Harga Jenis Parkit yang Memiliki Nilai Jual Tinggi

Harga Parkit – Jenis parkit mahal banyak dipelihara oleh penghobi burung di Indonesia. Mereka rela mengeluarkan kocek berapa pun untuk mendapatkan unggas berparuh bengkok ini. Sebab, selain cantik dan tingkahnya lucu, burung tersebut memiliki kelincahan serta kecerdasan yang mengagumkan. Apalagi parkit sangat mudah dijinakkan dan dilatih untuk berbicara seperti burung beo, sehingga bisa menjadi hiburan tersendiri.

Burung parkit masih satu keluarga dengan parrot atau burung nuri. Mereka banyak dijumpai di kawasan hutan belukar. Aktifitasnya selalu dilakukan secara berkoloni dan biasanya bermigrasi sesuai persediaan makanan serta minuman di sekitarnya. Umumnya, mereka tinggal di lubang-lubang pepohonan.

Untuk makanannya sendiri, karena termasuk herbivora, burung parkit suka memakan biji-bijian dan sayuran. Sebagai hewan peliharaan, mereka biasanya diberi biji millet, jewawut dan sayuran, seperti jagung muda, bayam, kangkung, brokoli serta tauge sebagai selingan.

2 Parkit Dengan Harga Tinggi

Parkit mahal biasanya dijual dengan harga ratusan hingga jutaan. Bukan tanpa alasan, sebab mereka memiliki kelebihan yang tidak ada pada burung lain. Nah, apa saja jenis parkit mahal yang dipelihara oleh pecinta burung di Indonesia?

Burung Parkit Australia

burung parkit australi / cockatiel
burung parkit australi (sumber : omkicau)

Parkit Australia memiliki karakteristik yang bisa dikenali langsung dari bentuk fisiknya. Ia mempunyai jambul di atas kepala dan di pipinya terdapat tanda merah. Jika diperhatikan, ada lingkaran berwarna putih di sekitar bola matanya, terutama saat parkit sudah berumur 6 bulan. Ia hadir dalam berbagai warna, seperti albino, silver, pearl, lutino, cinnamon dan sebagainya.

Perawatan burung yang suka makan biji-bijian tersebut tidak sulit, Anda cuma perlu mengangin-anginkannya 30-60 menit pada pagi hari. Setelah itu memandikan dan menjemurnya selama 1-2 jam sembari diberi pakan. Bila sudah, diangin-anginkan kembali, dapat dimasukkan ke dalam kandang untuk istirahat.

Hewan yang berasal dari Australia ini tergolong jenis parkit mahal karena harga anakannya saja mencapai Rp525.000,-/ekor (semua warna) dan Rp575.000,-/ekor (lutino mata merah). Untuk siapan atau indukannya pun dihargai satu juta lebih, tepatnya Rp1.400.000/pasang dan Rp1.500.000/pasang (lutino mata merah).

Burung Parkit Holland

Gambar parkit holland
Gambar parkit holland (sumber : thetruthisdownhere.files.wordpress.com)

Unggas ini berasal dari Belanda. Ia tidak memiliki ciri khas seperti burung parkit Australia dan cenderung mirip dengan parkit lokal. Tapi, postur tubuhnya sedikit lebih besar dan warna bulu burung ini sangat bervariasi. Sayang, mereka sulit beradaptasi di negara kita karena temperaturnya sangat berbeda dengan habitat asalnya. Jika tidak dirawat dengan baik, kemungkinan umur burung ini tidak akan panjang. Harga parkit Holland sendiri mulai dari Rp550.000/ekor dan 950.000/pasang.

Harga Burung Parkit

Jenis BurungKisaran Harga
Parkit Australi AnakanRP 600.000 – Rp 650.000
Parkit Australi Dewasa BiasaRp 750.000 – Rp 1250.000
Parkit Australi Putih DewasaRp 1.500.000 – RP 2.000.000
Parkit HollandRp 550.000 – Rp 750.000

Baca Juga : Harga Kutilang Terbaru

Banyak orang yang memelihara parkit tersebut untuk dijadikan koleksi, hiburan atau pemaster kicauan burung lain. Sebab, suara burung tersebut memang sangat merdu dan bisa mengundang ‘teman-temannya’ untuk ikut bernyanyi. Wajar bila para penghobi tidak menyesal telah merogoh kocek untuk membeli burung parkit tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *