Kacer yang Terlalu Birahi Sebaiknya Tidak Ikut Lomba ?

Bagi kacer mania, mengurus dan merawat kacer haruslah diutamakan agar performa burung kacer ketika dilombakan juga maksimal. Perawatan dengan tepat juga akan menjadikan kesehatan burung terjaga yang akan mempengaruhi performa maupun suaranya.

Namun untuk mencapai suatu hal yang maksimal memang dibutuhkan usaha yang maksimal pula, khususnya dalam menangani masalah emosional kacer. Karena yang namanya kesehatan tidak hanya kesehatan fisik saja tetapi juga kesehatan emosional.

Air Es untuk Kacer Mbagong : Baca disini

Pada saat menjelang lomba kacer tidak mau bunyi atau bunyi, tapi suaranya tidak seperti biasanya yang membuat performa dan suaranya kurang memuaskan, bisa jadi burung kacer sedang menghadapi masalah. Salah satu masalah emosionalnya adalah kacer terlalu birahi. Ini merupakan kondisi yang kurang baik bagi kacer, terutama ketika sedang lomba. Tandanya kacer yang terlalu birahi adalah di sangkar kacer bergerak-gerak ke bagian samping dan mematuk-matuk.

Kacer mbagong
Kacer mbagong

Ciri tersebut ditambah dengan kacer yang tidak mau bersuara atau istilahnya adalah mbagong. Sebenarnya kasus seperti itu sering terjadi pada kacer yang akan atau sedang dilombakan, yang membuat geregetan pemiliknya. Tetapi apa mau dikata, yang harus dilakukan selanjutnya adalah menekan agar birahi kacer terkurangi dengan mengubah pola perawatan burung kacer tersebut.

Nah, selain mengubah pola perawatan, kacer juga perlu beristirahat untuk sementara waktu sampai birahinya berkurang dan kondisinya normal. Jadi ketika kacer sedang terlalu birahi tidak usah diikutkan lomba terlebih dahulu. Butuh waktu untuk kembali pada keadaan normal agar kondisinya stabil.

Untuk mengurangi birahi kacer yang berlebihan, caranya yaitu dengan menambah porsi mandi kacer dan menambah porsi untuk bertengger tetapi justru dengan mengurangi porsi penjemuran. Untuk pemberian makan, jangkrik bisa dikurangi 1 ekor dan menghentikan pemberian kroto.

Tetapi ini hanya berlangsung sampai birahinya berkurang saja. Bisa juga dengan pola sebaliknya, yaitu menghentikan makanan jangkrik untuk sementara waktu kemudian diganti dengan selalu memberikan kroto mulai dari sedikit secara bertahap. Nah, itulah beberapa cara untuk mengatasi kacer yang terlalu birahi yaitu dengan mengistirahatkan kacer untuk sementara waktu, mengubah pola perawatan dan mengubah porsi makan untuk sementara waktu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here