture variety. Dalam mengembangbiakkan jeni varietas kenari yang satu ini, pemelihara hanya sedikit memperhatikan masalah keindahan bulunya dan juga tidak terlalu memperhatikan masalah keindahan kicauannya. Artinya dalam mengembangbiakkan burung kenari, si pemilik tidak begitu memaksakan perkembangbiakkannya dan melihat perkembangannya secara alami saja. Ini justru bisa lebih baik bagi kesehatan burung kenari itu sendiri. Namun jenis varietas burung kenari ini tidak begitu mahal dalam hal Harga Burung Kenari. Karena biasanya memang keindahan bulu dan kicauannya hanya dalam batas rata-rata saja.

Kenari hybrid

Varietas burung kenari yang keempat adalah burung kenari hybrid yang merupakan hasil perkawinan silang antara burung kenari dengan jenis burung kenari finch lainnya yang menghasilkan burung kenari dengan keunggulan yang berbeda-beda. Entah itu misalnya burung kenari lokal dengan burung kenari impor.

Varietas kelima dari burung kenari adalah varietas yang dikembangbiakkan dari perkawinan silang antara dua varietas dari kelima varietas burung kenari sehingga bisa menghasilkan jenis burung kenari baru yang unik dan memiliki keunggulan yang belum pernah terlihat sebelumnya. Burung kenari dalam varietas ini hanya dikembangbiakkan sesuai dengan keinginan dari pemiliknya.

Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa Harga Burung Kenari berbeda-beda menurut jenis dan varietasnya. Dalam satu jenis atau varietas pun harganya bisa berbeda tergantung dengan keunggulan warna bulu atau juga kicauan burungnya. Namun pada umumnya, Harga dari Burung Kenari itu disesuaikan dengan jenis atau varietasnya. Untuk kenaikan harga berdasarkan pada keunggulannya itu bergantung pada penjualnya dan kemudian kelihaian dari pembeli untuk menawar dengan harga yang wajar.

Gambar burung kenari dalam sangkar

Harga Kenari

 

Tabel Harga Kenari Import

NoJenis Burung KenariKisaran Harga
1Kenari LokalRp 300.000 – Rp 400.000
2Kenari YorkshireRp 4.000.000 – Rp 6.000.000
3Kenari F1 YorkshireRp 1.300.000
4Kenari AFRp 500.000 – Rp 800.000
5Kenari GlosterRp 250.000 – Rp 300.000
6Kenari Red SiskinRp 2.500.000
7Kenari BondRp 275.000
8Kenari Scot FancyRp 1.000.000

Harga Kenari Terakhir di perbarui : 13 Februari 2017

Untuk harga kenari lokal pada tahun ini harganya tidak begitu mahal, hanya berkisar antara Rp 90.000 sampai dengan Rp 400.000.  Sedangkan untuk jenis burung kenari impor yang harganya bisa mencapai jutaan dan menjulang tinggi. Seperti misalnya harga burung kenari anakan Yorkshire X kenari Lokal yang anakan saja harganya paling umum adalah Rp 800.000 sampai 2 jutaan tergantung kualitas yang dimilikinya sedangkan kenari lizard misalnya harganya bisa mencapai Rp 1.000.000.

Harga Burung Lovebird Terbaru

Itu belum apa-apa jika dibandingkan dengan burung kenari lanchasire jantan atau yorkshire jantan yang harganya bisa menjulang hingga Rp 8.000.000 bahkan sampai Rp 10.000.000. Namun untuk penghobi burung kenari yang memang sudah sering memelihara banyak burung kenari harga tersebut masih bisa ditolerir dan membuatnya tetap membeli burung kenari berharga mahal untuk kepuasan dirinya. Kenari norwich juga memiliki harga yang cukup mahal yaitu hingga Rp 3.000.000.Lagipula burung kenari dengan harga mahal itu biasanya memiliki kualitas yang sesuai dengan mahalnya Harga Burung Kenari.

Kisaran Harga Burung Kenari Import Tahun 2018 | Burungmaster | 4.5