Jenis Burung Kicauan yang Sering dipelihara dan dilombakan

Cukup Banyak Jenis Burung kicauan yang tersebar di seluruh indonesia. Akan tetapi kebanyakan burung yang di pelihara adalah jenis burung kicauan seperti murai, kenari kacer dan juga burung cendet sedangkan jenis burung hias saya rasa saat ini peminatnya belum sebesar burung kicauan. Bagi para kicaumania burung merupakan salah satu hewan yang tidak terlalu ribet dalam perawatannya. cukup banyak jenis burung yang di pelihara, setiap burung dari setiap daerah memiliki kelebihan sendiri mulai dari suara kicauan yang dimiliki maupun warna bulu yang di miliki. pada umumnya burung yang sering di pelihara di indonesia adalah tipe burung kicauan seperti murai batu, kenari, cendet dan juga burung kacer.

Selain digunakan untuk meramaikan suasana di rumah ternyata dengan mendengarkan suara burung juga bisa menurunkan stres pemiliknaya. hal ini di karenakan suara burung sudah terbukti bisa menyenangkan hati orang yang mendegarkannya. selain di pelihara jenis burung kicauan ternyata juga di ikut sertakan dalam lomba, dan harganyapun bisa di katakan cukup fantastis mulai dari ratusan ribu hingga ratusan juta rupiah.

ada banyak jenis burung di indonesia akan tetapi untuk artikel kali. Burungmaster akan membahas mengenai jenis burung kicauan yang sering di lombakan dan juga paling banyak di pelihara oleh para kicaumania di indonesia dan apa saja berikut daftar lengkapnya.

10 Jenis Burung Kicauan yang Paling Populer

1. Kenari

Burung Kenari menduduki peringkat pertama sebagai salah satu burung yang sering di pelihara dan di ikut sertakan dalam lomba. pada umumnya burung kenari jantan lah yang memiliki harga jual yang tinggi selain itu burung kenari jantan memiliki suara kicauan yang terdengar lebih panjang dan nyaring jika di bandinkan dengan kenari betina. Burung kenari juga terkenal cukup mudah marah jika melihat / mendengar suara burung kenari jantan lain.

Burung Kenari
Burung Kenari

Nama Ilmiah : Serinus Canaria
Daerah Penyebaran :
Warna : Banyak variasinya mulai dari kuning, merah dan putih
Masa Hidup : 10 Tahun

2. Murai Batu

sebagai salah satu burung kicauan yang memiliki suara kicauan paling merdu dan bertipe fighter tidak heran apabila jenis burung murai batu mulai dari murai medan, murai nias, murai sabang dan juga murai borneo masuk dalam jajaran burung kicauan yang sering di pelihara. Burung Kicauan ini memiliki cukup banyak pengemar di indonesia hal ini terbukti dari banyaknya jumlah member aktif di facebook. akan tetapi tidak sembarang orang bisa memelihara burung murai batu di karenakan harnya yang bisa dikatakan cukup tinggi untuk burung bakalan saja harganya bisa mencapai 3 jutaan tergantung dari suara kicauan yang dimilikinya ataupun panjang ekor yang dimiliki.
Burung Murai Batu
Burung Murai Batu

Nama Ilmiah : Copsychus malabaricus
Daerah Penyebaran : Jawa, Sumatra, Malaysia, Singapura, Tahiland, Filipina
Warna : kebanyakan berwarna hitam dan merah bata di bagian dadanya
Masa Hidup : 7 – 8 Tahun

3. Kacer Poci / Kacer Ireng

Burung Kacer Poci yang kebanyakan berasal dari sumatra ini memang dari dulu menjadi salah satu burung wajib yang ada di arena lomba. selain perawatanya yang cukup mudah burung kacer juga memiliki harga yang tidak terlalu mahal. ketika sedang di lombakan kacer biasanya memiliki gaya khas tersendiri yang sering di sebut ngobra. salah satu ciri kahs kicauan burung kacer ini adalah suara ciiiiii  ciiuuuu yang sering di lantunkan ketika di jemur. berbeda dengan kacer poci di indonesia ada satu lagi jenis burung kacer yang tidak kalah populer burung tersebut adalah kacer ireng yang lebih banyak di temui di pulau jawa. Akan tetapi saat ini populasi burung kacer di alam liar sulit untuk di temui.

Burung Kacer
Burung Kacer

Nama Ilmiah : Copsychus saularis
Daerah Penyebaran : jawa, sumatra
Warna : Kacer Poci : Hitam dan putih di bagian dada dan sayap Kacer ireng : hitam kecuali di sayap
Masa Hidup : 10 – 15 Tahun

4. Lovebird

Siapa yang tidak tau burung yang satu ini, ya benar burung lovebird memang sudah cukup populer dari dulu sampai sekarang. bahkan saat ini sudah banyak para kicaumania yang mencoba membudidayakan burung yang satu ini. selain memiliki warna bulu yang indah burung lovebird juga memiliki suara kicauan yang bagus juga dan bahkan suara burung lovebird yang sering di sebut dengan istilah ngekek sering di jadikan sebagai salah satu suara masteran untuk burung lain seperti burung murai, kacer maupun burung anis kembang. burung lovebird sebenarnya hanya ada 2 macam yakni lovebird klep dan lovebird non klep, yang kemudian di bedakan lagi berdasarkan warna yang dimilikinya mulai dari lovebird biola yang memiliki harga jual yang paling tinggi berdasarkan warna yang dimiliki.
Burung Lovebird
Burung Lovebird

Nama Ilmiah : Agapornis
Daerah Penyebaran : Afrika dan Madagaskar
Warna : Sangat Beraneka ragam
Masa Hidup : 10 – 12 Tahun

5. Cucak Ijo

Walaupun cucak ijo bukan merupakan burung yang fighter melainkan burung semi fighter yang berarti burung ini sebenarnya di alam liar lebih suka hidup berkelompok jadi tidak heran jika burung ini di katakn sebagai burung semifighter.Cucak ijo yang memiliki nama ilmiah Chloropsis sonnerati ini juga memiliki pengemar yang cukup banyak juga hal ini di karenakan suara kicaun burung cucak ijo dinilai terdengar lebih enak di dengarkan dan juga memiliki harga yang cukup setabil. di jawa kebanyakan burung cucak ijo di ambil dari daerah sumatra yang memiliki postur badan yang cenderung lebih kecil di bandingkan dengan cucak ijo boyolali.
Burung Cucak Ijo
Burung Cucak Ijo

Nama Ilmiah : Chloropsis sonnerati
Daerah Penyebaran : Sumatra, Kalimantan, Jawa, Semenanjung Malaysia
Warna : seluruh tubuh di dominasi warna hijau
Masa Hidup : –

6. Burung Cendet

Burung Cendet atau bisa juga di pangil dengan sebutan burung pentet ini merupakn salah satu burung kicauan yang pandai menirukan suara burung kicauan lainnya secara jelas dan hampir mirip dengan suara aslinya. cendet / pentet merupakan burung predator yang makanan utamanya berupa seranga – seanga kecil bahakan burung cendet juga bisa memakan burung kecil lain seperti burung pipit. saat kebanyakan burung cendet yang di pelihara adalah  burung yang bearasl dari hutan / tangkapan hutan bukan hasil budidaya.
Burung Cendet
Burung Cendet

Nama Ilmiah : Lanius schach
Daerah Penyebaran : Jawa, madura,
Warna :putih, abu-abu, orange, hitam
Masa Hidup : 12 Tahun

7. Burung Jalak Suren

Burung Jalak sendiri sebenarnya memiliki cukup banyak spesies mulai dari jalak bali, jalak kebo, jalak putih dan masih ada beberapa spesies lainnya. akan tetapi di indonesia kebanyakan yang di pelihara adalah burung jalak suren. Jalak suren memang dinilai sebagai salah satu burung yang cukup cerewet dan memiliki banyak suara isian. Maka dari itu tidak heran jika burung ini sering di jadikan sebagai salah satu burung masteran. untuk saat ini sudah banyak orang yang menangkarkan burung jalak suren salah satu pusat penangkaran jalak suren adalah di klaten jawa tengah. harga yang di tawarkan puncukup beraneka ragam.
Burung Jalak Suren @ ig : radenmuktii

Nama Ilmiah : –
Daerah Penyebaran : Jawa
Warna : Terdiri dari hitam, putih dan merah bata
Masa Hidup : –

8. Anis Merah

Burung anis merah atau bisa juga di sebut dengan anis bata memiliki ciri kahs berupa warna tubuhnya yang hampir keseluruhannya berwarna merah bata. Anis memiliki ciri khas ketika di lombakan yang sering di sebut dengan Teler, Teler yang di maksud disini adalah gaya ketika burung anis kembang sedang berkicau dengan cara menundukan kepalanya kemudian di goyakng kanan / goyang kiri mirip ketika seseorang sedang teler.
Burung Anis Merah @ ig : balance.ngilazbeat

Nama Ilmiah : –
Daerah Penyebaran :-
Warna :didominasi merah bata
Masa Hidup :-

9. Burung Pleci

Burung  pleci yang termasuk dalam suku Zosteropidae ini dulunya belum banyak peminantnya. Hal ini terbukti ketika sebelum adanya lomba burung pleci harga jual pleci bakalan hanya berkisar di angka Rp 2.500 / ekor bandingkan dengan sekarng yang harga jualnya bisa mencapa puluhan ribu bahkan bisa mencapai ratusan bahakan jutaan rupiah. Jenis pleci yang paling banyak di gemari adalah burung pleci dada kuning dan pleci dada putih.
Burung Pleci
Burung Pleci @ ig : syibromalisii

Nama Ilmiah : Zosteropidae
Daerah Penyebaran : Jawa, Bali, NTT, Jepang, Malaysia, singapura
Warna : Kuning
Masa Hidup : 8 – 10 Tahun

10. Burung Anis Kembang

Tidak seperti burung lainnya burung anis kembang jantan dan betina memang susah di bedakan. banyak orang yang memelihara burung ini akan tetapi banyak juga yang menganggap cukup susah untuk memelihara burung ini. anis kembang juga cukup terkenal memiliki suara ngeroll yang panjang dan merdu bahakan bisa mengalahkan suara burung kacer yang sudah gacor.
Burung Anis Kembang @ ig : om_beben

Nama Ilmiah : Geokichla interpres
Daerah Penyebaran : Sumatra, Kalimantan, Jawa, Bali, Lombok, Sumbawa, Flores
Warna : Terdiri dari Merah bata, putih, hitam
Masa Hidup :-

itu tadi beberapa jenis burung kicauan yang cukup sering di pelihara dan di lombakan di indonesia. pada umumnya setiap burung memiliki kelebihanya masing – masing sekarang tergantung pada anda sendiri untuk menentukan burung mana yang akan anda pelihara entah itu untuk hiasan ataupun sebagai burung kicauan. anda juga bisa mencoba membudidayakan burung tersebut mengingat segala jenis burung di atas kebanyakan masih di ambil dari alam liar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *