Jenis Kenari Isian Masih Tetap Diminati Hingga Saat Ini

0

Seperti kita ketahui, kenari standar baik yang berukuran kecil ataupun besar tergolong lebih populer dibandingkan kenari isian. Namun ternyata, jenis burung kenari isian ini masih cukup banyak diminati para pencintanya. Tak sedikit kicau mania mencari burung kenari isian, entah itu campuran, full isian, maupun kenari yang telah diglenderkan tetapi tetap mempunyai cengkok isian. Burung kenari isian pun dibanderol dengan harga lebih tinggi daripada kenari standar dengan tidak terdapat polesan master.

Berdasarkan riset sendiri, permintaan akan burung kenari isian di daerah Klaten dan Jogja terbilang cukup tinggi. Di mana para peminat biasanya di kalangan pemain umumnya berlaga di kontes lingkungan EO atau Papburi yang mengadopsi metode Papburi. Akan tetapi di luar hal tersebut, umumnya para peminat burung kenari mencari kenari dengan isiannya yang telah dicampur ataupun disebut sebagai standar cengkok.

Kenari Isian
Kenari Isian

Saat kenari standar kian melambung akhir-akhir ini, namun permintaan kenari anakan pun turun menurun. Adapun hal tersebut dirasakan hampir oleh semua breeder burung kenari. Hal ini dikarenakan para pemain umumnya lebih gemar membeli burung kenari dengan standar prospek, terutama yang sudah jadi.

Download Kumpulan Suara Burung

Jika dilihat dari harganya, burung kenari isian ini berkisar dengan harga jutaan. Untuk kenari isian yang berjenis AF dibanderol dengan kisaran harga Rp. 1,5 juta sampai Rp. 2 jutaan, kenari isian dengan jenis F1 dibanderol dengan harga Rp. 2,5 juta hingga Rp. 3 juta, kenari isian berjenis F2 dibanderol dengan harga Rp. 4 juta, kenari isian yang berjenis F3 dibanderol Rp. 5 juta sedangkan kenari isian yang berjenis YS lokal dibanderol Rp. 6 jutaan. Harga ini tentunya terbilang cukup fantastis.

Selain itu, berdasarkan seorang pakar burung kicau pun berpendapat dimana kini jenis burung kenari isian dengan lagu-lagu yang lokal semakin ngetren dan populer. Dengan peminat yang cukup tinggi, terlebih lagi burung kenari isian jenis full ciblek.

Sebagian berpendapat di mana umumnya peminat burung kicau tetap memilih jenis kenari isian dengan postur bongsor, yang warnanya cerah atau kuning. Namun sebenarnya, menurut ahli burung kicauan di mana pemilihan burung bukanlah dari warna atau postur tubuh sebab yang dinilai adalah suaranya.

Sebenarnya semua jenis burung kenari, entah itu yang standar ataupun yang isian dapat diadu bersamaan atau bareng. Akan tetapi jika terdapat kenari isian dengan kinerja dan lagu lebih bagus, tentunya juri pun lebih memilih burung kenari isian untuk dijadikan apresiasi dari para pemasternya.

Untuk merawat kenari isian sebenarnya tergolong lebih rumit dibandingkan kenari standar. Misalnya jika di rawat di rumah, maka kenari isian sebaiknya tak boleh dicampur bersamaan dengan kenari yang berlagu standar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here