Keberadaan Burung Kipasan Kebun Yang Semakin Memprihatinkan

0

Burung yang memiliki nama latin Rhipidura Leuchophrys atau dalam bahasa Indonesia biasa disebut Kipasan Kebun dikenal memiliki kebiasaan yang cukup unik, yaitu bertengger di daerah perkebunan. Walaupun pada dasarnya burung ini juga sering menampakkan diri di daerah perkotaan. Namun perlu Anda ketahui bahwa burung jenis ini tidak terdapat di semua wilayah Indonesia, burung ini hanya berhabitat di Ternate, Halmahera, dan Tidore saja. Oleh karena itu, beruntunglah bagi Anda yang tinggal di wilayah timur Indonesia karena dapat melihatnya secara langsung.

Bagi Anda yang berada di wilayah lain Indonesia dan belum pernah melihat langsung burung ini, berikut akan diulas tentang kehidupan burung Kipasan Kebun ini. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, burung jenis ini sering tidak hanya sering bertengger di daerah perkebunan saja, melainkan juga sering beterbangan di perkotaan sehingga penampakannya sudah cukup familiar. Jika Anda sering mengamati cara terbang burung ini, pastinya Anda mengetahui kebiasaan unik yang sering ia lakukan saat terbang.

Burung Kipasan Kebun yang biasanya mudah ditemui di kawasan perkotaan Maluku, mulai dari Ternate hingga Tidore, saat ini keberadaannya cukup memprihatinkan karena semakin terdesak.
sumber gambar omkicau.com

Burung Kipasan Kebun ini sering menggoyangkan pantatnya saat terbang dengan diiringi kibaran ekornya. Gerakan tersebut membuat burung jenis ini sangat lucu saat terbang, terlebih lagi jumlahnya yang terbilang cukup terbatas membuatnya selalu menjadi pusat perhatian terutama jika beterbangan di daerah perkotaan. Selain memiliki gaya terbang yang unik, burung ini juga memiliki warna bulu yang membuatnya nampak berbeda dari jenis lainnya. Secara keseluruhan warna bulu pada bagian tubuh burung ini adalah hitam.

Elang Flores, Si Pemangsa Yang Terancam Punah

Namun khusus pada bagian bawah atau lebih tepatnya pada bagian perut, warna bulu burung ini adalah putih. Selain itu, warna putih juga terdapat pada bagian alisnya yang membentang di bagian atas mata. Namun tidak semua burung Kipasan Kebun memiliki alis yang berwarna putih, hanya sebagian dari keseluruhan jumlahnya. Setelah mengetahui kebiasaan unik dan warna bulu dari burung ini, selanjutnya Anda pasti juga ingin mengetahui apakah makanan kegemaran burung Kipasan Kebun ini bukan?
Burung yang selalu santai saat berada di tengah-tengah manusia ini sangat gemar mengonsumsi beragam serangga. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika ia sering berlama-lama bertengger di daerah perkebunan agar mendapatkan makanan yang mencukupi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here