Karakteristik Burung Murai Batu Lampung

Burung memang terdiri dari berbagai jenis, setiap jenisnya juga memiliki ragam yang bermacam-macam pula. Salah satunya adalah jenis burung Murai Batu Blacktail atau ekor hitam. Burung Murai Batu Blacktail memiliki berbagai ragam jenisnya seperti Murai Batu Lasia, Murai Batu Pagai, Murai Batu Sabang, Murai Batu Sinabang, dan juga Murai Batu Lampung. 
Di antara beberapa ragam jenis burung murai batu di atas, burung Murai Batu Lampung menjadi salah satu yang digemari oleh para pecinta burung hias. Murai batu lampung memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan ragam jenis murai batu yang lainnya. Murai batu lampung sendiri sesuai dengan namanya berhabitat di wilayah Lampung. 
Murai Lampung Super
Murai Lampung Super
sumber : http://kicauvalentino.blogspot.co.id/
Keistimewaan Burung Murai Batu Lampung ini sendiri adalah sebagai berikut:

  • Ukuran ekornya yang tidak terlalu panjang. pada umumnya Ukuran panjang ekornya ini berkisar antara 10 hingga 12 cm sedangkan untuk murai Lampung super mungkin ekornya bisa lebih panjang lagi.
  • Ukuran tubuhnya juga terbilang lebih kecil dibandingkan dengan jenis burung Murai Batu yang lainnya. 
  • Warna-warni tubuhnya terdiri dari warna hitam, orange, dan juga putih. 
  • Meskipun ukuran panjang ekor dan tubuhnya tidak lebih besar dan panjang dari jenis Murai Batu yang lain, skill kicauan Murai Batu Lampung juga dapat diandalkan. 
  • Mental dan Stamina Murai Batu Lampung ini juga  baik. 
  • Tubuhnya terdiri dari tiga warna hitam, orange, dan juga putih. 
  • Kecerdasan burung yang satu ini dalam menghasilkan suara yang baik juga bisa diandalkan saat kontes-kontes burung
  • Tubuhnya yang kecil dan juga ekornya yang tidak terlalu panjang membantunya bergerak bebas sehingga lebih attractive dan juga lebih lincah. 

Keistimewaan-keistimewaan Murai Batu Lampung di atas memang cukup sering menjadi daya tarik tersendiri bagi burung jenis ini. Sehingga Burung Murai Batu Lampung menjadi lebih terkenal daripada jenis Burung Murai Batu Blacktail yang lainnya walaupun dari segi harga mungkin burung murai ini mungkin bisa dikatakan lebih murah jika di bandingkan dengan murai black tail maupun murai batu medan yang saat ini kita kenal
Jika Anda memang merencanakan burung Murai Batu Lampung Anda ini untuk mengikuti kontes-kontes atau perlombaan antar burung peliharaan atau hias maka Anda perlu untuk melatihnya lebih intens dengan memberikan masteran suara agar dapat ditiru oleh Murai Batu Lampung Anda.