burungmaster.com

Temukan Beragam Informasi
Seputar Burung Kicauan Disini

Kiat Merawat Burung Mozambik Supaya Gacor Cepat!

Setiap pemilik burung kicauan tentunya wajib memahami berbagai macam kebiasaan burung khususnya dalam hal perawatan. Sehingga, karakter dan sifat alaminya pun akan muncul dengan begitu burung lebih rajin dan mudah berkicau. Ini pulalah yang dijadikan faktor utama pada proses perawatan mozambik supaya lebih mudah gacor. Burung mozambik dengan nama ilmiah green singing finch termasuk sejenis burung kerabat dekat dari kenari. Di mana burung ini lebih banyak digemari para pencinta burung kicauan di negara Indonesia.

Burung mozambik juga termasuk burung aktif dan agresif, terlebih lagi pada burung sejenis finch yang lainnya bila ditempatkan secara bersamaan pada kandang aviary atau koloni dengan tempat terlalu sempit. Mozambik jantan umumnya mempunyai suara kicauan sangat baik, penuh variasi, ngerol dengan irama begitu merdu. Burung ini berhabitat asli pada daerah yang beriklim panas, sehingga Anda pun harus dapat melakukan adaptasi dengan tepat lewat perawatan harian burung ini. Contohnya lewat pemberian lampu jenis full spektrum bila burung tersebut ditempatkan dalam ruangan.
Wajib Anda ketahui, di mana burung mozambik begitu menyukai makanan sayuran hijau dibandingkan burung jenis finch yang lainnya. Maka dari itu, Anda jangan melewatkan pemberian daun berwarna hijau atau sayuran pada perawatan hariannya, terlebih ketika beraktivitas dan dijemur. Dalam habitat yang aslinya, memakan sayuran hijau termasuk cara burung tersebut memperoleh air, terlebih lagi untuk menyeimbangkan hawa panas pada tubuhnya.

Tips  Merawat Mozambik Supaya Mudah Gacor
Ada beberapa langkah cara yang perlu Anda lakukan agar mozambik kesayangan Anda lebih mudah gacor. Berikut ini langkah-langkah perawatan yang perlu Anda lakukan:

  1. Pertama-tama keluarkan burung mozambik di pagi hari saat penjemuran hingga siang hari. Adapun durasi dari penjemuran tersebut bervariasi, sekitar 2,5 jam sampai 3 jam, disesuaikan dengan kondisi cuaca pada waktu itu.
  2. Sesudah dijemur, Anda bisa memandikan burung mozambik kesayangan. Akan tetapi tak semua burung mozambik ingin mandi. Maka dari itu, perawatan dengan memandikan burung ini umumnya dilakukan hanya sekali dalam beberapa hari / beberapa minggu.
  3. Jangan lupa untuk memberikan asupan pakan bijian yang digemari mozambik, khususnya niger seed dan milet.
  4. Anda juga bisa memberikan pakan tambahan berupa sayuran hijau maupun dedaunan hijau, umumnya dedaunan yang digunakan adalah krokot, dandeliun, dan buah-buahan misalnya jeruk dan potongan apel.
  5. Anda juga bisa menyiapkan tulang sotong berperan sebagai tambahan sumber kalsium pada burung mozambik.
  6. Agar kondisinya tetap fit terutama pada musim penghujan atau musim dingin, maka mozambik dapat diberikan multivitamin khusus untuk burung yang berkualitas.
  7. Pemberian telur rebus dianjurkan di beri beberapahari sekali dan jangan terlalu sering  mencegah kegemukan pada burung serta agar burung tidak malas berbunyi.
  8. Perawatan di sore harinya dengan mengerodong sangkar di sore harinya, kemudian burung tersebut dibiarkan untuk beristirahat hingga keesokan harinya.

Lewat perawatan harian yang tepat inilah, Anda bisa membiasakannya untuk merawat burung mozambik dengan benar agar tidak kesulitan membuat burung lebih mudah dan rajin berkicau. Selain itu, Anda juga bisa memancing mozambik dengan tahap pemasteran untuk memancing bunyi burung mozambik kesayangan!

sumber gambar dan referensi :
http://cdn-2.tstatic.net/jogja/foto/bank/images/mozambik_0112.jpg
https://omkicau.com/2016/03/03/tips-perawatan-burung-mozambik-agar-cepat-gacor/
Kiat Merawat Burung Mozambik Supaya Gacor Cepat! | Burungmaster | 4.5