Ketahui Beberapa Ciri Serta Sifat Dari Burung Murai Batu Jambi

Salah satu burung peliharaan yang paling terkenal dan acapkali menjadi ikut dalam sebuah perlombaan adalah jenis burung Murai Batu. Burung Murai Batu di kenal sebagai hewan jenis unggas yang mempunyai banyak sekali keunggulan di bandingkan jenis unggas yang lainnya.

Banyak orang yang memilih untuk memeliharanya lantaran suaranya yang unik dan menarik serta bentuknya yang berbeda dengan yang lainnya. Burung Murai Batu ini memiliki jenis yang banyak sekali yang berada hampir di seluruh Indonesia. Namun, kita tahu bahwa yang paling mayoritas di cari adalah burung Murai yang berasal dari Kalimantan dan Sumatera. Meski demikian penyebaran burung Murai Batu ternyata bukan hanya dalam negeri saja, namun juga sudah merambah ke luar negeri.

Kali ini kita akan membahas tentang burung Murai Batu Jambi. Anda pasti sudah bisa menebak hanya dari namanya saja, bahwa burung Murai Batu Jambi pasti berasal dari Jambi Sumatera. Ya memang betul, burung yang satu ini berasal dari Jambi. Burung ini merupakan salah satu aset dari kota Jambi yang mana termasuk salah satu dari beberapa jajaran burung Murai yang memiliki kualitas yang tinggi. Lalu apa saja ciri serta sifat dari burung Murai Batu Jambi ini, mari kita bahas satu persatu, suara Mp3 murai

Ciri dan bentuk tubuh Murai Jambi

Burung Murai Batu Jambi memiliki ciri-ciri seperti panjang ekor yang bisa mencapai 10-16 cm, dengan keistimewaan di bagian ekornya bisa membuka serta mengembang meski hanya sedikit saja. adapun warna dari bulu burung Murai Batu Jambi ini mayoritas berwarna hitam, dengan bagian dada yang berwarna coklat serta coklat kombinasi emas. Pada bagian ujung ekor memiliki warna putih sementara pada bagian ekor memiliki warna hitam legam.

Daerah asal burung Murai Jambi

Burung Murai Batu Jambi memiliki tempat tinggal asli yang tersebar di wilayah Sumatera Selatan, Jambi serta Bengkulu. Di beberapa daerah inilah Anda bisa dengan mudah mendapatkan burung Murai Batu Jambi.

Tips Perawatan Murai Jambi

Anda bisa memiliki burung Murai Batu Jambi yang berkualitas jika Anda mengetahui bagaimana cara merawat burung ini dengan baik. Beberapa pola perawatan yang umum di lakukan adalah dengan memandikan burung dengan cara di semprot atau dengan menggunakan tempat khusus untuk memandikan burung. Hal ini bisa di lakukan setiap hari atau minimal 2 hari sekali. Area kandang juga harus Anda jaga kebersihannya mengingat kotoran yang menumpuk akan menjadi sarang penularan penyakit yang bisa membuat burung Murai Batu Jambi Anda sakit.

Untuk makanan Anda bisa memberikan Voer yang bisa Anda dapatkan di toko pakan burung terdekat. Makanan ringan yang bisa Anda berikan pada burung Murai adalah jangkrik yang juga bisa memberikan kualitas suara pada burung Anda, untuk harga jual mura jambi memang biasanya lebih murah jika di bandingkan dengan murai lahat, murai jambi yang sudah jadi biasanya di hargai sekitar RP 1.000.000 – Rp 2.000.000 tapi ya tergantung keiklasan penjualnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here